Pustaka Bergerak Ikut Ramaikan Jakarta International Literary Festival.jpg

Pustaka Bergerak Ikut Ramaikan Jakarta International Literary Festival

oleh: rachli Mancave Wednesday, 26 October 2022 9:00 a.m.


Mancode - Jakarta International Literary Festival (JILF) 2022 telah memasuki hari ketiga. Tidak sedikit program yang meramaikan festival tahunan persembahan Komite Satra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Salah satunya adalah Fringe Event.

Fringe Event festival ini turut menyuguhkan Pustaka Bergerak dan Moli Kobam (Mobil Literasi, Kopi, dan Buku) milik Komunitas Bambu, yang hadir sejak 22-26 Oktober 2022 di Selasar Gedung Trisno Soemardjo dan Selasar Teater Wahyu Sihombing, Taman Ismail Marzuki.

Nirwan Ahmad Arsuka, relawan sekaligus pendiri Pustaka Begerak mengungkapkan, Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) bekerja untuk membuat buku-buku yang bisa dibaca oleh orang-orang yang kurang beruntung, khususnya di kalangan yang aksesnya terbatas.


“Semua warga berhak mendapatkan pengetahuan, minimal bacaan yang memadai, tapi negara belum sanggup menjamin hak itu. Kami sudah punya cukup banyak perpustakaan, umumnya di kota. Sementara negara kita kepulauan, dengan penduduk yang tersebar dan terpencar,” katanya, Selasa (25/10/2022).

Pustaka Bergerak, tambah Nirwan, berusaha mendatangi dan menyediakan bacaan untuk orang-orang yang less privileged, khususnya anak-anak. Relawan PBI menggunakan aneka wahana bergerak yang murah meriah untuk mempermudah gerakan buku mendatangi warga.

Pustaka Bergerak sendiri adalah sebuah gerakan swadaya masyarakat berbagi pengetahuan melalui buku sampai ke pelosok-pelosok Indonesia. Gerakan ini mengandalkan jejaring relawan yang masif dan dengan kreatif memanfaatkan sarana apa saja yang tersedia.

Pada gelaran JILF 2022, Pustaka Bergerak menampilkan kendaraan-kendaraan yang mereka gunakan untuk membawa buku dan membuka perpustakaan gratis untuk semua. Selain itu, obrolan santai seputar aksi-aksi heroik para relawan dalam menyebarkan buku, melengkapi aktivitas Pustaka Bergerak di JILF.

PBI berjejaring secara nasional. Simpul PBI sudah berjumlah hampir 3.000 tersebar di seluruh Indonesia. Persebaran juga dilakukan melalui perkawanan yang memanfaatkan teknologi internet, serta penghormatan pada khazanah lokal, adalah modal PBI dalam berjejaring.

Pustaka Bergerak berencana membangun platform digital yang bisa membantu para relawan, khususnya membantu menghidupkan Free Cargo Literacy (FLC), yaitu gerakan pengiriman buku gratis sekali sebulan ke seluruh penjuru kepulauan Indonesia.

“Pada JILF 2022 ini, kami membawa pedati pustaka, sepeda pustaka, vespa pustaka, ketiganya dari Cirebon, dan bemo pustaka dari Tanah Abang, Jakarta. Kawan-kawan Maluku Utara juga datang menjual minyak kayu putih dari Maluku, yang keuntungannya akan disumbangkan untuk membangun perahu pustaka di Maluku Utara,” pungkas Nirwan.

Baca Juga: Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Gaungkan Kuliner Komunitas Adat

Baca Juga: Tutup Tahun 2022, Komunitas Maxda CX 5 Nusantara Goes to Jatiluhur

Baca Juga: Titimangsa dan Indonesia Kaya Sukses Pentaskan Teater Sundamala




Share To


rachli

rachli

Oct. 26, 2022, 9 a.m.


tags : JILF Jakarta International Literary Festival Taman Ismail Marzuki Komunitas Bambu Pustaka Bergerak


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE