PT Fast Food Indonesia Resmikan PLTS dan SPKLU di KFC Jalan Panjang.jpg

PT Fast Food Indonesia Resmikan PLTS dan SPKLU di KFC Jalan Panjang

oleh: rachli Life Style Friday, 12 August 2022 1:00 a.m.


Mancode - Pemegang waralaba jaringan restoran cepat saji KFC di Indonesia, PT Fast Food Indonesia, Tbk (PT FFI), meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di gerai KFC Indonesia di Jalan Panjang, Jakarta Barat, Kamis (11/8/2022).

Pembangunan instalasi PLTS dan SPKLU yang merupakan komitmen PT FFI dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan ini merupakan hasil kerjasama antara PT FFI dengan PT Agra Surya Energy dan PT PLN (Persero).

“Komitmen dalam kelestarian lingkungan sudah berjalan sejak 1990-an. Dengan pembangunan PLTS ini semakin menegaskan komitmen kami menggunakan energi terbarukan,” kata Direktur PT Fast Food Indonesia, Tbk, Justinus D Juwono, disela-sela peresmian.


Di samping itu, selain pemanfaatan energi terbarukan oleh KFC Indonesia, juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam upaya meningkatkan ketahanan energi nasional dan mencapai target carbon neutral 2060.

Pembangunan PLTS dan SPKLU ini telah berlangsung sejak Oktober 2021, dan hingga Agustus 2022 telah menjangkau 10 gerai di Jawa dan Bali. Sejak PLTS digunakan, KFC Indonesia mencatat penghematan biaya pemakaian listrik dan mampu menyediakan 30 persen kebutuhan listrik gerai.

CEO Fast Food Indonesia, Eric Leong menambahkan, pada tahap selanjutnya PT FFI akan menambah pembangunan instalasi PLTS di gerai KFC Indonesia. Namun, realisasinya tergantung dari hasil penilaian kesesuaian dari setiap gerai KFC Indonesia.

“Tidak semua gerai bisa dipasang solar panel, karena lokasi gerai ada yang berada di pusat perbelanjaan atau pertokoan. Tapi untuk gerai stand alone, jika lokasi memungkinkan bisa kami pasang,” jelasnya.

Penuhi Kebutuhan Pengisian Kendaraan Listrik

Untuk keberadaan SPKLU di gerai KFC Indonesia juga merupakan upaya PT FFI memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pengisian kendaraan listrik. Pasalnya, kehadiran kendaraan listrik saat ini semakin meluas dan akan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Dijelaskan oleh Harvey Tjokro selaku President Director PT Agra Surya Energy, untuk sementara ini masyarakat bisa memanfaatkan SPKLU di gerai KFC Indonesia di Jalan Panjang, Jakarta Barat ini dengan premium parking.

“Untuk sementara ini bisa melalui premium parking atau private, namun nantinya akan dikenakan biaya, seperti SPKLU yang berada di Artha Gading. Tarif dari pemerintah berkisar Rp2.400 per kWh,” ucapnya.

Sedangkan untuk waktu pengisian tergantung dari spesifikasi kendaraan listrik. Dirinya mencontohkan, SPKLU berdaya 22 kWh untuk kendaraan listrik berdaya 50 kWh bisa membutuhkan waktu pengisian sekitar satu jam, jika indikator baterai berkisar 50 persen.

“Biasanya pengguna kendaraan listrik tidak akan menggunakan sampai habis. Jadi, semisal 70 persen dia akan mengisi lagi,” tutupnya.

Baca Juga: Kementerian dan Lembaga Dukung Percepatan Penggunaan Kendaraan Listrik

Baca Juga: Ajang PEVS 2022 Bisa Menjadi Wadah Edukasi dan Literasi Kendaraan Listrik

Baca Juga: Peringati HPSN 2022, KFC Indonesia dan Divers Clean Action Lakukan Kegiatan Bersih Pantai dan Laut




Share To


rachli

rachli

Aug. 12, 2022, 1 a.m.


tags : KFC PT PLN PT Fast Food Indonesia PLTS PT Agra Surya Energy SPKLU KFC Jalan Panjang


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Technology 27 September 2022 13:00 p.m.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A23 5G

Entertainment 27 September 2022 9:00 a.m.

Festival Seniman Prancis 2022 Siap Digelar, Catat Tanggalnya