Ilustrasi mobile game.jpg

Psikolog: Bermain Game Bisa Tingkatkan Life Skill

oleh: galih Life Style Monday, 8 November 2021 11:00 a.m.


Mancode – Tanpa disadari, bermain game ternyata bisa melatih sekaligus meningkatkan sejumlah skill dalam diri seseorang. Skill tersebut dinilai sangat berguna dalam menjalani kehidupan sehari-hari, bahkan dalam menjalani pekerjaan.

Seperti yang diungkapkan Psikolog Anak dan Keluarga Samanta Elsener, M.Psi, banyak skill yang terbentuk saat bermain game dan bisa memengaruhi produktivitas seseorang di masyarakat.

"Seperti semua medium, game juga memiliki sisi baik, yang bisa melatih berbagai skill berguna dan pengetahuan yang dapat bermanfaat jika dilakukan secara tepat. Keterampilan ini terbentuk karena adanya gerak koordinasi mata dan tangan yang mengaktifkan fungsi kerja otak para pemain game ketika melatihnya secara tepat saat bermain game," kata Samanta


Menurut Samanta, salah satu skill yang bisa terlatih dari bermain game adalah strategic planning. semua permainan game membutuhkan strategi untuk menang, lewat jalan mana, siapa yang harus dihadapi lebih dulu, bagaimana langkah selanjutnya. Baik gamer pemula ataupun gamer hardcore menyukai game yang menstimulasi perencanaan dan strategi.

“Dengan melatih strategic planning ini, seseorang bisa lebih matang dalam menentukan perencanaan jangka panjang, termasuk di pekerjaan. Dan di kehidupan sehari-hari, skill ini akan membantu seseorang untuk memperkirakan dampak atau potensi konsekuensi atas tindakannya, dan akan berpengaruh ke decision-making skill,” ungkap Samanta.

Selain itu, kata Samanta, dalam setiap game, dibutuhkan koordinasi mata dan tangan. Baik untuk menggerakkan karakter atau mengklik sesuatu, kemampuan mensinkronasikan mata dan tangan itu sangat vital. Semakin sering berlatih, seorang gamer akan lebih baik dalam menentukan waktu yang tepat, memperhatikan detail, dan memiliki sensor yang lebih sensitif.

“Kemampuan dua sensori yang imbang dan sinkron akan sangat berguna dalam penggunakan kedua sisi otak dengan maksimal, yang nantinya akan membantu seseorang dalam menjalani kegiatan fisik sehari dan juga keseimbangan,” tambah Samanta.

Skill yang bisa terlatih saat bermain game adalah observasi dan analisis. Di mana saat bermain game, kata Samanta, seorang gamer perlu waspada pada lingkungan sekitarnya. Baik saat berada di medan perang dan ada seorang musuh di depan, atau menjadi detektif dan menyadari ada potensi barang bukti di sudut ruangan. Setelah memperhatikan, seorang gamer bisa memprediksi dan menganalisa bagaimana langkah lawan selanjutnya.

“Dalam kehidupan nyata, kemampuan mengobservasi dan menganalisa ini akan sangat berguna saat berada di lingkungan baru dan mempelajari motif orang-orang di sekitarnya. Kemampuan ini juga akan bermanfaat saat membuat perencanaan dan pengambilan keputusan terkait market tertentu,” ungkap Samanta.

Meskipun ketiga keterampilan di atas dapat terasah melalui game, menurut Samanta, stimulasi pada situasi kehidupan sehari-hari pun tetap perlu dilatih secara tepat. “Ini bertujuan agar kondisi mental pemain game tetap terjaga dengan optimal, serta menjaga keseimbangan pola pikir dan tindakan saat bermain game dengan saat menghadapi situasi atau konflik dalam masalah hidup sehari-hari,” ujar Samanta.

Berbagai skill ini akan menjadi tujuan dari tantangan yang diadakan di kompetisi The Greatest Gamer yang digelar TikTok. Di mana kesepuluh peserta saat ini berada di babak tantangan. Sepuluh peserta berkumpul di suatu villa dan akan mengikuti sejumlah challenge, seperti challenge untuk melatih keseimbangan berpikir, challenge untuk melatih team player, dan challenge untuk melatih strategi.

Baca Juga: Netflix Hadirkan Game Stranger Things

Baca Juga: Cari Gamers Andal, TikTok Gelar Kompetisi The Greatest Gamer

Baca Juga: Ternyata Butuh Waktu Satu Dekade Garap Squid Game




Share To


galih

galih

Nov. 8, 2021, 11 a.m.


tags : Game Life Skill Manfaat Bermain Game TikTok Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 3 December 2021 13:00 p.m.

Cita Citata Ngepop Lewat "Tak Sempurna"

Entertainment 2 December 2021 14:00 p.m.

Jalan Cerita Fiasco di Album Perdana “Unbroken”

Entertainment 27 November 2021 7:00 a.m.

Kegelisahan NYK dalam ‘Anxious’