Android-10.jpg

Proses Update Android 10 Diprediksi Bakal Lebih Cepat

oleh: rachli Technology Thursday, 31 October 2019 12:00 p.m.


Sejak awal September lalu, mesin pencarian terbesar, Google, telah meluncurkan sistem operasi (OS) terbarunya, yakni Android 10. Mendapat kabar ini, sejumlah vendor smartphone sudah mengonfirmasi untuk mengadopsi OS Android 10.

Vendor smartphone tersebut mencakup Xiomi, Essential, Nokia, OnePlus, Asus, LG, Motorola, Oppo, Realme, Samsung, Sharp, Sony, Transsion, dan Vivo. Para vendor tersebut juga akan memperbaharui OS buatan Google ini, setidaknya hingga akhir 2019.

Sebelumnya, OS Android 10 atau yang mulanya dikenal sebagai Android Q ini sudah dicoba pada keluarga ponsel Google Pixel. Android 10 hadir untuk Pixel generasi pertama hingga yang paling baru. Seri Pixel itu mulai dari Pixel 2/2 XL, 3/3 XL, dan 3a/3a XL.

Baca Juga: Oh So Orange Jadi Nama Lucu Warna Google Pixel 4

Baca Juga: Xiaomi Siap Saingi Apple Watch dengan Mi Watch

Baca Juga: McAfee Ungkap Ransomware Kuartal Pertama 2019

Meskipun sejumlah vendor smartphone tersebut sudah siap menerapkan Android 10, Google tidak membeberkan secara spesifik model ponsel apa saja yang bakal mengadopsi OS tersebut. Pasalnya, itu menjadi keputusan dari masing-masing vendor smartphone.

Namun, Google memprediksi bahwa proses pengadopsian Andorid Pie ke Android 10 oleh para vendor smartphone tersebut nantinya akan berjalan lebih cepat ketimbang proses pembaharuan Android Oreo ke Android Pie.

Pembaharuan sistem operasi ini dapat dilakukan secara OTA (over the air) melalui opsi system update yang tersedia pada menu pengaturan masing-masing smartphone. Namun, perlu diingat, saat melakukan pembaharuan, baiknya menggunakan koneksi WiFi yang stabil dan baterai ponsel terisi penuh.

Mengutip Kompas Tekno, Andorid 10 membawa sejumlah peningkatan dan fitur baru, antaranya seperti dark theme atau mode gelap, navigasi berbasis gesture, fitur tambahan untuk melindungi privasi dan lokasi, serta quick actions untuk membalas pesan dan notifikasi.

Sekadar informasi, Android 10 sendiri merupakan OS Android pertama yang diberi nama tanpa dikaitkan dengan makanan manis atau kue. Angka 10 pada Android 10 merujuk pada usia Android tahun ini yang menginjak satu dekade.

Selain perubahan nama, Google juga melakukan penyegaran terhadap logo Android. Jika selama ini bugdroid atau robot Android hijau selalu menampilkan satu badan yang utuh, Google kini hanya menampilkan bagian kepalanya saja.


Share To


rachli

rachli

Oct. 31, 2019, noon


tags : Google Android Q OS Android 10 Vendor Smartphone Google Pixel Android 10 Sistem Operasi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 9 December 2019 11:00 a.m.

Frederika Alexis Cull Finalis Miss Universe 2019

Entertainment 6 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

Entertainment 6 December 2019 16:00 p.m.

Pegolf Thailand Bidik Kemenangan BNI Indonesia Masters 2019

Entertainment 5 December 2019 17:00 p.m.

Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru