Bill-Gates.jpg

Proyek Gila Bill Gates Ingin Redupkan Matahari

oleh: inggil Technology Tuesday, 30 March 2021 14:00 p.m.


Mancode - Banyak cara yang dilakukan oleh para ilmuwan dalam upaya persoalan perubahan iklim. Tak jarang pula ide-ide yang diluar kelaziman untuk dilakukan, termasuk meredupkan matahari. Padahal, ada bahaya di balik upaya yang didukung oleh pendanaan dari Bill Gates ini. Penelitian yang disebut Stratospheric Controlled Disturbance Experiment atau SCoPEX ini dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Harvard.

Menurut Bill Gates, matahari tidak bisa ditutupi dengan jari, tapi bisa dengan sains dan teknologi. Tujuan dari proyek ini ialah untuk mencapai sinar matahari kemudian dipantulkan di luar atmosfer planet bumi. Nantinya, ada partikulat halus untuk memantulkan sinar matahari. Sehingga dapat menunda efek perubahan iklim.

Solusi ini akan dicapai dengan menyemprotkan berton-ton kalsium karbonat tidak beracun (CaCO3) ke atmosfer. SCoPEx adalah eksperimen ilmiah untuk memajukan pemahaman tentang aerosol stratosfer yang relevan untuk rekayasa geo surya.


Proyek ini dimulai dengan sejumlah tes, dan tahap awal adalah pelepasan balon dengan peralatan ilmiah yang tidak akan menyemprotkan CaCO3, tetapi akan berfungsi sebagai uji gerak dan untuk mengeksplorasi komunikasi dan sistem operasi.

Perubahan-Iklim.jpg

Proses skala besarnya yang disebut solar geoengineering, merupakan konsep yang dianggap cukup mengerikan, sehingga mungkin hanya akan digunakan seandainya di masa depan. Geoengineering umumnya mengacu pada teknologi yang mampu mengubah kualitas fisik bumi pada skala yang paling besar.

Misalnya, penyemaian awan melibatkan pesawat yang membuang materi partikulat untuk mengubahnya menjadi hujan. Ada juga penangkapan karbon yang mengumpulkan dan menyimpan emisi di bawah permukaan bumi. Namun, meredupkan matahari menjadi versi paling ekstrim untuk melihat pertimbangan ilmiah yang serius.

Bahayanya adalah, menyebarkan bahan kimia ke orbit itu melawan hukum alam. Bisa jadi cuaca akan menjadi sukar diprediksi dan menyebabkan kekeringan yang pada gilirannya membuat pasokan bahan pangan tersendat. Maka studinya harus dilakukan dengan komprehensif.

Baca Juga: Merayakan Hari Lahirnya Steve Jobs Pendiri Apple

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Superkomputer Tercepat Dunia Fugaku

Baca Juga: Teknologi Dolby Atmos Kian Digemari




Share To


inggil

inggil

March 30, 2021, 2 p.m.


tags : geoengineerin Bill Gates perubahan iklim Teknologi Matahari


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA