Ilustrasi-Hidup-Sehat.jpg

Program Basmi Malaria Lahirkan Hari Kesehatan Nasional

oleh: rachli History Tuesday, 12 November 2019 10:00 a.m.


Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tahunnya pada 12 November. Namun tahukah Mancoders, diperingatinya HKN ini berawal dari wabah penyakit malaria yang berjangkit di Indonesia pada tahun 1950-an. Saat itu, penyakit ini termasuk penyakit berbahaya yang telah merenggut ratusan korban jiwa.

Melihat kondisi tersebut, Pemerintah yang pada saat itu dipimpin Presiden Soekarno segera mengambil tindakan dengan melakukan beragam upaya untuk membasmi malaria. Upaya pembasmian malaria dimulai pada tahun 1959 dengan dibentuknya Dinas Pembasmian Malaria.

Organisasi ini kemudian berubah nama menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM) pada 1963. Upaya pembasmian penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Anopheles ini dibantu organisasi kesehatan dunia WHO dan USAID. Pembasmian malaria dilakukan dengan menggunakan obat jenis Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT) yang disemprotkan secara masal di seluruh pulau Jawa, Bali, dan Lampung.

Kala itu, Presiden Soekarno melakukan penyemprotan pertama secara simbolis pada 12 November 1959 di Desa Kalasan, Yogyakarta. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Hari Kesehatan Nasional untuk diperingati setiap tahunnya.

Baca Juga: Awal Diperingatinya Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Baca Juga: Mengenal Jenis Kesehatan Mental

Baca Juga: Mengenang Sejarah Hari Dokter Nasional

Usai melakukan penyemprotan secara simbolis, kegiatan penyuluhan dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahaya penyakit malaria dan agar lebih waspada. Tahun berikutnya, HKN diperingati dengan tujuan memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan untuk masyarakat Indonesia.

Tema peringatan HKN setiap tahunnya juga berbeda-beda, namun tujuannya sama, yaitu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia sekaligus pemahaman mereka akan pentingnya hidup sehat.

Pada tahun ini, peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 mengusung tema Generasi Sehat, Indonesia Unggul. Tema tersebut menggambarkan pentingnya upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pada pelaksanaan pembangunan kesehatan secara komprehensif dalam rangka mempersiapkan Generasi Sehat untuk Indonesia Unggul pada tahun 2045.

Pembangunan kesehatan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang Dasar Tahun 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan, yaitu berkontribusi dalam peningkatan nilai Indeks Pembangunan Kesehatan Manusia dan Usia Harapan Hidup.

Peningkatan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) Tahun 2018 adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan. Antara lain, menurunnya angka stunting balita, angka kematian ibu, dan angka kematian neonatal. Khususnya dalam penurunan stunting yang berhasil turun hampir 10 persen dalam kurun waktu lima tahun.


Share To


rachli

rachli

Nov. 12, 2019, 10:34 a.m.


tags : Hari Kesehatan Nasional Penyakit Berbahaya Penyakit Malaria 12 November Presiden Soekarno


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'