Menparekraf Siap Wujudkan Danau Toba Sebagai Destinasi Unggulan.jpg

Presiden Joko Widodo Resmikan 7 Pelabuhan dan Kapal di Danau Toba

oleh: rachli Travel Thursday, 3 February 2022 11:00 a.m.


Mancode - Presiden Joko Widodo meresmikan tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat kapal motor penumpang (KMP) di Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Dengan peresmian ini diharapkan dapat mendukung keberadaan Danau Toba sebagai salah satu destinasi unggulan tanah air.

Saat peresmian pelabuhan penyeberangan dan KMP, Presiden Joko Widodo mengatakan, beroperasinya pelabuhan dan kapal-kapal ini akan mendukung keberadaan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia.

“Aksesnya ke berbagai tempat di Danau Toba jadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih lancar,” katanya, Rabu (2/2/2022).


Menurutnya, pelabuhan penyeberangan dan KMP dibutuhkan oleh masyarakat sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari. Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan membangun 13 pelabuhan penyeberangan yang tersebar di tujuh kabupaten.

Tujuh pelabuhan yang diresmikan adalah Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Marbun Toruan/Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, dan Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

Sedangkan empat kapal motor penumpang yang diluncurkan adalah KMP Pora-Pora, KMP Kaldera Toba, Bus Air KMP Asa-Asa, dan Bus Air KMP Jurung-Jurung.

Wujudkan Danau Toba Sebagai Destinasi Unggulan.jpg

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno saat mendampingi presiden mengatakan, pihaknya akan melakukan gerak cepat demi mendukung pengembangan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas dengan menghadirkan berbagai program secara menyeluruh.

“Kita akan gerak cepat menghadirkan berbagai program yang dapat mendukung. Mulai dari pelatihan dan pengembangan SDM, produk wisata dan ekonomi kreatif, penyelenggaraan event, promosi, dan lainnya,” katanya.

Infrastruktur yang baik harus diimbangi dengan kehadiran produk wisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan sehingga dapat memberikanj pengalaman berwisata terbaik. Pariwisata dan ekonomi kreatif benar-benar menjadi salah satu sektor yang dapat mendongkrak kebangkitan ekonomi nasional.

Dengan begitu, dirinya mengajak masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bersama-sama menjaga infrastruktur yang dihadirkan pemerintah. Infrastruktur ini nantinya banyak memberikan pelayanan, yang terpenting adalah pengelolaannya ke depan.

“Terbangunnya infrastruktur ini banyak memberikan pelayanan pada masyarakat, yang terpenting adalah pengelolaannya ke depan agar berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Rasakan Sensasi Valentine Dinner di Atas Ketinggian

Baca Juga: Singapore Airlines Kembali Membuka Layanan Penerbangan Ke Bali

Baca Juga: Kolaborasi IMI dan Kemenparekraf Wujudkan Automotive Sports Turism




Share To


rachli

rachli

Feb. 3, 2022, 11 a.m.


tags : Presiden Joko Widodo Menparekraf Sandiaga Uno Pariwisata Danau Toba


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Life Style 30 September 2022 11:00 a.m.

Bantu Konservasi Laut, Hyundai Berikan Donasi untuk IOP

Technology 29 September 2022 18:00 p.m.

Infinix Luncurkan Note 12i 2022, Harganya Rp2 Jutaan

Fashion Style 29 September 2022 12:00 p.m.

Koleksi Langkah Desainer Denny Wirawan Angkat Ragam Wastra Bali