Mall-Tutup.jpg

PPKM Level 4 Diperpanjang, Mal di Kota Ini Diizinkan Buka

oleh: galih Life Style Tuesday, 10 August 2021 7:00 a.m.


Mancode - Pemerintah kembali memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 16 Agustus 2021. Dalam PPKM kali ini, pemerintah mengizinkan mal di sejumlah daerah yang tutup pada bulan lalu boleh dibuka kembali dengan tetap mengimplementasikan protokol kesehatan.

"Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan secara gradual untuk mal, pusat perbelanjaan di (daerah) level 4 dengan memperhatikan implementasi protokol kesehatan," ujar Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam siaran di YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin malam (9/8/2021).

Lebih jauh dia menjelaskan, uji coba pembukaan pusat perbelanjaan dan mal akan dilakukan empat wilayah, di antaranya Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya dengan syarat kapasitas pengunjung 25 persen. Uji coba tersebut akan berlansung selama sepekan ke depan dengan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan pengunjung yang boleh masuk harus mengantongi sertifikasi vaksin.


"Hanya mereka yang sudah di-vaksinasi dapat masuk ke mal dan harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Anak di bawah 12 tahun dan orang tua di atas 70 tahun akan dilarang masuk mal, pusat perbelanjaan sementara ini," kata Luhut.

Selain mal, rumah ibadah juga kembali dibuka dengan syarat kapasitas pengunjung 25 persen. Sedangkan sektor industrial esensial yang berbasis ekspor secara bergiliran atau sistem shift diizinkan untuk beroperasi. "Industri esensial berbasis ekspor sudah disusun prokes agar minggu depan juga akan dioperasikan di kota level 4 dgn 100 persen dibagi 2 shift," ujarnya.

Menurut Luhut, keputusan memperpanjang PPKM Level 4, 3, 2 untuk wilayah Jawa-Bali berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Perpanjangan PPKM tersebut efektif berlaku mulai 10-16 Agustus 2021. “Atas arahan Presiden Republik Indonesia maka PPKM Level 4 hingga 3 dan 2 Jawa Bali akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021,” kata Luhut.

Penerapan PPKM Level 4, 3, 2 sebelumnya, menurut Luhut, telah menunjukkan hasil positif. Di mana dari data yang didapat, terdapat penurunan angka Covid-19 hingga 59,9 persen dari puncak kasus pada 15 Juli 2021. Meski demikian, Luhut tetap mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat untuk membudayakan memakai masker. “Kita akan hidup dalam bertahun-tahun ke depan dengan masker ini. Karena ini adalah alat di samping vaksin untuk mencegah penularan varian delta,” imbaunya.

Baca Juga: Gagal Atasi Covid-19, Pemerintah China Hukum Puluhan Pejabat

Baca Juga: Melihat Sosok Wanita Pejuang Covid-19 yang Diabadikan Jadi Barbie

Baca Juga: Haji dan Umrah Dibuka Lagi untuk Jemaah Luar Negeri yang Telah Divaksinasi




Share To


galih

galih

Aug. 10, 2021, 7 a.m.


tags : PPKM Covid-19 Mal Jakarta Dibuka Mal Dibuka Kembali Syarat Masuk Mal Masa PPKM PPKM Level 4 Diperpanjang


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 21 October 2021 8:00 a.m.

Kode Syafira Febrina Bakal Rilis Single Baru

Technology 17 October 2021 6:00 a.m.

Melihat Fitur Baru Realme UI.3.0

Entertainment 13 October 2021 12:00 p.m.

Dubyouth Kembali Berkarya lewat "L2CUDNC2021"

Entertainment 23 September 2021 9:00 a.m.

Manjakani Rilis Album Saura