PPKM-Darurat-PKL-Bandung.jpg

PPKM Darurat: PKL Bandung Kibarkan Bendera Putih

oleh: inggil Travel Monday, 19 July 2021 13:00 p.m.


Mancode - Dampak PPKM Darurat yang diterapkan pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona membuat beberapa dampak. Salah satunya pada sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Cikapundung, Kota Bandung, Jawa Barat yang mengibarkan bendera putih. Terlihat bendera putih terpasang di depan gerobak yang tak lagi dipakai akibat tak bisa berjualan.

Para PKL di Cikapundung Barat yang memasang bendera putih ingin menyampaikan pesan bahwa mereka sudah menyerah dengan kondisi perekonomian yang kian hari semakin memburuk. Mereka mulai kehabisan uang lantaran tak bisa berjualan

"PPKM harus berhasil untuk alasan kemanusiaan. Namun, jangan lupa kebutuhan dasar masyarakat yang tidak bekerja karena PPKM ini harus tercukupi. Turut berduka cita atas matinya perekonomian pedagang di Cikapundung Barat," mengutip spanduk yang terpampang.


Ate, salah satu pedagang di sana mengatakan jika bendera putih sengaja dipasang sebagai pesan bahwa sudah menyerah dengan ekonomi saat ini. Para pedadang sudah bingung dengan cara apalagi bisa bertahan di tengah penerapan PPKM Darurat.

PPKM-Darurat.jpg

"Spanduk ini kita pasang untuk para pedagang Cikapundung Barat yang merasakan titik akhir terdampak. Kita sudah kesusahan, harus seperti apa ke depannya karena PKL Cikapundung Barat ini terdampaknya bukan pada PPKM Darurat saja, tapi dari awal PSBB kita sudah terdampak penutupan jalan, sangat memberatkan bagi kita pedagang kecil," kata Ate (29) salah satu pedagang dilansir Detik.

Lebih lanjut, Ate menjelaskan sebelum PPKM darurat diberlakukan, pemasukan para PKL sudah terpukul akibat serangkaian kebijakan selama masa pandemi Covid-19. Kini, dengan aturan PPKM Darurat yang sudah berjalan 17 hari, membuat mereka kian merana.

"Dari 104 itu kurang lebih ada 50 pedagang yang sudah kolaps. Sisanya yang masih bertahan hanya pedagang stempel, karena mereka bukan berjualan kuliner," ucap Ate.

Selama PPKM darurat, akses masuk ke Cikapundung Barat banyak ditutup. Mereka juga dilarang melayani makan dan minum di tempat. Hanya layanan pesan antar yang diperkenankan. Sebagian besar PKL Cikapundung mengandalkan penjualan di malam hari. Namun, jam operasi yang dibatasi maksimal hingga pukul 20.00 WIB selama PPKM Darurat semakin membuat mereka tertekan.

PKL-Bandung.jpg

Ate mengungkapkan, para pedagang sudah memohon kelonggaran aktivitas kepada Pemkot Bandung. Namun, sejauh ini tidak ada tanggapan dan solusi bagi para pedagang.

"Sebelumnya kita sudah mengajukan surat kepada gugus tugas dan wali kota dan dinas terkait yang membina PKL di sini. Tidak ada tanggapan perihal kelonggaran untuk aktivitas berjualan," ucapnya.

Baca Juga: PPKM Darurat: Protes Pengusaha Jika Mall Ditutup Total!

Baca Juga: PPKM Darurat: Jokowi Bagikan Vitamin dan Obat Gratis

Baca Juga: PPKM Darurat: Skenario Pemerintah Lanjut 6 Minggu




Share To


inggil

inggil

July 19, 2021, 1 p.m.


tags : Covid-19 PKL Bandung Bandung Perekonomian Turun PKL Cikapundung Barat PPKM Darurat


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 30 July 2021 11:00 a.m.

Duora Gandeng Vira Talisa dalam Morning Sun

Entertainment 30 July 2021 8:00 a.m.

Jorja Smith dan Svmmerdose Hadir di Mola Chill Fridays

Entertainment 14 July 2021 11:00 a.m.

Ungkapan Perasaan JVSAN dan Reikko dalam ‘4:55PM’