Presiden Jokowi.jpg

PPKM Darurat: Jokowi Bagikan Vitamin dan Obat Gratis

oleh: inggil Life Style Thursday, 15 July 2021 12:00 p.m.


Mancode - Berbagai upaya selalu dilakukan oleh pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona di Indonesia. Tinggal lima hari lagi PPKM Darurat segera berakhir meski belum ada penurunan signifikan setidaknya langkah ini dilakukan demi memutus rantai covid-19. Saat masa pandemi ini, masyarakat diharap untuk tetap berada di rumah dan hanya pergi jika ada keadaan mendesak.

Meski berada di rumah, pemerintah tak lupa untuk memberi bantuan. Terbaru, Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan paket obat isolasi mandiri gratis untuk masyarakat. Prosesi peluncuran dilaksanakan di halaman Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan.

Berbicara saat memberikan pengarahan, Kamis (15/7/2021), Jokowi menegaskan bahwa pemerintah terus bekerja keras untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.


"Oleh karena itu pemerintah memberikan bantuan mulai hari ini berupa bantuan-bantuan bahan pokok sembako lewat PKH dan bantuan sosial tunai serta bantuan paket vitamin dan obat-obatan," kata Jokowi dari keterangan persnya.

Jokowi mengemukakan obat dan vitamin gratis ini diperuntukkan untuk masyarakat yang menjalani isolasi mandiri gratis di sejumlah wilayah yang berisiko. Untuk tahap pertama, setidaknya akan dibagikan 300 ribu paket obat dan vitamin.

Pada tahap awal, setidaknya ada 300 ribu paket yang akan diberikan masyarakat di wilayah Pulau Jawa dan Bali. Sementara tahap selanjutnya, pemerintah akan memberikan 300 ribu paket obat di luar Jawa.

Nantinya, tiap paket obat akan dapat digunakan selama tujuh hari. Pasokan paket bantuan obat tersebut akan disiapkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan tidak dapat diperjual belikan. Distribusi obat akan dilakukan oleh TNI bekerja sama dengan pemerintah daerah dan RT/RW.

"Saya minta agar dilakukan pengawasan yang ketat di lapangan agar program ini betul-betul bisa maksimal mengurangi risiko karena covid dan membantu pengobatan warga yang menderita Covid-19," terang Jokowi.

Paket obat dan vitamin ini terdiri dari tiga paket yang dibagikan untuk masyarakat. Obat dan vitamin tersebut untuk kebutuhan selama tujuh hari

Tiga jenis paket bantuan obat tersebut terdiri dari vitamin untuk pasien Covid-19 tanpa gejala. Paket kedua untuk pasien Covid-19 dengan keluhan panas dan kehilangan penciuman berupa vitamin dan obat yang akan dikonsultasikan dengan dokter. Paket ketiga, ditujukan untuk pasien Covid-19 dengan gejala panas dan batuk kering. Paket bantuan tersebut juga akan diberikan bantuan obat dan vitamin dengan konsultasi dokter.

Baca Juga: PPKM Darurat: Skenario Pemerintah Lanjut 6 Minggu

Baca Juga: PPKM Darurat: Protes Pengusaha Jika Mall Ditutup Total!

Baca Juga: Mola Gratiskan Tayangan Hiburan Selama PPKM Darurat, Ini Cara Aksesnya




Share To


inggil

inggil

July 15, 2021, noon


tags : Jokowi Bagi Vitamin Covid-19 VIrus Corona Presiden Jokowi PPKM Darurat


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE