POWERSLAVES Hadirkan Nuansa Baru di ‘Metal Kecil (Remastered)’.jpg

POWERSLAVES Hadirkan Nuansa Baru di ‘Metal Kecil (Remastered)’

oleh: rachli Entertainment Friday, 18 November 2022 10:00 a.m.


Mancode - POWERSLAVES, unit rock legendaris asal Semarang, pada13 November 2022 lalu melepas versi anyar lagu Metal Kecil. Bertajuk Metal Kecil (Remastered), lagu ini hadir sebagai tindak lanjut dari Semarang (Remastered) yang diluncurkan beberapa bulan sebelumnya.

Perilisan ini merupakan kelanjutan dari penerbitan ulang arsip lagu POWERSLAVES yang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu lantaran master rekamannya tidak mereka miliki. Nantinya, proyek ini akan bermuara pada perilisan album The Best.

Metal Kecil (Remastered) direkam ulang oleh formasi terkini POWERSLAVES. Selain Heydi Ibrahim pada vokal, tentunya juga ada Anwar Fatahillah (bass), Wiwiex Soedarno (kibor) dan Agung Yudha (drum). Untuk departemen gitar, diisi oleh musisi additional, Adien KS.


Dari sisi aransemen, lagu ini mengalami sedikit perombakan. Ada penambahan part sebelum coda dan pada bagian akhir lagu juga setiap personel diberi kebebasan untuk meluapkan kreasinya seperti saat membawakan di atas panggung.

“Dari musik dan aransemen lebih rock karena masing-masing personel mengisi instrumen dengan lebih lepas seperti saat dibawakan live,” kata Anwar Fatahillah belum lama ini.

Selain itu, sang bassis mengungkapkan, treatment pada proses mixing dan mastering-nya juga membuat lagu ini terdengar makin klimaks. Terlebih ada tambahan part pada sisi vokal dan drum.

“Vokal ada beberapa isian backing yang lebih menarik, terus drum juga lebih lepas. Ada beberapa bagian pengulangan reff terakhir dan Agung pakai double pedal,” lanjutnya.

Dari sisi isian kibor, Wiwiek Soedarno mengaku lebih bebas dalam mengeksplorasi sound dan juga notasi. Bukan tanpa alasan. Rekaman di studio sendiri lebih leluasa karena tidak terikat batasan waktu dan bisa bolak-balik merevisi sendiri sampai merasa pas dengan kebutuhan lagu.

“Konsepnya lebih live. Dalam versi asli ending-nya fade out ya. Sekarang ini lebih panjang, banyak improvisasi layaknya live perform dan coda-nya kami buat jreng abis,” Wiwiex Soedarno menuturkan.

Lagu ini merupakan trek titel album debut POWERSLAVES yang berjudul sama rilisan tahun 1994. Album ini bukan cuma penegas eksistensi POWERSLAVES, melainkan juga pengejawantahan makna rock and roll sesungguhnya.

Melalui album ini, nama Heydi Ibrahim dan kawan-kawan makin dikenal banyak orang. Bukan hanya di seputaran Jawa Tengah, tapi juga di Jakarta dan seluruh Indonesia.

Pada sisi musik, persekutuan antara Andry Muhammad (gitar), Anwar Fatahillah (bass), Wiwiex Soedarno (kibor) dan Vidi Widi (drum) begitu melebur di sekujur album lewat musikalitas natural mereka.

Dilengkapi karakter vokal melengking Heydi Ibrahim yang khas dan renyah, tak terbantahkan lagi bahwa album ini adalah potret kedigdayaan POWERSLAVES yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Kini, lagu ini sudah tersedia di berbagai platform musik digital, seperti ITunes, Joox, Spotify, Deezer, dan lainnya.

Baca Juga: Arthur Anapaku Ajak Pendengar Berani Nyatakan Cinta dalam Single "Zona Teman"

Baca Juga: Later Just Find Rilis Lagu Cinta Bernuansa Disko di ‘Hanya Kau’

Baca Juga: Gabe Watkins Ceritakan Rasa Sepi dan Rindu dalam ‘Sunsets’




Share To


rachli

rachli

Nov. 18, 2022, 10 a.m.


tags : Metal Kecil Rock POWERSLAVES


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA