Suku-Awa.jpg

Suku Awa: Suku Amazon yang Terancam Punah

oleh: inggil Travel Thursday, 12 December 2019 15:00 p.m.


Mancode - Suku Awa atau lebih dikenal dengan nama Guaja, merupakan sekelompok pemburu yang masih bertahan hidup di pedalaman hutan hujan Amazon. Awalnya, suku ini tinggal di pemukiman yang kemudian sekitar tahun 1800 suku ini melarikan diri dari serangan orang Eropa. Hingga pada pertengahan 1980-an, beberapa kelompok Suku Awa pindah ke pemukiman milik Pemerintah.

Meski telah diberi tempat oleh Pemerintah Brazil, beberapa kelompok Suku Awa memilih untuk mempertahankan cara hidup tradisional mereka dengan menyatu bersama alam. Kelompok ini masih memanfaatkan kekayaan alam untuk bertahan hidup. Dari mulai tempat tinggal hingga kebutuhan pangan.

Tempat-Tinggal-Suku-Awa.jpg

Bisa dibilang Suku Awa merupakan Suku Indian asli yang masih ada hingga saat ini. Mereka yang masih hidup di pedalaman benar-benar hidup dengan cara sederhana dan jauh dari kata modern.

Masyarakat-Suku-Awa.jpg

Hidup dengan berdampingan bersama alam mereka mandi dengan bertempat di aliran sungai, memakan hasil buruannya sendiri, mengenakan pakaian dari kulit hewan bagi orang dewasa, sedangkan anak kecil biasanya telanjang, dan juga mempunyai hewan peliharaan seperti monyet. Uniknya, perempuan dewasa Suku Awa ini juga menyusui hewan-hewan tersebut hingga dari mereka tumbuh dewasa.

Perempuan-Suku-Awa-Menyusui.jpg

Saat ini, hanya ada sekitar 600 orang tersisa yang dari Suka Awa. Seratus di antaranya pun benar-benar belum pernah melakukan kontak dengan dunia luar. Rupanya keberlangsungan suku ini terancam punah oleh beberapa oknum yang berusaha menebang pohon-pohon di tanah mereka hanya demi mencari keuntungan dari penebangan emas.

Dilansir dari National Geographic, pergerakan suku asli Amazon ini hanya terbatas pada inti hutan. Beberapa anggota Suku Awa sudah memberanikan diri untuk keluar dari hutan dan pindah dari desa ke desa mencari tempat yang lebih aman.

Suku-Awa-Terancam-Punah.jpg

Pemerintah Brazil pun dalam upayanya melindungi dan melestarikan Suku Awa mendapat kucuran dana sebesar 900 juta dollar AS dari Bank Dunia dan Uni Eropa. Sayangnya, hingga kini masih banyak anggota suku yang dibunuh oleh masyarakat tanpa adanya intervensi Pemerintah. Jika hal ini dibiarkan terus maka tak heran jika Suku Awa bisa benar-benar punah.


Share To


inggil

inggil

Dec. 12, 2019, 3:47 p.m.


tags : Amazon Suku Indian Suku Amazon Suku Awa


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 29 September 2020 10:00 a.m.

Melihat Sisi Lain Syafira Febrina dalam “Hati Yang Terluka”

Entertainment 29 September 2020 8:00 a.m.

Aura Kasih Luncurkan Single “Renjana”

Entertainment 29 September 2020 7:00 a.m.

16 Tahun Berkarya, Kotak Rilis Album “Identitas”

Entertainment 28 September 2020 14:00 p.m.

Mike Tyson Akan Berbagi Kisah Hidupnya di Mola Living Live