Gunung-Spanyol-Meletus-5.jpg

Potret Meletusnya Gunung Cumber Vieja di Spanyol

oleh: inggil Travel Thursday, 23 September 2021 8:00 a.m.


Mancode - Gunung berapi Cumbre Vieja di Pulau Canary, Spanyol meletus pada Minggu, 19 September 2021 lalu. Letusan tersebut dirasakan oleh ribuan warga yang bermukim di sekitar Gunung Cumbre Vieja. Dilaporkan ada sekira 5.500 warga dievakuasi dari wilayah tersebut dan 100 dilaporkan mengalami kerusakan.

Meskipun demikian, aliran lava bergerak lebih lambat dari yang diperkirakan. Adapun akses ke gunung juga telah ditutup sebagai upaya antisipasi. Aliran lahar dilaporkan telah menghancurkan rumah warga dan mengancam menuju ke pantai dan sejumlah lokasi termasuk El Paraiso, Alcala dan daerah sekitarnya.

Lava yang mengalir dari mulut kawah telah melahap 106 hektare lahan dan menghancurkan 166 rumah serta bangunan lainnya. Sungai lava dengan tinggi enam meter terus menuruni lereng bukit tanpa terbendung. Ia membakar dan menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya.


Otoritas berwenang yang dikutip kantor berita swasta Spanyol, Europa Press, mengatakan laju pergerakan lahar tampaknya melambat. Menurut mereka, lahar tidak akan mencapai laut paling cepat sebelum Rabu (22/9). Ketika mencapai Samudra Atlantik, ia bisa menyebabkan ledakan dan menghasilkan awan gas beracun.

Para ilmuwan yang memantau pergerakan lava mengatakan suhu lahar mencapai lebih dari 1.000 derajat celcius. Menurut mereka, aliran lava bisa berlangsung selama berpekan-pekan atau berbulan-bulan. Volcanology Institute menyebut gunung berapi di La Palma telah memuntahkan antara 8.000 hingga 10.500 ton belerang dioksida dalam sehari.

Dinas kelautan telah menciptakan zona terlarang sejauh dua mil laut di area tempat lava mengalir. Zona itu diciptakan "untuk mencegah orang-orang menonton dari kapal serta mencegah masyarakat dari dampak gas," kata ketua dewan Kepulauan Canary, Mariano Hernández.

Pemerintah daerah setempat sudah memerintahkan penduduk empat desa, termasuk El Paso dan Los Llanos de Aridane, diungsikan ke sejumlah tempat penampungan sementara. Laura, seorang penduduk setempat, mengatakan kepada stasiun radio Cadena SER bahwa dia dan keluarganya tidak punya waktu untuk bersiap mengungsi.

"Rumah saya tidak terdampak, namun tetangga-tetangga saya kehilangan rumah mereka dan bisnis kecil-kecilan mereka. Ini adalah malapetaka," cetusnya.

Gunung Cumbre Vieja terletak di bagian selatan Pulau La Palma, yang dihuni sekitar 80.000 orang. Pulau tersebut merupakan salah satu dari Kepulauan Canary, wilayah Spanyol yang berada di sebelah barat Maroko, Afrika utara. Gunung itu terakhir meletus 50 tahun lalu. Para ilmuwan belum bisa memastikan berapa lama erupsi terbaru akan berlangsung.

Gunung-Spanyol-Meletus-1.jpg

Gunung-Spanyol-Meletus-2.jpg

Gunung-Spanyol-Meletus-3.jpg

Gunung-Spanyol-Meletus-4.jpg

Gunung-Spanyol-Meletus-6.jpg

Baca Juga: 8 Potret Miris Gunung Everest

Baca Juga: Mengenang Kisah Bunker Menangis Gunung Merapi

Baca Juga: Kisah Gunung Lawu: Legenda Brawijaya V & Burung Jalak




Share To


inggil

inggil

Sept. 23, 2021, 8 a.m.


tags : Gunung berapi Cumbre Vieja Gunung Berapi Spanyol Meletus Gunung Meletus


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA