Museum-Gusjigang-Kudus.jpg

Potret Koleksi Al-Quran Langka di Museum Gusjigang, Kudus

oleh: inggil Travel Tuesday, 22 September 2020 16:00 p.m.


Mancode - Salah satu museum yang terletak di Kudus, Museum Gusjigang ternyata menyimpan koleksi Al-Quran kuno berusia tiga abad. Tidak hanya itu saja, dalam museum ini juga terdapat Al-Quran berukuran raksasa dan mini yang terbuat dari lontar. Terletak di Jalan Sunan Muria No.33, Kudus, Museum Gusjigang telah menjadi etalase Kudus tempo dulu dan juga beragam galeri Al-Quran.

Terdapat satu Al-Quran berukuran besar yang dikelilingi oleh tujuh Al-Quran kuno lainnya. Ketujuh Al-Quran itu adalah Al-Quran kuno daun lontar, Al-Quran bahan kulit sapi, Al-Quran mini stambul Turki, Al-Quran sampul pintu Ka'bah, Al-Quran bahan kertas kuno, Al-Quran kuno dari surau, dan Al-Quran kuno dari pesantren.

“Di galeri tersebut ada berbagai Al-Quran baik dari jenisnya, bahannya, atau ukurannya. Di sana, ada Al-Quran terkecil dan terbesar, kemudian dari bahan asalnya dari kulit sapi dan dari daun lontar,” ujar Manager Marketing Mubarok Food Cipta Delicia, Muhammad Kirom, seperti yang dilansir dari Detik.

Lebih lanjutnya, Kirom menjelaskan jika Al-Quran yang terbuat dari daun lontar itu diperkirakan berusia sekitar 300 tahun. Istimewanya, 30 juz Al-Quran dari daun lontar yang sudah kuno itu masih dalam kondisi utuh. Al-Quran kuno itu sendiri didapatkan dari seorang kolektor di salatiga dengan harga mencapai Rp40 juta.

“Saya dapat dari teman saya, kolektor dari Salatiga. Jadi, itu sudah tujuh turunan. Keturunan ketujuh beliau mendapatkan itu. Daun lontar, karena tidak banyak biasanya itu seharga Rp 100 juta. Tapi, kemarin dapatnya Rp 40 juta dari kolektor,” ujar Kirom menambahkan.

Selain kuno, Al-Quran itu spesial karena dituliskan dengan teliti di atas daun lontar kering dengan menggunakan pengutik, semacam alat khusus logam jarum yang dipanaskan. Pada jaman dahulu, alat ini dipakai secara tradisional untuk menorehkan tulisan aksara kawi.

Al-Quran-Museum-Gisjanggi.jpg

Al-Quran-Kuno-Museum-Gusjigang.jpg

Koleksi-Al-Quran-Museum-Gusjigang.jpg

Museum-Gusjigang.jpg

Baca Juga: India Tuntut Museum Oxford Kembalikan Patung Abad ke-15 yang Dicuri

Baca Juga: Museum di Rusia Tambah Koleksi Becak dari Jogja

Baca Juga: Menelisik Hagia Shopia: Tempat Penuh Sejarah di Turki


Share To


inggil

inggil

Sept. 22, 2020, 4 p.m.


tags : Museum Gusjigang Kudus Ruang Galeri Gusjigang Al-Quran Kuno Travel Al-Quran Langka Kudus Museum Gusjigang Al-Quran


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like