Live Shopping.jpg

Pongo dan JD.ID Hadirkan Tren Live Shopping di Tiktok

oleh: galih Shopping Friday, 10 December 2021 12:00 p.m.


Mancode - Menjelang festival belanja Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12, Pongo Indonesia bekerja sama dengan JD.ID menyelenggarakan acara live streaming TikTok. Ini menjadi tren belanja baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen di platform media sosial.

Acara live streaming ini akan berlangsung di akun TikTok resmi JD.ID @jdid_mart pada 8 Desember 2021 selama 8 jam. Selain itu, ada juga acara live lainnya yang akan berlangsung pada 11 Desember 2021 di akun TikTok @bestandfirst.id selama 12 jam non-stop dengan @teriyuloh sebagai bintang tamu.

Nathasya Kristianto, Direktur Pongo Indonesia mengatakan, secara umum, dibandingkan dengan platform e-commerce lainnya, peminat e-commerce di platform TikTok masih tergolong baru. Namun, seiring dengan meningkatnya traffic dan minat konsumen untuk berbelanja di TikTok yang terus bertambah, perkembangannya diproyeksikan akan tumbuh pesat ke depannya.


“Kami percaya bahwa ini dapat berdampak baik dalam jangka panjang bagi tim Pongo Indonesia yang memang memiliki keahlian dalam pembuatan konten video pendek dan bergerak di industri bisnis live streaming,” kata Nathasya dalam siaran persnya yang diterima Mancode.id, Jumat (10/12/2021).

Kolaborasi Pongo Indonesia dan JD.ID telah menuai sukses sejak akhir Oktober lalu. Pongo Indonesia ditunjuk sebagai penyedia layanan operator akun TikTok pada festival belanja 11.11. Live streaming yang diselenggarakan selama 6 hari ini ditonton lebih dari 230.000 orang.

Selain itu, tingkat repurchase barang mencapai 57,24 persen dari kelompok konsumen muda. Sedangkan jumlah followers akun tersebut juga meningkat hingga 472 kali lipat.

Tim Pongo Indonesia sudah menganalisa tren perilaku konsumen di Indonesia saat ini dengan menggunakan big data tool dan analisis dari platform yang dikembangkannya sendiri. Dengan bantuan platform tersebut, Pongo Indonesia telah menemukan kategori barang dan produk mana yang mengalami peningkatan penjualan di Indonesia, serta membuat positioning untuk akun produk baru tersebut.

“Kami telah menyaring hampir 100 produk unggulan yang muncul saat live streaming. Berfokus pada model operasional Tiktok, kami menggunakan metode baru dengan memasukkan video pendek pada saat live streaming tersebut, di mana metode ini telah membantu akun JD.ID untuk membentuk dan memperkuat brand image yang konsisten dengan mereka,” tambah Nathasya.

Ke depannya, Pongo Indonesia akan terus meningkatkan investasi pada inkubasi influencer, live streaming, peluncuran dan pengoperasian akun di seputar ekosistem TikTok. Selain itu, Pongo Indonesia juga akan menempa lebih banyak lagi sumber daya manusia dan pemasaran yang lebih beragam ke berbagai brand dan cross-border seller.

“Kami memiliki tim spesialis untuk setiap divisi dengan pengetahuan yang spesifik terkait konten marketing. Ini merupakan upaya kami dalam meningkatkan kualitas live stream melalui berbagai inisiatif dan salah satunya adalah video pendek 15 detik,” tutup Nathasya.

Seperti diketahui, Pongo merupakan sebuah perusahaan e-commerce dan pemasaran influencer yang terus berkembang dengan pesat sejak menerima putaran pembiayaan Seri A sebesar USD 7,71 juta atau sekitar Rp 110 miliar dari SMZDM, Lenovo Venture Capital, dan Grit Ventures beberapa waktu lalu.

Hingga saat ini Pongo, termasuk Pongo Indonesia, telah menyediakan layanan untuk divisi live streaming dan video pendek, sebuah layanan yang masih cukup langka di Indonesia. Salah satu brand yang saat ini bekerja sama dengan Pongo Indonesia adalah JD.ID dalam hal penyelenggaraan acara live streaming di platform media sosial TikTok.

Baca Juga: Sabtu Belanja Lokal, Cara TikTok Bantu Tingkatkan Omzet UKM

Baca Juga: Foot Locker, Surganya Pecinta Sneaker Hadir di Indonesia

Baca Juga: SEVENTEEN Jadi Lazada Happiness Ambassadors




Share To


galih

galih

Dec. 10, 2021, noon


tags : harbolnas 12.12 JD.ID Pongo Shopping Live Shopping TikTok


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 18 January 2022 11:00 a.m.

Wajah Stephanie Poetri Terpampang di Times Square New York

Entertainment 31 December 2021 10:00 a.m.

TikTok Ajak Finalis #IdolaTikTok Rekaman dan Bikin Video Musik

Life Style 28 December 2021 10:00 a.m.

Kopi Kenangan Jadi “Unicorn” Baru di Indonesia