Irene-Kharisma-Grandmaster.jpg

Irene Kharisma Kirim Surat Terbuka untuk Deddy Corbuzier

oleh: inggil Entertainment Tuesday, 16 March 2021 9:00 a.m.


Mancode - Masih ingat dengan kasus percaturan online yang melibatkan Dadang Subur alias Dewa_Kipas dan GothamChess? Ya beberapa minggu lalu dunia catur online tengah heboh akibat akun Dewa_Kipas diblokir oleh Chess.com saat mengalahkan master catur GothamChess alias Levy Roman karena diduga melakukan kecurangan.

Banyak netizen Indonesia yang menyangkal hal tersebut dan malah menyalahkan para para pendukung GothamChess-lah yang melaporkan akun Dewa_Kipas karena tidak terima kekalahan. Pada kenyataannya, diblokirnya akun Dewa_Kipas bukan karena laporan dari pendukung GothamChess, melainkan karena memang sistem Chess.com menemukan indikasi cheat pada akun Dewa_Kipas.

Mereka melihat yang mana grafik permainan Dewa_Kipas dianggap sangat janggal sebab akurasi langkahnya selalu berada di atas 90%.


Hebohnya pemberitaan di mana-mana membuat Dadang Subur lantas diundang ke poadcast Deddy Corbuzier. Seolah-olah bahwa acara podcast milik pria berkepala plontos ini ialah memberi semua klarifikasi dan semua perkara menjadi beres. Alih-alih beres malah obrolan antar keduanya justru dianggap semakin memperuncing polemik yang suda ada.

Dewa-Kipas-Deddy-Corbuzier.jpg

Grandmaster catur wanita Indonesia, Irene Kharisma Sukandar sampai membuat surat terbuka kepada Deddy Corbuzier yang ia unggah melalui akun media sosial miliknya. Sang master catur wanita ini menyatakan jika pemberitaan yang sangat masif terkait polemik Dewa_Kipas dan GothamChess pada titik tertentu berimbas negatif pada citra para pecatur dari Indonesia.

“Kejadian ini sudah merugikan banyak pihak dan kepopuleran yang didapat tidak sebanding dengan rasa malu saya dan teman-teman pecatur profesional lainnya di mata dunia percaturan internasional. Seakan-akan citra positif dan prestasi yang kami bangun susah payah untuk tanah air Indonesia yang sangat saya cintai ini sirna karena dampak negatif dari pemberitaan yang berkembang,” tulis Irene dalam surat terbukanya kepada Deddy Corbuzier tersebut.

Surat-Irene-Kharisma.jpg

Di sisi lain, dilansir dari Kompas, Irene Kharisma mengatakan bahwa dirinya kecewa kepada Deddy Corbuzier karena tidak memberikan informasi yang lengkap dan menyeluruh terkait polemik catur online yang melibatkan Dadang Subur tersebut.

“Kami hanya ingin memberi edukasi kepada publik apa itu catur online berdasarkan data yang valid. Silahkan publik menyikapi sendiri data tersebut. Berdasarkan data dan alogaritma Chess.com, akurasi langkah Dadang Subur tidak normal,” terang Irene.

Rasa kekecewaan Irene Kharisma juga ia tunjukkan pada sikap nasionalisme berlebihan netizen Indonesia sehingga dengan membabi-buta menyerang Chess.com dan GothamChess hanya karena mereka dianggap berlawanan dengan pecatur online dari Indonesia.

Baca Juga: Orienteering, Olahraga Mengasah Kemampuan Navigasi

Baca Juga: Dalton Tanonaka, Eks Presenter TV Terjerat Kasus Penipuan

Baca Juga: Komunitas Orami: Wadah Para Orang Tua Berbagi Info dan Melawan Hoaks




Share To


inggil

inggil

March 16, 2021, 9 a.m.


tags : Surat Terbuka Irene Kharisma Irene Kharisma Chess.com Dadang Subur Kasus Dewa Kipas Dewa Kipas Deddy Corbuzier GothamChess Catur


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE