Viral Sepeda Roadbike.jpg

Polda Metro Siapkan Aturan Tilang Pesepeda Arogan

oleh: galih Life Style Wednesday, 2 June 2021 8:00 a.m.


Mancode – Baru-baru ini, aksi pengendara sepeda motor yang mengacungkan jari tengah kepada rombongan pesepeda road bike viral di media sosial dan tengah menjadi sorotan publik. Peristiwa itu terjadi di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat pada Rabu 26 Mei 2021 sekitar pukul 06.30 WIB.

Dugaan kuat, pengendara sepeda motor kesal lantaran para pesepeda mengambil jalur kendaraan bermotor di sisi kanan jalan untuk dilalui sepeda. Menanggapi hal tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro mengaku tengah mengkaji sanksi sita sepeda apabila menemukan pesepeda yang melaju di luar jalus khusus yang telah disediakan.

“Kalau misal penindakan yang disita apanya nih? Cukup KTP-nya si pesepeda atau sepedanya itu sendiri? Bagaimana registrasi dan sebagainya tentu ini harus dibicarakan lebih lanjut,” ungkap Direktur lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, seperti dinukil kompas.com, Rabu (2/6/2021).


Oleh karenanya, kata Sambodo, pihaknya akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kejaksaan, Pengadilan, hingga ahli Hukum Pidana untuk membahas wacana tersebut. "Tentu ini harus kita bicarakan juga dengan CJS (Criminal Justice System), dengan Pengadilan, Kejaksaan dan kami akan ngundang ahli hukum pidana," kata Sambodo.

Menurut Sambodo, aturan berlalu lintas bagi pengguna jalan tak bermotor atau sepeda sejatinya telah tertuang di dalam Undang-Undang Nomo 22 Tahun 2002 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Namun, teknis penindakan hukumnya belum ada mengingat sepeda dan pesepada juga tidak dilengkapi dengan STNK dan SIM.

Meski demikian, Sambodo menilai penegakan hukum terhadap pesepeda perlu dilakukan. Sebab, di tengah naiknya aktivitas sepeda, dikhawatirkan akan menimbulkan keributan dengan pengguna jalan yang lain jika tak ada penegak hukum.

“Saya khawatir kalau ini dibiarkan suatu saat akan terjadi keributan antara sepeda motor dengan pengendara sepeda, khususnya road bike. Apalagi sebetulnya sudah ada jalus sepeda yang disiapkan oleh pemerintah,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga ikut menanggapi kejadian viral antara pesepeda road bike dan pengendara motor. Dia meminta para pengguna sepeda di ibu kota untuk menggunakan alur yang telah disiapkan pemerintah untuk menghindari kecelakaan yang kerap melibatkan kendaraan bermotor dengan para pesepeda.

“Jalur umum diperuntukkan bagi mobil kendaraan umum, kendaraan pribadi, dan lain-lain termasuk sepeda motor. Kalau sepeda masuk di jalur umum seperti itu akan sangat berbahaya,” ujar Riza dikutip dari ayojakarta.com.

Dia juga meminta kepada semua pengguna jalan untuk saling menghormati. Pesepeda dipersilakan menggunakan jalur yang telah disediakan. Begitu juga pengguna kendaraan bermotor diminta untuk tidak masuk ke jalur khusus sepeda.

"Kami minta ke depan mari kita saling jaga saling menghormati saling membatasi satu sama lain supaya di Jakarta bisa lebih baik lebih aman dan semua kita tata untuk kepentingan semua," tutup Ariza.

Baca Juga: Pilihan Sepeda Lipat Seharga Rp4 Jutaan

Baca Juga: Bidik Milenial, Sepeda Listrik Viar Caraka Dibanderol Rp7 Jutaan

Baca Juga: Pilihan Jalur Bersepeda di Area Candi Borobudur




Share To


galih

galih

June 2, 2021, 8 a.m.


tags : Viral Pesepeda Arogan Tilang Pesepeda Jalur Sepeda Sepeda Road Bike Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 14 September 2021 13:00 p.m.

Nonton 13 Film Horor Dibayar Rp18 Juta, Tertarik?

History 7 September 2021 12:00 p.m.

Seuntai Kisah Perjalanan Gus Dur

Entertainment 21 August 2021 7:00 a.m.

Album “Skins” Ungkap Perjalanan Rinni Wulandari