Platform Udemy Identifikasi Tiga Tren Pembelajaran dan Keterampilan.jpg

Platform Udemy Identifikasi Tiga Tren Pembelajaran dan Keterampilan

oleh: rachli Technology Tuesday, 22 November 2022 10:00 a.m.


Mancode - Platform belajar dan mengajar online, Udemy, belum lama ini merilis “2023 Workplace Learning Trends Reports”. Studi tahunan ini mengidentifikasi tiga tren teratas yang diperlukan bagi organisasi dalam membangun budaya pembelajaran dan keterampilan bisnis, teknis, dan personal.

Menurut Chief Learning Officer Udemy, Melissa Daimler, para pemimpin bisnis berperan penting dalam membantu karyawan membangun keterampilan yang mereka butuhkan untuk meningkatkan operasional binis sekaligus mempertahankan daya saing perusahaan di pasar kerja.

“Namun untuk menjadi organisasi yang mendukung pembelajaran sesungguhanya, perusahaan tidak sekadar menawarkan program pelatihan tapi perlu mengkomunikasikan dengan jelas kepada karyawan tentang tujuan pembelajaran dan hasil yang ingin dicapai,” katanya belum lama ini.


Udemy mengidentifikasi tiga tren pembelajaran utama. Pertama, menggalakkan pembelajaran berkelanjutan (continuous learning) dan menyelaraskan strategi pembelajaran dengan budaya organisasi dapat membantu meningkatkan keterlibatan karyawan dan mengatasi fenomena quiet quitting.

Kedua, menjadi agile dengan memungkinkan karyawan untuk belajar selagi bekerja akan membantu memastikan kesiapan mereka seiring dengan inovasi yang terus meningkat. Terakhir, menerapkan strategi yang bervariasi dalam penyampaian pembelajaran akan membuat seluruh bagian organisasi dan setiap pembelajar ikut serta.

The 2023 Workplace Learning Trends Report juga menyoroti keterampilan teratas yang dibutuhkan di seluruh area pembelajaran karyawan, seperti keterampilan bisnis, teknis, dan personal. Pada tahun 2022 terlihat peningkatan tahunan sebesar 49 persen dari sisi konsumsi waktu untuk keterampilan teknis.

Untuk keterampilan teknis, komputasi awan (cloud computing) tetap menjadi fokus utama yang paling banyak dikonsumsi. Topik yang terkait dengan Amazon Web Services (AWS) masuk dalam empat dari 10 keterampilan yang paling banyak dikonsumsi.

Keterampilan dan solusi untuk analisis dan keamanan data juga menempati posisi tertinggi seperti Databricks (meningkat 2.161 persen), wawancara desain sistem (meningkat 1.012 persen), dan 5G (meningkat 643 persen).

Keterampilan bisnis yang paling banyak dikonsumsi adalah pada kategori komunikasi dan kepemimpinan, dengan pertumbuhan konsumsi yang signifikan di antaranya kursus manajemen pengalaman pelanggan (meningkat 449 persen), komunikasi nonverbal (meningkat 268 persen), dan komunikasi bisnis (meningkat 211 persen).

Sementara itu dalam keterampilan personal, karyawan menyiapkan diri untuk kepemimpinan global dan ketahanan di tempat kerja (workplace resilience). Tingginya minat atas topik pengembangan personal (personal growth) mencerminkan keinginan karyawan untuk mengelola penyebab stres dengan lebih baik, termasuk kelelahan.

Keterampilan personal yang melonjak tertinggi termasuk kesadaran atau self-consciousness (meningkat 825 persen), pencarian pekerjaan (meningkat 495 persen) dan penghargaan terhadap diri sendiri atau self-esteem (meningkat 105 persen).

Baca Juga: Insurtech Qoala Masuk The Insurtech 100 2022

Baca Juga: Sony Sematkan Kemampuan Video di Alpha 7R V

Baca Juga: Redmi Pad Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya




Share To


rachli

rachli

Nov. 22, 2022, 10 a.m.


tags : Pembelajaran Platform Udemy Udemy Keterampilan 2023 Workplace Learning Trends Reports


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA