Dokumentasi.jpeg.jpg

PKBLBB 2022 di Bali Jadi Ajang Kolaborasi Ciptakan Ekosistem Kendaraan Listrik

oleh: galih Life Style Monday, 14 November 2022 10:00 a.m.


Mancode - Pameran Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (PKBLBB) 2022 terus memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat. Hal ini didukung dengan kunjungan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi beserta jajaran tinggi lainnya ke area pameran PKBLBB 2022 di Art Bali, Nusa Dua.

Di sisi lain, program edukasi dan sosialisasi kendaraan listrik kepada masyarakat yang hadir dengan tema “Kendaraan Listrik Transportasi Masa Depan” menghadirkan narasumber yang memberikan informasi menarik setiap harinya.

Di antaranya Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nizam, Kepala Dinas Perhubungan Bali, I Gede Wayan Samsi Gunarta, Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno.


“Kami terus mendorong komponen-komponen kendaraan listrik untuk dapat diproduksi dalam negeri, dengan adanya kerjasama yang baik antar pemerintah dengan instansi pendidikan diharapkan hal ini dapat terjadi dalam waktu dekat.” ujar Nizam.

Dari sisi pemerintah daerah, Samsi Gunarta menjelaskan, beragam program pemerintah pusat yang telah diimplementasi oleh pemerintah daerah untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik agar dapat tercipta lingkungan yang lebih bersih. Dalam segi keselamatan penggunaan kendaraan listrik.

“Untuk saat ini masih dalam tahap sosialisasi, namun diharapkan akan dapat terus dilakukan agar masyarakat dapat semakin yakin dan diikuti oleh beragam riset yang dapat dilakukan dengan kerjasama antara pemerintah dan instansi pendidikan terkait untuk menciptakan hasil yang maksimal.” ujar Djoko.

Selain menyuguhkan program-program menarik, memasuki penyelenggaraan hari ke-3 PKBLBB (13/11) terdapat launching Bus Listrik Merah Putih (BLiMP) yang merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang digunakan sebagai kendaraan operasional pada KTT G20 di Bali.

BLiMP merupakan karya desain Anak Bangsa dengan menggunakan komponen utama hasil penelitian dan pengembangan yang telah dikuasai oleh Indonesia. Hadir dalam peluncurannya Menteri Perhubungan Republik Indonesia serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nadiem Makarim.

PKBLBB digelar selama 11 – 16 November 2022 di Art Bali, Bali Collection, Nusa Dua Bali dan diikuti 28 Exhibitor yang terdiri dari sepeda motor listrik, mobil listrik, bus listrik, truk listrik, kendaraan konversi serta komponen pendukung kendaraan listrik berbasis baterai.

Selain pelaksanaan Exhibition setiap harinya, turut diadakan Talkshow, Test Ride dan Test Drive (roda 2 dan roda 4), Student Showcase, Community Showcase dan Entertainment.

Acara ini juga akan dihadiri oleh pelaku industri kendaraan listrik, instansi yang terkait dan secara terbuka dapat dihadiri oleh delegasi dari negara peserta KTT G20. Pameran ini akan dibuka pukul 10.00 - 21.00 WITA setiap harinya dan terbuka untuk pengunjung umum secara gratis.

Sementara, terkait akses menuju pameran, pengunjung dapat menggunakan fasilitas EV - Shuttle yang tersedia di berbagai titik, tanpa dipungut biaya.




Share To


galih

galih

Nov. 14, 2022, 10:32 a.m.


tags : PKBLBB 2022 KTT G20 Pameran Kendaraan Listrik Bali Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA