
Piala Dunia Qatar 2022 Jadi Ajang Promosi Sektor Parekraf Indonesia
oleh: rachli Travel Tuesday, 6 December 2022 11:00 a.m.
Mancode - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa perhelatan Piala Dunia Qatar 2022 bisa dimanfaatkan oleh Kemenparekraf sebagai peluang Indonesia untuk melakukan promosi pariwisata dan produk ekonomi kreatif.
“Kami berharap Piala Dunia sukses dan membawa banyak peluang serta potensi kolaborasi dan kerja sama antara kedua negara. Kita bisa ikut andil menyiapkan produk kreatif anak bangsa dan mempromosikannya kepada dunia,” kata Menparekraf saat kunjungan ke Qatar awal Desember 2022.
Bentuk promosi tersebut mengkampanyekan “It’s Time for Bali”, “Kick-off Your Wonderful Journey in Indonesia”, “Your Next Ultimate GOAL: Indonesia” dan “DIVE All The Excitement of Indonesia”, dengan bahasa Arab dan latar belakang Bali dan lima Destinasi Super Prioritas.
Kampanye tersebut dilakukan melalui publikasi media luar ruang (DOOH) di tiga titik strategis berdekatan dengan stadium World Cup di Lusail Gateways, The Torch, Al Amiri Interchange dan bus advertising dengan total estimasi viewer sebanyak 2,3 juta.
Aktivitas promosi ini diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat internasional terhadap Indonesia dan memperkuat branding Indonesia sebagai destinasi unggulan dan penghasil produk ekonomi kreatif berkualitas yang wajib dikunjungi.
Di Qatar, Menparekraf lakukan business meeting tarik minat investor dan stakeholder
Saat kunjungan, Menparekraf juga melakukan business meeting dengan Qatar Airways, Qatar Investment Authority (QIA), Power International Holding (PIH), para travel agent dan tour operator Timur Tengah, serta pertemuan dengan diaspora dan para mahasiswa atau pelajar Indonesia di Doha, Qatar.
“Berbagai pertemuan bisnis diharapkan dapat mendatangkan minat para investor dan stakeholder terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia serta dapat menjalin kerja sama dengan mitra bisnis pariwisata di Qatar untuk mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja yang ditargetkan sebanyak 1,1 juta tahun ini dan 4,4 juta di tahun 2024,” kata Menparekraf.
Pertemuan bisnis ini dilaksanakan sebagai uoaya mewujudkan resiliensi sektor pariwisata dengan semangat 3G dari Menparekraf yaitu Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber), dan Garap Semua Potensi Online (Gaspol).
Di Qatar, Menparekraf juga akan berdiskusi dengan para diaspora pelaku ekonomi kreatif, terutama sektor kuliner untuk terus mendorong kuliner Indonesia hadir di mancanegara dan memberi nilai tambah bagi Indonesia.
Menparekraf menyampaikan banyaknya diaspora Indonesia di Qatar tentu dapat membantu tercapainya program “Indonesia Spice Up the World”.
“Indonesia Spice Up the World memiliki target hingga 2024 yaitu hadirnya empat ribu restoran Indonesia di luar negeri dan juga peningkatan nilai ekspor bumbu dan rempah menjadi 2 miliar dolar AS,” kata Sandiaga.
Share To

rachli
Dec. 6, 2022, 11 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Hotel Santika BSD - Serpong Hadirkan Paket Makan Malam Spesial Imlek "Fortune Dinner"
53 1 week ago
Fortune Dinner di Hotel Santika BSD - Serpong menyajikan hidangan khas Chinese Cuisine. Sedangkan harganya Rp175 per pax.

Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan Tetap Jadi Fokus Utama Kemenparekraf di 2023
48 1 month ago
Salah satunya Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, NTT sebagai destinasi super prioritas (DPSP).

Desa Wisata Bangsring Jawa Timur Hadirkan Wisata Edukasi dan Konservasi
45 3 weeks, 6 days ago
Wisatawan dapat beraktivitas memberi makan ikan di laut, serta menanam terumbu karang sebagai upaya penguatan keberlanjutan lingkungan.
YOU MAY ALSO LIKE
Fashion Style 19 January 2023 9:00 a.m.
Imlek 2023, New Balance Hadirkan Koleksi Spesial Terinspirasi dari Shio Kelinci Air
Technology 18 January 2023 6:00 a.m.
Menilik Laptop Baru MSI Ditenagai GPU NVIDIA GeForce RTX 40 Series
Life Style 14 January 2023 22:00 p.m.
Hyundai Kembali Hadirkan Stargazer di Semarang
Life Style 28 December 2022 11:00 a.m.