FIFA World Cup Qatar 2022 Jadi Ajang Promosi Sektor Parekraf Indonesia.jpg

Piala Dunia Qatar 2022 Jadi Ajang Promosi Sektor Parekraf Indonesia

oleh: rachli Travel Tuesday, 6 December 2022 11:00 a.m.


Mancode - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan bahwa perhelatan Piala Dunia Qatar 2022 bisa dimanfaatkan oleh Kemenparekraf sebagai peluang Indonesia untuk melakukan promosi pariwisata dan produk ekonomi kreatif.

“Kami berharap Piala Dunia sukses dan membawa banyak peluang serta potensi kolaborasi dan kerja sama antara kedua negara. Kita bisa ikut andil menyiapkan produk kreatif anak bangsa dan mempromosikannya kepada dunia,” kata Menparekraf saat kunjungan ke Qatar awal Desember 2022.

Bentuk promosi tersebut mengkampanyekan “It’s Time for Bali”, “Kick-off Your Wonderful Journey in Indonesia”, “Your Next Ultimate GOAL: Indonesia” dan “DIVE All The Excitement of Indonesia”, dengan bahasa Arab dan latar belakang Bali dan lima Destinasi Super Prioritas.


Kampanye tersebut dilakukan melalui publikasi media luar ruang (DOOH) di tiga titik strategis berdekatan dengan stadium World Cup di Lusail Gateways, The Torch, Al Amiri Interchange dan bus advertising dengan total estimasi viewer sebanyak 2,3 juta.

Aktivitas promosi ini diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat internasional terhadap Indonesia dan memperkuat branding Indonesia sebagai destinasi unggulan dan penghasil produk ekonomi kreatif berkualitas yang wajib dikunjungi.

Di Qatar, Menparekraf lakukan business meeting tarik minat investor dan stakeholder

Saat kunjungan, Menparekraf juga melakukan business meeting dengan Qatar Airways, Qatar Investment Authority (QIA), Power International Holding (PIH), para travel agent dan tour operator Timur Tengah, serta pertemuan dengan diaspora dan para mahasiswa atau pelajar Indonesia di Doha, Qatar.

“Berbagai pertemuan bisnis diharapkan dapat mendatangkan minat para investor dan stakeholder terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia serta dapat menjalin kerja sama dengan mitra bisnis pariwisata di Qatar untuk mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja yang ditargetkan sebanyak 1,1 juta tahun ini dan 4,4 juta di tahun 2024,” kata Menparekraf.

Pertemuan bisnis ini dilaksanakan sebagai uoaya mewujudkan resiliensi sektor pariwisata dengan semangat 3G dari Menparekraf yaitu Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber), dan Garap Semua Potensi Online (Gaspol).

Di Qatar, Menparekraf juga akan berdiskusi dengan para diaspora pelaku ekonomi kreatif, terutama sektor kuliner untuk terus mendorong kuliner Indonesia hadir di mancanegara dan memberi nilai tambah bagi Indonesia.

Menparekraf menyampaikan banyaknya diaspora Indonesia di Qatar tentu dapat membantu tercapainya program “Indonesia Spice Up the World”.

“Indonesia Spice Up the World memiliki target hingga 2024 yaitu hadirnya empat ribu restoran Indonesia di luar negeri dan juga peningkatan nilai ekspor bumbu dan rempah menjadi 2 miliar dolar AS,” kata Sandiaga.

Baca Juga: Gelar Festival Passer Baroe 2022, Pasar Baru Jadi Desinasi Wisata Urban Jakarta

Baca Juga: Mengenal Pulau Maitara, Destinasi Wisata Terkuat di Ternate

Baca Juga: Kemenparekraf Luncurkan "Beti Dewi", Promosikan Paket Desa Wisata




Share To


rachli

rachli

Dec. 6, 2022, 11 a.m.


tags : Sektor Parekraf FIFA World Cup Qatar 2022 Menparekraf Sandiaga Uno Piala Dunia Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA