Piaggio MP3 hpe Sport Tawarkan Performa Bertenaga dan Mudah Dikendalikan.jpg

Piaggio MP3 hpe Sport Tawarkan Performa Bertenaga dan Mudah Dikendalikan

oleh: rachli Life Style Monday, 14 November 2022 11:00 a.m.


Mancode - Piaggio melalui Piaggio MP3 hpe Sport, skuter roda tiga yang belum lama ini diperkenalkan, mengedepankan evolusi terbaru dari mesin Piaggio 300 cc silinder tunggal, empat stroke, empat valve, mesin berpendingin cair dengan injeksi elektronik.

Unit ini diuntungkan dari penelitian berkelanjutan dari hasil uji coba tim riset Piaggio Group dan dikenal sebagai 300 hpe (High Performance Engine), yang bertujuan meningkatkan performa sekaligus menghemat konsuksi bahan bakar.

Dari penelitian tersebut, menghasilkan tenaga mesin maksimum mencapai 19 kW (25,8 HP) pada 7.750 rpm, dan torsi maksimum mencapai 26,1 Nm pada 6.250 rpm.


Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk mengoptimalkan keluaran termodinamika serta untuk mengurangi gesekan dan kebisingan mesin, di mana di saat yang sama meningkatkan performa dan kemampuan berkendara secara umum.

Bagian kepala adalah hasil dari tampilan yang benar-benar baru dan dicirikan oleh komponen internal yang sepenuhnya didesain ulang: geometri dan diameter saluran telah diubah, serta katup masuk dan buang, yang telah ditambahkan diameternya sebesar tiga mm.

Penggunaan piston dengan arsitektur yang didesain ulang, terutama pada bentuk bagian atas, menghasilkan ruang bakar yang sangat efisien.

Sistem camshaft tunggal dengan katup overhead memiliki rocker dengan tappet gulung, bukan tappet datar, semuanya untuk memperhalus getaran mesin, memperkuat daya tahan, dan meminimalisir kerugian mekanis.

Profil camshaft dirancang untuk mencapai angle over stroke yang lebih kuat, tetapi pada saat yang sama mampu mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh distribusi pembakaran, khususnya, lebih banyak angle over stroke valve time menjamin pengisian ruang bakar yang lebih besar, yang berarti efisiensi yang lebih baik. Akibatnya, beban dan dimensi pegas katup juga meningkat.

Pengenalan injektor multi-jet bertekanan tinggi juga membantu meningkatkan performa pembakaran. Saluran masuk yang luas, dilengkapi dengan saluran dengan panjang yang dioptimalkan, meningkatkan torsi yang dihasilkan pada putaran rendah dan memastikan pengendaraan yang sangat mulus pada kecepatan apa pun. Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, busi pengapian iridium memastikan daya tahan yang lebih besar dalam kondisi pengoperasian yang sama.

Banyaknya perubahan pada mesin juga meningkatkan keandalannya yang sudah melegenda, dan bukti nyata dari hal ini adalah fakta bahwa servis rutin dijadwalkan setiap 10.000 km.

Mesinnya dikendalikan oleh Magneti Marelli MIUG4 ECU generasi terbaru yang menampilkan kapasitas penghitungan yang lebih besar, dimana ini berkontribusi meningkatkan efisiensi mesin secara keseluruhan dan juga memungkinkan mesin untuk dihidupkan hampir seketika, setelah hanya dua putaran poros engkol.

Dengan pembaruan pada mesin, Piaggio MP3 300 hpe Sport mengadopsi sistem pengereman anti-locking ABS yang terintegrasi dengan kontrol traksi ASR (Acceleration Slip Regulation). ASR (pertama kali disematkan pada skuter oleh Piaggio) dapat dengan mudah dilepas dan menjamin keamanan dengan menjaga roda belakang agar tidak tergelincir pada permukaan berbahaya, seperti aspal basah.

Sistem ABS tiga saluran, yang dikembangkan bekerja sama dengan perusahaan ban Continental, memaksimalkan fitur keselamatan aktif, mencegah penyumbatan roda saat mengerem dan memberikan kendali penuh pada kendaraan setiap saat.

Piaggio MP3 menggunakan sistem pengereman all-disc pada ketiga rodanya, dengan diameter cakram 258 mm di depan dan 240 mm di belakang. Keamanan yang lebih baik dan pengendaraan yang lebih mulus disediakan oleh roda depan berdiameter 13 inci yang besar.

Piaggio MP3 juga menuai sukses berkat teknologi eksklusif Piaggio yang dipatenkan untuk roda depan ganda yang independen dan dapat diatur kemiringannya oleh suspensi penghubung empat batang yang unik, yang dirancang dan dikembangkan oleh Grup terkemuka di Eropa sebelum pabrikan lain di dunia untuk memastikan kenikmatan berkendara maksimal dengan keamanan yang terjamin.

Mekanisme gulungan terdiri dari empat lengan aluminium menyatu pada empat engsel yang terhubung dengan kuat ke selongsong tengah, serta dua selongsong samping terhubung ke lengan melalui poros dan bantalan bola. Di dalam lengan samping, tabung kemudi kanan dan kiri berputar dalam pengaturan lengan tunggal klasik.

Mekanisme pemblokiran untuk suspensi depan, fitur yang membedakan skuter roda tiga Italia, mengubah keseimbangan Piaggio MP3 300 hpe dari dinamis menjadi statis. Nyalakan kendaraan dan tetap seimbang di tiga roda tanpa perlu penyangga (walau tetap terpasang). Untuk melanjutkan pengendaraan normal, akselerasi atau gunakan tombol tekan khusus.

Baca Juga: Piaggio Luncurkan Piaggio MP3 hpe Sport, Varian Skuter Roda Tiga Inovatif

Baca Juga: Menilik Aprilia Tuareg 660, Produk Anyar Piaggio Indonesia

Baca Juga: Piaggio Indonesia Buka Dealer Konsep Motoplex di Padang




Share To


rachli

rachli

Nov. 14, 2022, 11 a.m.


tags : Piaggio Skuter Roda Tiga Piaggio MP3 hpe Sport Piaggio Indonesia


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE

Entertainment 22 November 2022 14:00 p.m.

Deolipa Projects Gandeng Tata Janetta dalam Konser di Bandung

Entertainment 14 November 2022 9:00 a.m.

K-Popers Sedunia Gaungkan Sayangi Hutan

Technology 6 November 2022 12:00 p.m.

Sony Perluas Jajaran Kamera Vlog Terbaru Lewat ZV-1F