Templet_Mancode_ (3).jpg

Pesona Teluk Mandeh ‘Raja Ampat’ dari Sumatera Barat

oleh: galih Travel Tuesday, 5 March 2019 17:00 p.m.


Mancode - Selain dikenal dengan kulinernya yang mendunia, Sumatera Barat ternyata menyimpan potensi destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Salah satu tujuannya adalah Teluk Mande. Destinasi ini kini banyak diperbincangkan di kalangan traveller karena memiliki pesona yang tak kalah indahnya dengan Raja Ampat di Papua Barat.

Secara administrasi, Mandeh masuk ke dalam wilayah Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Untuk melakukan perjalanan ke sana, wisatawan bisa menempuhnya dengan perjalanan darat dengan waktu tempuh sekitar dua jam dari Kota Padang. Infrastruktur jalan di sana pun bisa dibilang mulus, bahkan dikelilingi panorama alam yang cantik.

Kawasan Mandeh sendiri merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau-pulau kecil. Dari puncak kawasan Mandeh, Mancoders bisa melihat gugusan pulau yang terdiri dari Pulau Traju, Setan, Sujorong Besar dan Kecil, hingga Cubudak.


Untuk menikmati keindahan gugusan pulau tersebut, Mancoders bisa memilih paket-paket perjalanan sehari mengelilingi kawasan Mandeh yang ditawarkan pegiat wisata di sana. Seperti dilansir dari inews.om, Selasa (5/3/2019), biaya paket perjalanan tersebut cukup beragam dan disesuaikan dengan jumlah peserta yang ikut.

Umumnya, biaya per orang untuk penyewaan perahu nelayan dari Demaga Lama Carocok mulai dari Rp150 ribu. Biaya tersebut sudah termasuk biaya sewa alat snorkeling dan makan siang di Pulau Setan. Spot snorkeling di sana juga cukup terkenal dengan terumbu karang, beragam jenis ikan, dan biota laut lainnya yang memesona.

Setelah puas snorkeling, wisatawan bisa melanjutkan aktivitas yang cukup menantang, yakni cliff jump atau lompat dari tebing langsung di Pulau Sironjong. Ada beberapa pilihan ketinggian lompatan yang bisa dipilih wisatawan, mulai dari ketinggian 5 – 20 meter. Terdapat anak tangga yang disediakan untuk mencapai puncak tebing tersebut.

Sebagai penutup perjalanan, wisatawan bisa menikmati atau melihat matahari tebenam di Puncak Mandeh. Di sana terdapat area khusus untuk melihat beberapa gugusan pulau di Teluk Mandeh. Aktivitas tersebut pun menjadi menu wajib wisatawan ketika bertandang ke destinasi yang telah menjadi Kawasan Wisata Terpadu oleh Presiden Jokowi pada 10 Oktober 2015 ini. Bagaimana, tertarik mengeksplor Teluk Mandeh?

Baca Juga: Wisata Kota Malang untuk Traveler Penggemar Suasana Alami

Baca Juga: 5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Jogja

Baca Juga: Ingin Kunjungi Tempat Angker Bandung? Kunjungi Lokasi Ini!




Share To


galih

galih

March 5, 2019, 5 p.m.


tags : Liburan Teluk Mandeh Teluk Mandeh Travel Tempat Wisata Pantai Teluk Mandeh Sumatera Barat


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA