Peringatan HAN.jpg

Pesan Jokowi di Hari Anak Nasional 2020

oleh: galih Life Style Thursday, 23 July 2020 12:00 p.m.


Mancode – Bangsa Indonesia, hari ini, 23 Juli 2020 memperingati Hari Anak Nasional (HAN). Peringatan ini merujuk pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia (RI) Nomor 44 tahun 1984. Di dalam Keppres tersebut ditetapkan bahwa setiap 23 Juli diperingati sebagai HAN.

Melihat dari sejarahnya, Keppres tersebut berawal dari gagasan mantan Presiden Soeharto yang melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa. Presiden kedua RI ini ingin mengajak seluruh warga untuk memperingati sekaligus mewujudkan dunia anak yang lebih baik.

Pada momen ini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan pesan khusus bagi anak-anak di Indonesia dalam cuitannya di akun media sosial Twitter @jokowi.

“Pesan untuk anak-anakku di seluruh Tanah Air: sabar. Sekarang ini, anak-anak sedang belajar hal baru: beradaptasi dengan kebiasaan baru. Tetap semangat belajar dari rumah, tetap sehat, dan bergembira. Semoga pandemi ini segera berlalu,” tulisnya.

Orang nomor satu di Indonesia juga merasa sangat prihatin di peringatan HAN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya dampak pandemi Covid-19. Dia mengajak seluruh pihak melindungi anak Indonesia. Mengingat harapan bangga ada di pundak mereka.

“Lebih 70 juta anak Indonesia merasakan dampak pandemi Covid-19. Mereka tak bebas bermain bersama kawan sebaya, dan sebagian harus belajar dari rumah. Mereka harus terlindungi. Di pundak anak-anak ini, terpanggul harapan akan Indonesia maju. Selamat Hari Anak Nasional 2020,” tulisnya lagi dalam postingan lain.

Sementara mengutip pedoman pelaksaaan HAN 2020 yang diterbitkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, berbeda dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan HAN tahun ini menghadapi tantangan karena adanya pandemi Covid-19.

Berdasarkan tantangan tersebut, tema yang diangkat HAN tahun ini adalah Anak Terlindungi, Indonesia Maju dengan tagline #AnakIndonesiaGembiradiRumah. Hal ini sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurut komitmen untuk tetap melaksakan HAN tahun ini secara virtual, tanpa mengurangi makna HAN.

“Diharapkan peringatan HAN yang dikemas secara online dapat menjangkau lebih banyak anak dari 34 provinsi di Indonesia termasuk Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK),” tulis dalam pedoman pelaksaan HAN 2020.

Peringatan HAN di masa pandemi Covid-19 ini sejatinya memang harus menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa. Mulai dari orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa, hingga pemerintah terhadap pemenuhan hak serta perlindungan khusus anak.

Baca Juga: Keterlaluan! Pria Asal Prancis ini Cabuli Ratusan Anak Indonesia

Baca Juga: Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi

Baca Juga: Mengulik Sejarah dan Inisiator Hari Keluarga Nasional


Share To


galih

galih

July 23, 2020, noon


tags : Anak Indonesia Presiden Jokowi Peringatan Hari Anak Nasional Joko Widodo Hari Anak Nasional Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'