Pertegas Dukung UMKM, ShopeePay Luncurkan Buku Panduan UMKM.jpg

Pertegas Dukung UMKM, ShopeePay Luncurkan Buku Panduan UMKM

oleh: rachli Shopping Tuesday, 26 April 2022 8:00 a.m.


Mancode - ShopeePay bersama ukmindonesia.id, organisasi yang berfokus pada pemberdayaan UMKM dan beroperasi di bawah naungan Fakultas Bisnis dan Ekonomi Universitas Indonesia (FEB UI), meluncurkan buku panduan UMKM ‘Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay’.

Buku panduan ini hadir sebagai panduan UMKM gratis bagi pelaku UMKM di Indonesia. Buku panduan ini berisikan pedoman yang dapat membantu pelaku UMKM memulai suatu bisnis atau mengembangkan bisnisnya untuk dapat bangkit dari situasi pandemi, di antaranya melalui teknologi.

CEO ukmindonesia.id Gilang Ageng mengatakan, buku ini merupakan salah satu bentuk nyata upaya ukmindonesia.id dan ShopeePay untuk membantu meningkatkan kapasitas kewirausahaan UMKM di Indonesia, dalam upaya mengantarkan UMKM untuk dapat naik kelas.


“Dengan berfokus pada digitalisasi UMKM yang tertuang dalam beragam materi, buku panduan ini memberikan ilmu pengetahuan yang mendasar, terstruktur, dan mengikuti perkembangan teknologi bagi pelaku UMKM mana pun yang ingin mengembangkan bisnisnya,” jelasnya, Senin (25/4/2022).

Hal senada juga disampaikan oleh Eka Nilam Dari selaku Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay. Menurutnya, ShopeePay mengerti bahwa pelaku UMKM kerap dihadapi dengan berbagai tantangan dalam mengembangkan bisnisnya.

“Melalui buku panduan ini, kami ingin menghadirkan seperangkat pedoman yang dapat membantu siapapun dalam memulai suatu bisnis atau mengembangkan bisnisnya untuk dapat bangkit di situasi pandemi. Kami percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika dilakukan bersama,” katanya.

Pertegas Dukung UMKM ShopeePay Luncurkan Buku Panduan UMKM.jpg

Bagian dari program Semangat UMKM Lokal

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM di Indoensia memegang peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi di masa pandemi, serta berkontribusi hingga 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

Namun, situasi pandemi juga telah memberikan dampak signifikan terhadap kondisi UMKM di Indonesia, dan pelaku UMKM kerap dihadapi dengan berbagai tantangan untuk kembali bangkit dan mengembangkan bisnisnya.

Buku panduan ini merangkum berbagai kiat sukses yang dapat berguna bagi pelaku UMKM dan dijabarkan dalam lima bab. Beragam topik yang dibahas dalam buku panduan ini, antaranya rumus membangun branding untuk perluas pasar.

Selain itu, terhadapat pembahasan soal strategi penentuan harga juga produk, strategi promosi melalui kanal digital, strategi kolaborasi untuk tingkatkan penjualan, dan strategi mengembangkan bisnis dengan ekosistem digital.

Buku panduan ini juga merupakan bagian dari program Semangat UMKM Lokal yang diinisiasi ShopeePay untuk mendorong perkembangan UMKM sejak Maret 2021, dan dapat diunduh secara gratis oleh pelaku usaha mana pun melalui tautan di akun Instagram ukmindonesiaid.

Baca Juga: ShopeePay Hadirkan Fitur dan Promo Kembangkan Merchant

Baca Juga: Kolaborasi Lazada Smoot Wujudkan Pengiriman Paket Ramah Lingkungan

Baca Juga: Upaya ShopeePay Dorong Bangkitnya UMKM Lokal di Tengah Pandemi




Share To


rachli

rachli

April 26, 2022, 8 a.m.


tags : Buku Panduan ukmindonesia.id ShopeePay UMKM


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA