David-Belle.jpg

Perjuangan David Belle Memopulerkan Olahraga Parkour

oleh: galih History Friday, 15 March 2019 9:00 a.m.


Parkour menjadi salah satu olahraga ekstrem yang terkenal dengan gerakan-gerakan yang indah dan ekstrem. Melompat, dan berpindah dari tempat satu ke tempat lain dengan gesit hanya mengandalkan kemampuan badan. Ya, itulah sedikit gambaran tentang gerakan parkour yang telah mendunia tersebut. Tapi, tahukah kamu siapa sih penemu sekaligus yang memopulerkan parkour?

Adalah David Belle, sosok pertama yang membuat olahraga ekstrem parkour mendunia. Dilansir dari superadventure.co.id, Jumat (15/3/2019), pria berdarah Perancis kelahiran 29 April 1973 ini melahirkan parkour karena terinspirasi dari sang ayahnya bernama Raymond Belle, prajurit yang bertugas sebagai pemadam kebakaran militer Perancis.

Baca Juga: Komunitas Ini Jadi Wadah Penggemar Parkour di Jakarta

David-Belle-Memopulerkan-Olahraga-Parkour.jpg

Awalnya, sang ayah memperkenalkannya pada latihan methode naturalle dan juga latihan halang rintang. Gerakan tersebut ternyata membuat Belle tertarik untuk mendalaminya. Setiap pulang sekolah, Belle berlatih memainkan skenario meloloskan diri dari situasi yang sulit, dengan rintangan alam yang natural.

Pada 1984, tepatnya pada saat Belle menginjak usia 11 tahun, ia pindah ke Kota Lisses, Perancis. Di kota inilah, dia menemukan teman dan membentuk grup parkour bernama Yamakasi. Bersama grup ini, Belle dan teman-temannya berlatih mendalami gerakan-gerakan parkour.

Eksistensi group ini ternyata banyak menjadi inspirasi orang dalam olahraga ekstrem parkour. Sejak saat itulah, parkour mulai diperkenalkan ke seluruh dunia. Olahraga ekstrem parkour pun semakin mendunia berkat salah satu video Belle berjudul Speed Air Man.

Dalam video tersebut, ‘dewa’ parkour ini menunjukkan kemampuan atau skill-nya. Banyak yang kagum akan aksi dari Belle. Termasuk sutradara film asal Perancis, yaitu Hubert Kounde. Berkat sutradara tersebut, Belle mulai mengembangkan sayapnya ke dalam dunia akting. Mulai dari membintangi iklan hingga layar lebar pernah dirasakan Belle.

Baca Juga: Bentuk Otot Tubuh Ideal dengan Olahraga Kalistenik

Belle juga kerap kali ditunjuk untuk memerankan stuntman dalam sejumlah film ternama. Sudah banyak film yang menggunakan jasanya menjadi stuntman. Sejauh ini, ada 11 judul film yang pernah diperankan oleh David Belle. Sebut saja film Babylon A.D. dan Malavita. Kedua film Hollywood tersebut memang memiliki kualitas yang bagus.

Bagaimana, kamu tertarik menggeluti olahraga ekstrem parkour? Di Indonesia sendiri sudah banyak bermuncukan komunitas pencinta parkour. Kamu bisa mengenal dan merasakan sensasi olahraga ekstrem ini. Selamat mencoba guys.


Share To


galih

galih

March 15, 2019, 9:38 a.m.


tags : Parkour David Belle David Belle Olahraga Parkour History


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 19 November 2019 17:00 p.m.

Cara Menenangkan Wanita yang Emosi

Entertainment 19 November 2019 17:00 p.m.

Hal Terserah Jadi Single Terbaru Primela Anjar

Entertainment 19 November 2019 16:00 p.m.

LANGIT Rilis Single Debut 'Tentukan Arah'

Entertainment 19 November 2019 15:00 p.m.

‘Mengalah’ Menjadi Single Perdana Tival