Pemerintahan-Nazi-Adolf-Hitler.jpg

Peristiwa Bersejarah Adolf Hitler Jadi Kanselir Jerman

oleh: inggil History Thursday, 30 January 2020 15:00 p.m.


Mancode - 87 tahun lalu atau tepatnya pada 30 Januari 1933, menjadi peristiwa bersejarah untuk Adolf Hitler. Dikenal banyak orang sebagai seorang politisi dan Ketua Partai Nazi ini disumpah untuk menjadi seorang Kanselir Jerman. Hitler menjabat sebagai Kanselir Jerman selama 12 tahun, dari 1933 hingga 1945. Selama ia menjabat banyak peristiwa-peristiwa bersejarah seperti Perang Dunia II dan Holocaust.

Dilansir dari History, pada 1932 sosok Adolf Hitler mulai banyak dikenal orang Jerman. Hal ini juga bersamaan dengan perekonomian Jerman yang hancur dan suram. Kekalahan pada Perang Dunia 1 dan persyaratan perdamaian yang merugikan dan perjanjian Versailles pun menjadi penyebabnya.

Kisah-Adolf-Hitler.jpg

Atas kondisi itu, banyak masyarakat yang merasa tidak puas dengan kepemimpinan Paul Von Hindenburg. Melihat hal itu, Hitler pun memanfaatkannya untuk meraih dukungan bagi Partai Nazi. Hasilnya, dalam pemilu yang diadakan pada Juli 1932, Nazi memenangi 230 kursi pemerintahan bersama dengan Partai Komunis.

Munculnya Hitler menjadi Kanselir Jerman pun menjadi titik balik penting bagi Jerman dan dunia. Bersama dengan sebagian penduduk Jerman, mereka berencana membuat Jerman semakin kuat dan bersatu dalam satu partai.

Salah satu cara Hitler untuk mewujudkannya yaitu dengan cara melakukan ekspansi ke kepolisian Jerman, Gestapo dan menempatkan Hermann Goering untuk bertanggung jawab atas pasukan keamanan pemerintahan barunya. Sejak saat itu, Nazi mulai berjalan dan tidak ada satupun yang bisa menghentikannya.

Adolf-Hitler.jpg

Di bawah kepemimpinan Hitler pada 1941 membuat pasukan Jerman dan sekutu Eropanya menduduki sebagian besar Eropa dan Afrika Utara. Tahun 1943 pun Jerman terpaksa bertahan diri dan mengalami serangkaian kekalahan dalam pertempuran.

Pada hari-hari terakhir perang, Hitler menikahi kekasih lamanya, Eva Braun pada 1945. Tanggal 30 April 1945 keduanya pun bunuh diri agar tidak ditangkap Angkatan Darat Merah, lalu mayatnya kemudian dibakar.

Baca Juga: Menilik Sejarah Diperingatinya Hari Pramuka Indonesia


Share To


inggil

inggil

Jan. 30, 2020, 3 p.m.


tags : Jerman Nazi Adolf Hitler Kanselir Jerman


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA