Templet_Mancode_ (3).jpg

Peringati Hari Batik Nasional, Google Buat Logo Motif Batik

oleh: rachli Entertainment Wednesday, 2 October 2019 14:00 p.m.


Mesin pencari internet terbesar dunia, Google, turut serta menyemarakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2019. Hal tersebut ditunjukannya dengan merubah tampilan logo Google bermotif batik.

Namun, yang menarik dari tampilan Google hari ini adalah motif logo tersebut bukan hasil dari rekayasa komputer. Google membuat motif batik di logonya dengan menggunakan kain putih yang diwarnai pigmen alami, nila, dan oranye.

Merangkum dari laman Google, motif batik berwarna biru pada logo Google itu dibuat oleh seniman Lydia Nichols. Dirinya membuat motif batik dengan belajar langsung bagaimana proses pembuatan batik.

Dalam membuat motif batik pada logo Google, pertama-tama Lydia mengoleskan lilin ke kain muslin. Kemudian, kain tersebut dicelupkan ke air yang telah diberikan osage oranye sehingga menimbulkan warna kuning muda.

Lydia kembali melapisi kain muslin dengan lilin kedua menggunakan canting. Selanjutnya, kain diberikan pewarna indigo, dan karena proses oksidasi, warna yang tadinya hijau berubah menjadi warna biru.

Selanjutnya, kain direbus untuk menghilangkan lilin. Setelah lilin pada kain naik dan mengeras, kain kemudian digantung hingga kering. Setelah selesai, kain kemudian dipercantik menjadi draft doodle yang hasilnya bisa dilihat pada laman utama.

Diperingatinya Hari Batik Nasional ini sendiri bermula saat batik diakui pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-Benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Pada sidang tersebut, batik resmi terdaftar sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia dari UNESCO. Sebelum batik, UNESCO juga mengakui keris dan wayang sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia.

Atas pengakuan UNESCO tersebut yang menjadi dasar pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Tidak hanya itu, pada tanggal 2 Oktober itu batik diakui secara internasional dalam sidang terbuka.

Setelah diakui, Preside  Susilo Bambang Yudhoyono membuat Keputusan Presiden atau Keppres Hari Batik Nasional. Hari Batik Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009.

Baca Juga: Sejarah Tercetusnya Hari Batik Nasional


Share To


rachli

rachli

Oct. 2, 2019, 2:37 p.m.


tags : Hari Batik Nasional Lydia Nichols Batik Unesco


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 11 December 2019 17:00 p.m.

Blibli.com Siapkan Ragam Penawaran Akhir Tahun

Travel 10 December 2019 15:00 p.m.

5 Lokasi Wisata Berkonsep Glamping

Life Style 10 December 2019 15:00 p.m.

Apa Benar Orang Malas adalah Orang yang Kreatif?