Peringati 10 Tahun Berkarya, Tulus Rilis Album Baru ‘Manusia'.jpg

Peringati 10 Tahun Berkarya, Tulus Rilis Album Baru ‘Manusia’

oleh: rachli Entertainment Monday, 7 March 2022 8:00 a.m.


Mancode - Setelah mengeluarkan lagu baru berjudul Tujuh Belas, penyanyi Muhammad Tulus Rusydi atau akrab disapa dengan Tulus, belum lama ini kembali menyapa para penikmat musik tanah air dengan merilis album baru berjudul Manusia.

Album baru ini dirilis bertepatan dengan perayaan 10 tahun Tulus berkarya di industri musik tanah air. Soal nama judul album Manusia, menurut Tulus karena album baru ini merepresentasikan dari lagu-lagu yang ada di dalamnya.

Setidaknya, ada 10 daftar lagu dalam album baru yang dikerjakan selama kurang lebih dua tahun ini. Selain itu, olah kata dalam lirik yang semakin matang dan pengedepanan keeleganan bahasa Indonesia, melalui album baru ini Tulus meneruskan perjalanan musiknya lewat ragam lagu unik.


“Warna musik yang baru di album ini merupakan hasil kolaborasi dengan ratusan talenta,” jabar Tulus menjelaskan soal album baru Manusia.

Di sisi lain, semangat menjaga jiwa muda di tengah dinamika hati dan rasa, dilanjutakan dengan pertanyaan tentang hidup, apresiasi diri, hingga ragam emosi dalam merayakan kehidupan, merupakan sepenggal dari luasnya sudut pandang penulisan lagu dalam album ini.

Bicara proses pembuatannya, Tulus bekerja sama dengan Ari Renaldi, produser yang telah menghasilkan multipel karya bersama. Tulus juga menulis lagu dengan kolaborasi bersama Dere, Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul.

Selain itu, beberapa di antara lagu dalam album ini, semakin disempurnakan oleh orkestrasi brilian dari Erwin Gutawa. Puluhan sessionist profesional, paduan suara, hingga orkestrasi besar turut terlibat dalam pembuatan album Manusia.

Album ini dirilis bersamaan dengan musik video lagu Tujuh Belas, nomor pembuka yang segera disusul sembilan lagu lainnya. ragam ilustrasi visual juga sudah dipersiapkan untuk terus mengembangkan derap langkah perjalanan karya Tulus dalam bermusik.

“Semoga lagu-lagu dalam album ini tumbuh besar dan membesarkan semua hati yang mendengarkan,” harap Tulus.

Saat ini, album Manusia sudah bisa dinikmati di berbagai toko musik digital.

Baca Juga: Menuju Perilisan Album Baru, Tulus Melepas Lagu ‘Tujuh Belas’

Baca Juga: "Ingkar", Lagu Galau Terbaru dari Tulus

Baca Juga: Penuh Nuansa Cinta, Musisi Jesenn Rilis Album Debut ‘Jilid 1’




Share To


rachli

rachli

March 7, 2022, 8 a.m.


tags : Tulus Tujuh Belas Album Baru ‘Manusia’ Industri Musik Rilis Album


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA