Slide1.JPG

Peringatan Hari Stroke Dunia

oleh: fachrul Life Style Tuesday, 29 October 2019 8:00 a.m.


Hari Stroke Dunia diperingati setiap tanggal 29 Oktober yang digagas oleh World Stroke Organization (WSO). Tujuan diperingati hari tersebut adalah untuk mengingatkan masyarakat akan bahayanya penyakit stroke sehingga lebih perduli pada kesehatan agar dapat terhindar dari stroke.

Menurut WHO, penyakit stroke adalah gejala-gejala defisit fungsi saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak, bukan oleh sebab lainnya. Gangguan fungsi saraf pada stroke diakibatkan oleh gangguan peredaran darah otak non traumatik.

Usia tua lebih mudah pula terkena stroke dibanding usia muda. Laki-laki lebih mudah terkena stroke dibanding perempuan. Ras kulit berwarna lebih mudah terkena stroke dibanding ras kulit putih. Seseorang dengan riwayat keluarga stroke memiliki risiko yang lebih besar pula untuk terkena stroke. Berbagai faktor risiko stroke tersebut adalah faktor risiko yang tidak dapat diubah.

Stroke disebabkan oleh akumulasi faktor risiko stroke. Faktor risiko stroke ada yang tidak dapat diubah dan ada yang dapat diubah. Faktor risiko stroke yang tidak dapat diubah adalah usia, jenis kelamin, ras, riwayat keluarga dan riwayat stroke sebelumnya.

Faktor risiko stroke ada pula yang dapat diubah. Faktor risiko stroke yang utama adalah hipertensi. Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa 60-70 persen pasien stroke menderita hipertensi pada saat masuk RS. Masalah yang umum dijumpai adalah ketidaktahuan dan ketidakpedulian sebagian besar anggota masyarakat tentang hipertensi.

Hipertensi akan membunuh penderita secara diam-diam dan perlahan, hampir tanpa gejala. Ketika disadari, komplikasi hipertensi sudah sedemikian parahnya (misalnya: penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal).

Faktor risiko stroke lain yang dapat diubah adalah diabetes, kadar kolesterol darah yang tinggi, kegemukan, merokok, gangguan tidur, dan kekentalan darah yang berlebih. Sama dengan hipertensi, maka seringkali faktor risiko stroke tersebut diabaikan dan kurang terkelola dengan baik.

Stroke merupakan penyebab disabilitas nomor satu dan penyebab kematian nomor dua di dunia setelah penyakit jantung baik di negara maju maupun negara berkembang.

Duta kampanye World Stroke Campaign di antaranya pemain Cricket asal India Sunil Gavaskar, mantan Miss Egypt Dalia El Behery dan pengendara sepeda Alberto Contador.

Baca Juga: Tokimonsta, DJ Cantik yang Sembuh dari Penyakit Mematikan


Share To


fachrul

fachrul

Oct. 29, 2019, 8 a.m.


tags : Penyakit Hipertensi Stroke Hari Stroke Dunia World Stroke Day


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 14 November 2019 10:00 a.m.

Berkompetisi ke Amerika lewat Honda DBL Camp 2019

Technology 13 November 2019 16:00 p.m.

Disney Plus Resmi Dirilis, Ini Kelebihannya!

Technology 13 November 2019 15:00 p.m.

Irdeto dan Amlogic Luncurkan Netflix Hailstorm Hybrid

Entertainment 13 November 2019 13:00 p.m.

Tampilan Baru Sonic Hedgehog dapat Respon Positif