Hari-Kesehatan-Nasional.jpg

Isu Stunting dan Jamkesnas pada Hari Kesehatan Nasional 2019

oleh: inggil History Tuesday, 12 November 2019 13:00 p.m.


Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diadakan setiap tanggal 12 November, kali ini telah menginjak usia ke-55. Di tahun 2019, ini HKN mengangkat sebuah isu Stunting dan Jamkesnas, bersama Kementrian Kesehatan dan beberapa dinas kesehatan daerah merayakannya dengan upacara. Tema tahun ini pun bertajuk Generasi Sehat Indonesia Unggul.

Pengambilan tema tersebut sesuai dengan amanat yang diberikan presiden tentang memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Dilansir dari sambutan Menteri Kesehatan, ada dua isu kesehatan yang harus diselesaikan terkait membangun SDM itu yakni stunting dan jaminan kesehatan nasional.

Arti stunting ialah kondisi tubuh seseorang yang mengalami tubuh lebih pendek dibanding dengan orang seusianya. Kondisi ini disebabkan oleh kekurang gizi kronis sejak bayi. Sebelumnya, dalam lima tahun terakhir angka stunting telah berhasil diturunkan hingga 10 persen, tetapi stunting masih menjadi permasalahan serius yang dihadapi masyarakat.

Sedangkan, pada jaminan kesehatan sendiri juga masih menuai banyak permasalahan. Jaminan kesehatan seperti BPJS misalnya yang selalu ada saja masalah tiap waktunya. Dalam mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya inovasi-inovasi kesehatan yang lebih lagi.

Tidak hanya dua isu saja yang akan menjadi fokus Kemenkes dalam lima tahun mendatang. Tapi juga masalah terkait tingginya harga obat dan alat kesehatan, serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

Momentun HKN ke-55 ini juga menjadi pengingat bagi publik, akan pentingnya kesehatan serta terjalinnya kerja sama yang baik dari berbagai pihak, baik, pemerintah, swasta, dan masyarakat itu sendiri.

Di beberapa daerah Indonesia, peringatan HKN juga dirayakan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti Kelas Ibu Hamil, Senam Massal, Pameran Kesehatan, Deteksi Dini Penyaki Tidak Menular, serta Sunatan Massal.

Baca Juga: Program Basmi Malaria Lahirkan Hari Kesehatan Nasional

Baca Juga: Awal Diperingatinya Hari Kesehatan Jiwa Sedunia


Share To


inggil

inggil

Nov. 12, 2019, 1 p.m.


tags : BPJS Hari Kesehatan Nasional Hari Kesehatan Nasional 2019 HKN2019


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 25 September 2020 12:00 p.m.

Davina Raja Rilis “Berharap Tak Berpisah” Versi Galau

Entertainment 25 September 2020 9:00 a.m.

Mahen Luncurkan Single Terbaru “Datang Untuk Pergi”

Life Style 25 September 2020 7:00 a.m.

BMW M 1000 RR Bertenaga Gahar Debut Global