Perdana Hadir, Gelaran FLOII Convex 2022 Capai Nilai Transaksi 4,5 Miliar.jpg

Perdana Hadir, Gelaran FLOII Convex 2022 Capai Nilai Transaksi 4,5 Miliar

oleh: rachli Life Style Wednesday, 19 October 2022 10:00 a.m.


Mancode - Floriculture Indonesia International (FLOII) Convex 2022, pameran dan konferensi perdana florikultura di Indonesia ini berhasil mendatangkan lebih dari 5.000 pengunjung dan total transaksi mencapai 4,5 miliar rupiah dengan penjualan lebih dari 4.000 tanaman.

Melihat kondisi itu, Rosy Apriyanti selaku Ketua Perhimpunan Florikultura Indonesia menyampaikan rasa senang atas respon positif dari berbagai pihak baik pengunjung maupun peserta pameran terhadap terselenggaranya acara FLOII Convex pada 14-16 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center.

“Kami juga mendapatkan kehormatan dikunjungi Menteri dan Kapolda Metro Jaya yang merupakan bentuk dukungan dan apresiasi terhadap acara ini. Semoga dukungan dari pemerintah ini terhadap industri tanaman hias dapat berkelanjutan,” ucapnya, Selasa (18/10/2022).


Selama penyelenggaraan, FLOII Convex menghadirkan lebih dari 90 peserta pameran, empat sesi konferensi, empat sesi talkshow, dua workshop, serta kontes dan lelang tanaman. Pada kontes tanaman yang diikuti sekitar 300 peserta dan terbagi menjadi empat kategori yaitu Adroid, Aglaonema, Platycerium, dan Sansevieria ini berhadiah Rp 300 juta.

Selain itu, Ada juga 72 tanaman yang dilelang dengan bid tertinggi mencapai Rp 61 juta dengan jenis tanaman encephalartos hirsutus. FLOII Convex juga turut menarik minat dari buyers mancanegara yang datang dari Singapura, Filipina, India hingga Kolombia.

Turut hadir juga Japanese plant enthusiast, Kunzo Nishihata dari Jepang, Irene Chen, youtuber Plant and Garden dari Malaysia, dan Sean William, youtuber asal Singapura. Kehadiran mereka menambah antusiasme para penggemar tanaman hias yang sudah lama menyaksikan kiprah mereka di dunia maya.

Pameran ini menghadirkan koleksi tanaman yang unik dan langka dari berbagai wilayah di Indonesia dan dunia. Ketertarikan pengunjung untuk mengoleksi tanaman hias nampak cukup beragam, baik untuk jenis tanaman Anggrek, Aroid, Aglaonema, Kaktus, Anthurium, Carnivorous, Sansevieria, maupun jenis tanaman lainnya. Harga yang ditawarkan juga mulai dari Rp 50 ribu hingga puluhan juta rupiah.

Bukan sekadar tren, jadikan koleksi tanaman hias sebagai gaya hidup

Ditemui di FLOII, Sean William, salah seorang Plant Enthusiast and Youtuber dari Singapura mengatakan, pada dua tahun belakangan banyak penggemar tanaman hias yang berburu Aroid sehingga harganya bergerak liar dan tinggi, namun kini harganya kembali normal dan stabil.

Harga yang kembali melandai tersebut membuat para penggemar tanaman hias jenis lain semisal Aglaonema atau Carnivorous kembali menekuni kesukaan masing-masing.

"Kemarin yang sempat booming Aroid jenis Philodendron dan Monstera, dan sekarang sebenarnya untuk permintaan jenis tanaman Anthurium ini sudah puncaknya. Tapi, kalau saya melihat berdasarkan pelaksanaan pameran ini penikmat tanaman hias sudah mulai terpencar, sudah ke passion masing-masing," kata dia.

Menurutnya, tanaman hias jenis Aglaonema merupakan yang paling stabil harga jualnya, tidak naik signifikan dalam waktu cepat. Meskipun ada beberapa jenis tertentu harganya cukup tinggi, seperti jenis Golden Hope yang harganya mencapai Rp 110 juta.

"Sebaiknya tanaman hias tidak dijadikan tren, namun menjadi lifestyle (gaya hidup). Kalau tren, ada kalanya naik dan ada waktunya turun. Kalau tanaman hias menjadi lifestyle tentu akan momentum untuk naik walaupun sedikit, kan menjadi sustainable," tambah Sean.

Baca Juga: FLOII 2022 Sukses Digelar, Tampilkan Keanekaragaman Tanaman Hias

Baca Juga: Menilik Potensi Sektor Usaha Tanaman Hias di Ajang FLOII 2022

Baca Juga: FLOII 2022 Tampilkan Tanaman Unik dan Langka Seharga Rp 100 Juta Lebih




Share To


rachli

rachli

Oct. 19, 2022, 10 a.m.


tags : FLOII Convex 2022 Nilai Transaksi JCC Floriculture Indonesia International Convex


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE