ML.jpg

Penyebab Malas Berhubungan Seks

oleh: fachrul Life Style Friday, 27 March 2020 9:00 a.m.


Mancode.id - Libido rendah menggambarkan penurunan minat dalam aktivitas seksual. Wajar jika kehilangan minat dalam seks dari waktu ke waktu, dan tingkat libido bervariasi sepanjang hidup. Begitu pula, jika minat kamu tidak sejalan dengan pasanganmu saat ini juga termasuk hal yang normal.

Namun, libido rendah untuk jangka waktu yang lama dapat menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian orang. Kadang-kadang bisa menjadi indikator kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab libido rendah pada pria:

Testosteron rendah

Testosteron adalah hormon pria yang penting. Pada pria, sebagian besar diproduksi di testis. Testosteron bertanggung jawab untuk membangun otot dan massa tulang, dan untuk merangsang produksi sperma. Tingkat testosteron kamu juga menjadi faktor dorongan seksualmu.

Tingkat testosteron normal akan bervariasi. Namun, pria dewasa dianggap memiliki testosteron rendah, atau T rendah, ketika kadar mereka turun di bawah 300 nanogram per desiliter (ng/dL), menurut pedoman American Urological Association (AUA).

Ketika kadar testosteron kamu menurun, hasratmu untuk bercinta juga berkurang. Mengurangi testosteron adalah bagian normal dari penuaan. Namun, penurunan testosteron yang drastis dapat menyebabkan penurunan libido.

Bicaralah dengan doktermu jika kamu pikir ini mungkin menjadi masalah bagi kalian. Kamu mungkin dapat mengonsumsi suplemen atau gel untuk meningkatkan kadar testosteronmu.

Mengonsumsi obat yang salah

Minum obat tertentu dapat menurunkan kadar testosteron, yang pada akhirnnya dapat menyebabkan libido rendah. Misalnya, obat-obatan tekanan darah seperti ACE inhibitor dan beta-blocker dapat mencegah ejakulasi dan ereksi.

Obat lain yang dapat menurunkan kadar testosteron di antaranya:

- Kemoterapi atau perawatan radiasi untuk kanker

- Hormon yang digunakan untuk mengobati kanker prostat

- Kortikosteroid

- Penghilang rasa sakit opioid, seperti morfin (MorphaBond, MS Contin) dan oxycodone (OxyContin, Percocet)

- Obat antijamur yang disebut ketoconazole

- Cimetidine (Tagamet), yang digunakan untuk sakit maag dan gastroesophageal reflux (GERD)

- Steroid anabolik, yang dapat digunakan oleh atlet untuk meningkatkan massa otot antidepresan tertentu

Jika kamu mengalami efek testosteron rendah, konsultasikan dengan doktermu. Mereka mungkin menyarankanmu untuk beralih obat.

Baca Juga: Manfaat Sering Melakukan Hubungan Seks

Restless legs syndrome (RLS)

Restless legs syndrome (RLS) adalah dorongan tak terkendali untuk menggerakkan kaki kamu. Sebuah studi menemukan bahwa pria dengan RLS berisiko lebih tinggi untuk mengalami disfungsi ereksi dibandingkan pria tanpa RLS. Disfungsi ereksi terjadi ketika seorang pria tidak dapat memiliki atau mempertahankan ereksinya.

Dalam studi tersebut, para peneliti menemukan bahwa pria yang memiliki kejadian RLS setidaknya lima kali per bulan adalah sekitar 50 persen lebih mungkin untuk mengembangkan disfungsi ereksi daripada pria tanpa RLS. Juga, pria yang memiliki episode RLS lebih sering bahkan lebih mungkin menjadi impoten.

Depresi

Depresi mengubah semua bagian kehidupan seseorang. Orang dengan depresi mengalami berkurang atau sama sekali tidak tertarik pada kegiatan yang pernah mereka temukan menyenangkan, termasuk seks.

Libido rendah juga merupakan efek samping dari beberapa antidepresan seperti:

- Inhibitor reuptake serotonin-norepinefrin (SNRI), seperti duloxetine (Cymbalta).

- Inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI), seperti fluoxetine (Prozac) dan sertraline (Zoloft).

Namun, bupropion norepinefrin dan dopamin reuptake inhibitor (NRDI) (Wellbutrin SR, Wellbutrin XL) belum terbukti mengurangi libido.

Penuaan

Tingkat testosteron, yang terkait dengan libido, berada pada tingkat tertinggi ketika pria berusia di akhir belasan.

Di masa tuamu, mungkin butuh waktu lebih lama untuk mengalami orgasme, berejakulasi, dan menjadi terangsang. Ereksi kamu mungkin tidak sekeras dulu, dan mungkin butuh waktu lebih lama bagi penismu untuk ereksi. Kini, obat-obatan yang tergolong aman sudah tersedia dan dapat membantumu mengobati masalah ini.

Baca Juga: Risiko dari Seks Oral

Baca Juga: 4 Minuman yang Bisa Meningkatkan Gairah Seks


Share To


fachrul

fachrul

March 27, 2020, 9 a.m.


tags : Seks Riset Tips


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 29 September 2020 7:00 a.m.

16 Tahun Berkarya, Kotak Rilis Album “Identitas”

Entertainment 28 September 2020 14:00 p.m.

Mike Tyson Akan Berbagi Kisah Hidupnya di Mola Living Live

Technology 28 September 2020 11:00 a.m.

McAFee Perkenalkan Teknologi Baru Keamanan Digital