Transformasi-Digital-McAfee.jpg

Pentingnya Membangun Budaya Digital yang Baik

oleh: galih Technology Wednesday, 6 April 2022 10:00 a.m.


Mancode – Kebebasan bertukar informasi di ruang digital turut memengaruhi pola masyarakat dalam berinteraksi. Mereka dengan mudah mendapatkan informasi, terutama di platform media sosial yang justru kini menjadi salah satu rujukan sebagian orang untuk mencari berbagai informasi.

"Karakteristik interaksi juga turut berubah, sedari awal yang hanya one to many, menjadi many to many. Media sosial yang merupakan bagian dari perkembangan tersebut pun, menjadi salah satu tempat bersemayamnya informasi di ruang digital," jelas Anggota Komisi 1 DPR RI, Syaifulah Tamliha, S.Pi., M.S dalam webinar bertajuk "Ngobrol Bareng Legislator: Masyarakat Digital yang Berbudaya Indonesia," pada Selasa (5/4/2022).

Perlu diingat, lanjutnya, kebebasan dalam berselancar di ruang digital juga dibutuhkan etika yang baik. Terlebih, masyarakat Indonesia memiliki latar belakang yang beragam, mulai dari etnis hingga budaya. Ini perlu dipahami betul oleh masyarakat, agar tidak memicu perpecahan akibat kebebasan di ruang digital.


"Sebagai pribadi yang mempunyai etika dalam berselancar di ruang digital, kita harus benar-benar perhatikan integrasi nasional terjaga dengan baik,” tegas Syaifulah.

Dia melanjutkan, ada beberapa cara berkomunikasi atau berinteraksi untuk menjaga integritas nasional. Mulai dari saling menghormati keragaman budaya, kepercayaan beragama, tidak menyebarkan konten-konten yang bermuatan ujaran kebencian, serta menyebarkan konten positif mengenai kemajemukan budaya Indonesia. “Semua itu harus menggunakan nilai-nilai Pancasila sebagai filter konten di ruang digital," terangnya.

Selain faktor kecakapan dalam berselancar di dunia maya, Syaifullah mengatakan bahwa literasi dan edukasi turut menjadi bagian yang sangat penting sebagai fondasi seseorang dalam menggunakan ruang digital.

Baca Juga: Anggota DPR Ajak Masyarakat Jadi Pejuang Lawan Hoaks

Baca Juga: Pentingnya Menjaga Privasi di Ruang Digital

Baca Juga: Cara Antisipasi Radikalisme di Ruang Digital




Share To


galih

galih

April 6, 2022, 10 a.m.


tags : Kebebasan Ruang Digital Budaya Digital Technology Ruang Digital


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE