Oscar Lawalata.jpg

Pengakuan Oscar Lawalata: Saya Transgender!

oleh: galih Entertainment Tuesday, 18 August 2020 10:00 a.m.


Mancode – Lama tak terdengar, Oscar Lawalata, desainer kondang Tanah Air itu buka Oscar buka suara soal pilihannya menjadi seorang transgender dalam unggahan di channel Youtube The Lawalatas.

"Saya transgender! Saya tahu dari kecil saya transgender,” ungkap Oscar dalam konten berjudul ‘Merdeka Diri’ baru-baru ini.

Keyakinannya makin bulat untuk memutuskan menjadi seorang transgender setelah anak sulung dari Reggy Lawalata ini mulai mempelajari dan memahami dirinya sendiri sejak lima tahun terakhir.

“Setelah saya pelajari kurang lebih lima tahun lalu siapa saya, dari situ saya tahu saya transgender," ujarnya.

Ketika menjelaskan kepada keluarganya, Oscar mengaku sempat berpikir keras bagaimana cara menjelaskan bahwa dirinya sebagai transgender. Keberaniannya untuk bicara pun semakin kuat, lantaran dia menilai ibu dan adiknya adalah orang yang open minded.

“Dari situ, akhirnya saya bisa kuat dan terus berkomunikasi dengan mereka. Tetapi mereka juga masih proses dengan open minded mereka itu. Karena mereka tidak mengalami yang saya alami, tapi mereka mencoba mengerti apa yang saya alami. Dalamnya saya itu kan mereka nggak bisa ukur, hanya saya yang bisa ukur,” ujarnya.

Oscar tak memungkiri bahwa dalam proses menyampaikan pilihan hidupnya sebagai transgender tak semudah membalikkan telapak tangan. Oscar pun acap kali merasakan rasa kecewa dan sakit hati.

“Sakit hati dan kekecewaan ada. Mereka selalu keluarga kata, kita terima kamu, tapi kadang kita nggak ngerti lo itu apa? Kan digituin nggak enak ya. Tapi aku dalamin lagi, apa yang keluar dari mulut mereka, itu jujur mereka. Walaupun sakit untuk saya,” akunya.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk special case ini, dirinya dituntut untuk lebih pintar untuk berbicara atau menyampaikannya dengan orang lain, termasuk dengan keluarganya.

“Pertama pelajari dulu karena gay sama transgender itu beda. Di sini di pukul rata. Mau gay, mau waria, ada lagi crossdresser itu semua beda. Jadi dunia ini manusia ragamnya banyak. Tapi kita punya stigma laki begini perempuan harus begini. Ternyata nggak, jiwa manusia itu berwarna," katanya.

Tumbuh sebagai orang yang feminim, Oscar juga mengaku acap kali mendapatkan social judgement. Termasuk dengan keluarganya. Dirinya dan keluarga coba menyikapinya dengan bijak dan punya cara tersendiri untuk menghadapinya.

“Memang (keluarga) kalau ditanya Aduh ini apa sih? Kenapa harus ada seperti ini sih? Kan Nggak enak untuk mereka secara kenyamanannya. Jadi, keunikan pada saya juga banyak perbenturan-perbenturan dari mereka untuk mengerti saya gitu,” ujarnya.

Sebelumnya, Reggy Lawalata dalam channel Youtube yang sama, menyampaikan bahwa Oscar Lawalata mengubah jenis kelamin sebagai perempuan. “Wanita, firm,” ujar Reggy ketika menjawab pertanyaan soal gender Oscar Lawalata.

Dirinya berusaha menerima dan mendukung apa yang telah menjadi pilihannya sebagai perempuan sejak lima hingga enam tahun lalu. “Apapun itu, saya support karena bangaimanapun kamu adalah anak saya. I love you so much, so you can do what you want. Whatever what you want, dan saya tidak peduli sama semua orang,” tutup Reggy.

Baca Juga: Perjalanan Karier Model Cantik Nadya Hutagalung

Baca Juga: Sosok Vitalia Shesa, Model Seksi yang Penuh Kontroversi

Baca Juga: Kisah Masa Kecil, Asmara, Hingga Perjalanan Karier Ahok


Share To


galih

galih

Aug. 18, 2020, 10 a.m.


tags : Oscar Lawalata Desainer Oscar Lawalata Entertainment desainer ternama Transgender


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 28 September 2020 11:00 a.m.

McAFee Perkenalkan Teknologi Baru Keamanan Digital

Life Style 28 September 2020 9:00 a.m.

Brio Virtual Drift Challenge Seri Perdana Dimulai