Final Euro 2020.jpg

Penelitian Nielsen Sports: Penggemar Memengaruhi Pemasaran Olahraga

oleh: galih Life Style Tuesday, 8 March 2022 12:00 p.m.


Mancode - Nielsen Sports merilis sebuah laporan pemasaran olahraga global 2022 bertajuk "Penggemar Memengaruhi Pertandingan". Laporan ini mengungkapkan perilaku baru yang telah diadopsi para penggemar selama pandemi untuk tetap terhubung dengan olahraga dan tim yang mereka ikuti, baik melalui peningkatan kegiatan media sosial, bertaruh, menonton bersama, dan lain-lain.

Laporan menyoroti bagaimana Nielsen memprediksi "Fandom" pada 2022 akan memengaruhi model pensponsoran, distribusi konten, kebangkitan kripto, e-sport, dan olahraga wanita. Laporan baru ini akan membantu menelaah nilai kemitraan olahraga, membantu properti olahraga dan merek memprediksi nilai masa mendatang ROI investasi pemasaran dan aset media.

Beberapa temuan penting di dalam Laporan Olahraga Nielsen menguraikan bagaimana pengalaman menonton penggemar telah berubah. Dengan perkembangan perangkat yang terkoneksi, 40,7 persen dari penggemar olahraga global kini melakukan streaming olahraga langsung melalui platform digital.


Dengan demikian, telah terjadi peningkatan dalam hak media over-the-top (OTT) yang mencakup lonjakan sebesar 19 persen untuk liga sepak bola Eropa teratas selama dua tahun terakhir pada tingkat lokal, dan peningkatan sebesar 31 persen diperkirakan akan dialami oleh ATP Tour tenis pria selama tahun 2023.

Keseluruhan permintaan konten tetap tinggi untuk siaran non-acara, seperti sorotan utama, video rekap, dan lain-lain, yang mana hampir sebanyak acara itu sendiri. Nielsen memperkirakan bahwa 39,4 persen dari penggemar global akan menonton konten non-langsung yang terkait dengan acara olahraga yang ditayangkan langsung.

Selain itu, menonton acara olahraga telah beralih ke pengalaman multi-layar, di mana 47 persen dari orang yang menonton acara olahraga juga secara bersamaan berinteraksi dengan konten tayangan langsung lainnya, hal ini meningkat sebesar 5 persen sepanjang tahun lalu.

Nielsen memperkirakan ada peningkatan tahun ke tahun sebesar 146 persen dalam investasi sponsor terpisah dalam olahraga wanita (UEFA, FIFA, World Rugby) dibanding peningkatan sebesar 27 persen pada 2020. Dengan meningkatnya jumlah siaran olahraga wanita, kini ada peningkatan peluang pensponsoran khusus olahraga wanita, dan ini berarti bahwa banyak merek yang secara efektif menjangkau konsumen yang sebelumnya belum dijangkau melalui pensponsoran pada olahraga pria.

“Jelas terlihat bahwa para penggemar olahraga menginginkan jenis konten baru melalui platform penyampaian inovatif. Maka hal ini akan berpengaruh pada bagaimana sebaiknya merek dan pemegang hak melakukan pendekatan terhadap keterlibatan audiens dan hasil pensponsoran,” ungkap Marco Nazzari, Direktur Utama, International of Nielsen Sports.

Berbagai tren penting lain yang diketahui dari Laporan Olahraga Nielsen 2022. Salah satunya pensponsoran olahraga naik hingga 107 persen pada t2021, dan melalui analisis terhadap 100 pensponsoran pada tujuh pasar di 20 industri, Nielsen mendapati bahwa pensponsoran olahraga mendorong kenaikan niat pembelian sebesar 10 persen oleh penggemar.

Secara keseluruhan, Trust in Advertising Study 2021 oleh Nielsen menunjukkan bahwa 81 persen dari responden global akan memercayai, sedikitnya atau sepenuhnya, pensponsoran merek pada acara olahraga.

Baca Juga: Mola Angkat Kisah Pesepakbola Fabio Quagliarella dalam Film Dokumenter

Baca Juga: Sinergi Blibli dan Intiland Tawarkan Kemudahan Layanan Fasilitas Bisnis dan Olahraga




Share To


galih

galih

March 8, 2022, noon


tags : Laporan Penggemar Memengaruhi Pertandingan Nielsen Sports Penelitian Nielsen Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE