
Penelitian Nielsen Sports: Penggemar Memengaruhi Pemasaran Olahraga
oleh: galih Life Style Tuesday, 8 March 2022 12:00 p.m.
Mancode - Nielsen Sports merilis sebuah laporan pemasaran olahraga global 2022 bertajuk "Penggemar Memengaruhi Pertandingan". Laporan ini mengungkapkan perilaku baru yang telah diadopsi para penggemar selama pandemi untuk tetap terhubung dengan olahraga dan tim yang mereka ikuti, baik melalui peningkatan kegiatan media sosial, bertaruh, menonton bersama, dan lain-lain.
Laporan menyoroti bagaimana Nielsen memprediksi "Fandom" pada 2022 akan memengaruhi model pensponsoran, distribusi konten, kebangkitan kripto, e-sport, dan olahraga wanita. Laporan baru ini akan membantu menelaah nilai kemitraan olahraga, membantu properti olahraga dan merek memprediksi nilai masa mendatang ROI investasi pemasaran dan aset media.
Beberapa temuan penting di dalam Laporan Olahraga Nielsen menguraikan bagaimana pengalaman menonton penggemar telah berubah. Dengan perkembangan perangkat yang terkoneksi, 40,7 persen dari penggemar olahraga global kini melakukan streaming olahraga langsung melalui platform digital.
Dengan demikian, telah terjadi peningkatan dalam hak media over-the-top (OTT) yang mencakup lonjakan sebesar 19 persen untuk liga sepak bola Eropa teratas selama dua tahun terakhir pada tingkat lokal, dan peningkatan sebesar 31 persen diperkirakan akan dialami oleh ATP Tour tenis pria selama tahun 2023.
Keseluruhan permintaan konten tetap tinggi untuk siaran non-acara, seperti sorotan utama, video rekap, dan lain-lain, yang mana hampir sebanyak acara itu sendiri. Nielsen memperkirakan bahwa 39,4 persen dari penggemar global akan menonton konten non-langsung yang terkait dengan acara olahraga yang ditayangkan langsung.
Selain itu, menonton acara olahraga telah beralih ke pengalaman multi-layar, di mana 47 persen dari orang yang menonton acara olahraga juga secara bersamaan berinteraksi dengan konten tayangan langsung lainnya, hal ini meningkat sebesar 5 persen sepanjang tahun lalu.
Nielsen memperkirakan ada peningkatan tahun ke tahun sebesar 146 persen dalam investasi sponsor terpisah dalam olahraga wanita (UEFA, FIFA, World Rugby) dibanding peningkatan sebesar 27 persen pada 2020. Dengan meningkatnya jumlah siaran olahraga wanita, kini ada peningkatan peluang pensponsoran khusus olahraga wanita, dan ini berarti bahwa banyak merek yang secara efektif menjangkau konsumen yang sebelumnya belum dijangkau melalui pensponsoran pada olahraga pria.
“Jelas terlihat bahwa para penggemar olahraga menginginkan jenis konten baru melalui platform penyampaian inovatif. Maka hal ini akan berpengaruh pada bagaimana sebaiknya merek dan pemegang hak melakukan pendekatan terhadap keterlibatan audiens dan hasil pensponsoran,” ungkap Marco Nazzari, Direktur Utama, International of Nielsen Sports.
Berbagai tren penting lain yang diketahui dari Laporan Olahraga Nielsen 2022. Salah satunya pensponsoran olahraga naik hingga 107 persen pada t2021, dan melalui analisis terhadap 100 pensponsoran pada tujuh pasar di 20 industri, Nielsen mendapati bahwa pensponsoran olahraga mendorong kenaikan niat pembelian sebesar 10 persen oleh penggemar.
Secara keseluruhan, Trust in Advertising Study 2021 oleh Nielsen menunjukkan bahwa 81 persen dari responden global akan memercayai, sedikitnya atau sepenuhnya, pensponsoran merek pada acara olahraga.
Share To

galih
March 8, 2022, noon
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Kartu Internet by.U Raih Penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023
54 2 weeks, 2 days ago
Kartu internet by.U meraih penghargaan dalam kategori Digital Operator, dinilai sukses tingkatkan kepuasan pelanggan.

Dukung Pengembangan Karakter, Datascrip Beri Bantuan CSR Kepada Catholic Center Ketapang
38 2 weeks ago
Donasi ini merupakan kelanjutan dari program CSR bertajuk “Membangun Generasi Cakap Digital” yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Piaggio Indonesia Rilis Warna Baru Vespa Bertajuk "Play Freely in Colors"
21 15 hours ago
Koleksi warna baru ini hadir pada berbagai model Vespa yang semakin memperkuat identitas penuh gaya hidup premium dan kebebasan berekspresi.
YOU MAY ALSO LIKE
Technology 1 June 2023 9:00 a.m.
Ericsson Pertahankan Peringkat Teratas dalam Laporan Frost RadarTM 5G Network Infrastructure Market 2023
Technology 26 May 2023 12:00 p.m.
Infinix Bersama Free Fire Luncurkan Infinix Hot 30
Travel 19 May 2023 9:00 a.m.
Kemenparekraf Susun Buku Panduan Komunikasi Krisis Kepariwisataan
Technology 12 May 2023 10:00 a.m.