Arab-Saudi-Hajar-Aswad.jpg

Pemerintah Arab Saudi Rilis Foto Jarak Dekat Hajar Aswad

oleh: inggil Travel Tuesday, 11 May 2021 12:00 p.m.


Mancode - Momen langka sekaligus menajubkan terjadi di Arab Saudi, pemerintah di sana merilis foto jarak dekat batu hitam Hajar Aswad. Potret langka ini belum pernah dipertunjukkan sama sekali karena beresolusi sangat tinggi. Bahkan, untuk menghasilkan foto ini saja dibutuhkan waktu hingga 50 jam dengan ukuran yang besar.

Dilansir dari CNN, foto batu Hajar Aswad berukuran hingga 49 ribu megapiksel. Butuh waktu hingga lebih dari 50 jam untuk memfoto dan menghasilkannya, kata Presidensi Umum Urusan Masjid Agung Saudi dan Masjid Nabawi.

Presidensi Umum bekerja sama dengan agen teknik Dua Masjid Suci untuk mengambil 1.050 foto batu itu, masing-masing foto berukuran 160 gigabyte. Batu itu difoto selama tujuh jam, kata pihak berwenang.


Hajar-Aswad.jpg

Teknik foto yang digunakan disebut sebagai penumpukan fokus. Mereka menggabungkan beberapa foto dengan titik fokus berbeda untuk menjaga ketajaman akhir foto.

"Ini penting karena dalam aktivitas ini belum pernah terjadi sebelumnya. Seseorang melihat bahwa batu itu sebenarnya bukan hitam. Seperti yang saya pahami, ini pertama kalinya ada foto digital Hajar Aswad yang diperbesar dan orang dapat melihat batu itu dari dekat dan secara intim," ujar Afifi al-Akiti, seorang anggota dalam studi Islam di Universitas Oxford, yang terlibat dalam proyek tersebut, kepada CNN.

Baca Juga: Keistimewaan Masjid Al Aqsa dalam Sejarah Islam

Baca Juga: Irak dan Arab Saudi Buka Perbatasan Arar Setelah 30 Tahun

Baca Juga: Ketika Rolls-Royce Cullinan ‘Menari’ di Gurun Pasir Arab




Share To


inggil

inggil

May 11, 2021, noon


tags : Foto Hajar Aswad Arab Saudi Hajar Aswad Pemerintah Arab Saudi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE