Pembaruan Portofolio 5G Ericsson Kedepankan Efisiensi Energi.jpg

Pembaruan Portofolio 5G Ericsson Kedepankan Efisiensi Energi

oleh: rachli Technology Monday, 7 March 2022 10:00 a.m.


Mancode - Sebagai penyedia layanan komunikasi, Ericsson, terus memperkuat portofolio jaringan akses radio (Radio Acces Network/RAN) dengan memberikan solusi terkait peluncuran 5G dan tujuan keberlanjutan dari layanan komunikasi.

Penambahan pada portofolio ini akan memungkinkan penghematan energi yang cukup besar dan peningkatan kapasitas hingga 10 kali lipat, dengan sedikit atau tanpa jejak tambahan. Peningkatan portofolio dipimpin oleh Radio 4490, radio pita ganda yang dapat memberikan konsumsi daya hingga 25 persen lebih rendah dan bobot lebih ringan jika dibandingkan dengan produk yang ada saat ini.

Jenis radio tersebut kompatibel dengan hampir semua situs radio secara global karena mendukung pita FDD (Frequency Division Duplex) utama, yang digunakan oleh banyak penyedia layanan untuk implementasi 5G.


Head of Product Area Network, Ericsson, Per Narvinger mengatakan, pihaknya terus mengembangkan portofolio RAN lebih banyak solusi untuk jaringan 5G yang cerdas, ramping, dan berkelanjutan. Inovasi terbaru akan semakin mengoptimalkan site 5G.

“Inovasi terbaru akan semakin mengoptimalkan site 5G baik yang dibangun secara khusus maupun penerapan Cloud RAN,” ujarnya melansir keterangan resmi yang diterima belum lama ini.

Dirinya juga menjelaskan, peluncuran 5G berlangsung semakin cepat di seluruh dunia, dengan para pelopor bersiap beralih ke 5G Standalone untuk mendorong use cases konsumen dan perusahaan yang baru.

Memperkenalkan 5G berarti menambahkan spektrum dan perangkat keras, dan di situlah produk Ericsson memainkan peran kunci melalui kemampuan meningkatkan kapasitas sembari memangkas penggunaan daya sekaligus mendorong upaya untuk mematahkan kurva energi.

Penambahan protofolio mencakup beberap hal, antaranya:

  1. Massive MIMO AIR 6428 64T/R yang mudah dipasang untuk pita sedang, dengan lebar pita 400MHz untuk RAN sharing yang efisien, di dalam radio seberat 25 kilogram yang dapat dibawa oleh satu orang.
  2. Antena multiband 4602 yang terintegrasi penuh, dengan lebar hanya 398 mm, dirancang dengan ketahanan tinggi terhadap angin dan untuk persayaratan pembangunan site yang dipertahankan.
  3. Interleaves AIR 3218 generasi baru dengan tinggi dan berat yang rendah kualitas industri terkemuka, memungkinkan peluncuran Massive MIMO tanpa menambah jejak antena visual.
  4. Perangkat lunak mode Expanded Deep Sleep untuk radio baru dan portofolio Massive MIMO, mengkonsumsi daya 70 persen lebih rendah per radio selama satu jam lalu lintas rendah.
  5. Coverage Boost adalah perangkat lunak agregasi operator 5G serbaguna yang memberikan jangkauan 60 persen lebih luas untuk pita sedang TTD (Time Division Duplex), jika dibandingkan dengan konektivitas ganda. Perangkat ini juga mendukung platform RAB Compute dan Cloud RAN.

Produk-produk baru tersebut didukung oleh generasi baru Ericsson Silicon, dengan kemampuan mengurangi jejak, multiband yang lebih hemat daya, dan kemampuan pita lebar untuk radio jarak jauh dan radio Massive MIMO.

Radio 4T4R Diharapkan Memaksimalkan Pengalaman Pengguna dengan Efisien Energi

Sementara itu, Direktur dan Chief Technology Officer PT XL Axiata Gede Darmayusa mengatakan, XL Axiata selalu berusaha memberikan pengalaman pelanggan terbaik untuk memenuhi permintaan layanan data yang terus meningkat, melalui penerapan teknologi baru dan inisiatif jaringan lain.

“Kami memelopori penggunaan teknologi radio pita ganda generasi pertama Ericsson sejak 2019. Dengan peluncuran radio 4T4R pita ganda baru, kami berharap inovasi ini terus membantu kami memaksimalkan pengalaman pengguna dengan efisiensi energi dan keunggulan operasional lebih baik,” jelasnya.

Head Ricsson Indonesia Jerry Soper turut menambahkan, keberlanjutan adalah inti dari tujuan Ericsson dan produk serta solusi hemat energi baru yang terkemuka di dunia akan memungkinkan pelanggan untuk menembuskurva energi ketika mengelola pertumbuhan lalu lintas data yang diperkirakan dari 5G.

“Ini telah dicapai melalui kombinasi silicon internal, reakyasa produk dan antena yang inovatif, dan fitur perangkat lunak canggih,” tambahnya.

Selain itu, dalam rangka mendukung agenda pemerintah dalam mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan, pihaknya membangun jaringan 5G masa depan, jaringan yang memberikan kinerja setinggi mungkin dengan peningkatan efisiensi sumber daya dan dampak lingkungan yang rendah.

Baca Juga: Ericsson Mobility Report: Data Traffic Seluler Meningkat Dalam 10 Tahun

Baca Juga: Ericsson IndustryLab Prediksi Transformasi Manufaktur 2030

Baca Juga: Kemudahan Era Teknologi 5G, Ini 5 Nilai dan Manfaatnya




Share To


rachli

rachli

March 7, 2022, 10 a.m.


tags : 5G Ericsson Efisiensi Energi


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA