Pekerja Pariwisata Kembali Tingkatkan Kompetensi Hadapi New Normal.jpg

Pekerja Pariwisata Tingkatkan Kompetensi Hadapi New Normal

oleh: rachli Travel Wednesday, 27 May 2020 12:00 p.m.


Mancode - Sebagai langkah antisipasi bagi pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif untuk kembali bekerja paska pandemi Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali melakukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi (upskilling dan reskilling).

Dalam keterangan resmi yang diterima (26/5/2020), Kemenparekraf melakukan pelatihan daring bagi tenaga kerja di bidang room attendant. Diikuti 75 peserta, pelatihan akan terbagi dalam delapan kali pertemuan yang akan berlangsung beberapa pekan ke depan.

Baca Juga: Upaya Kemenparekraf Jaga Eksistensi Pariwisata Indonesia

Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf, Frans Teguh mengatakan, pemerintah terus mendorong para pekerja untuk tetap menjaga keahlian dan keterampilannya sehingga mereka tidak canggung saat memasuki dunia kerja kembali dalam suasana yang baru atau new normal.

“Pelatihan ini juga bertujuan mempersiapkan mereka untuk memberikan pelayanan dengan senyuman yang tulus dan ikhlas kepada jutaan turis yang akan datang paska pandemi sesuai perkiraan Presiden Joko Widodo yang memperkirakan sektor pariwisata booming pada 2021,” katanya.

Keberadaan SDM, khususnya room attendant dengan kompetensi dan kemampuan yang baik dinilai akan sangat berpengaruh dalam industri pariwisata. Di mana, room attendant yang berada di bawah departemen housekeeping ini menjadi bagian penting dalam industri hotel di sektor pariwisata.

Baca Juga: Kemenparekraf Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Tugas room attendant di antaranya adalah menjaga kebersihan area kamar hotel, menangani lost and found, serta menangani laundry and dry cleaning. Melihat dari tugasnya, room attendant memegang peranan penting dalam kepuasan tamu.

“Apalagi di masa kenormalan baru mendatang yang mengedepankan unsur kebersihan, kesehatan, dan keamanan, room attendant harus mampu memberikan jaminan bukan hanya kebersihan tapi juga kesehatan seperti bebas dari segala virus," jelas Frans.

Sementara itu, Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf, Wisnu Bawa Tarunajaya, yang diwakili oleh Kabid Komperensi SDM Pariwisata Kemenparekraf, Surana mengatakan, pelatihan daring room attendant ini diikuti dari berbagai daerah.

Baca Juga: Bali Masih Jadi Daya Tarik Wisatawan Usai Pandemi

Peserta yang ikut adalah room attendant dari hotel-hotel di Jabodetabek, Bali, Yogyakarta, Makassar, Palembang, dan Lampung. Mereka mendapat pelatihan langsung dari instruktur yang ahli di bidangnya di antaranya materi penerapan prosedur keamanan keselamatan kerja, hingga menangani keluhan pelanggan.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja dalam menerapkan tugas dan tanggung jawab seorang room attendant,” harapnya.


Share To


rachli

rachli

May 27, 2020, noon


tags : Sektor Pariwisata ekonomi kreatif pandemi Covid-19 New Normal Kemenparekraf Pekerja Pariwisata


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 7 August 2020 13:00 p.m.

Aktor India Sameer Sharma Ditemukan Tewas di Apartemennya

Life Style 7 August 2020 12:00 p.m.

Tiket Pameran Modifikasi IMX 2020 Mulai Dijual Online

Life Style 7 August 2020 10:00 a.m.

Kalbe Luncurkan Fatigon Promuno Berbahan Herbal

Entertainment 7 August 2020 9:00 a.m.

Debut Pertama Ibam 'Alone' Suarakan Isu Bullying