
Pameran INACRAFT Bertransformasi Luncurkan Platform Digital
oleh: galih Shopping Thursday, 11 November 2021 8:00 a.m.
Mancode – Pameran Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) kembali digelar. Kali ini, pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara tersebut dikemas dalam konsep online dan offline.
Dalam pelaksanaannya, Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) sebagai inisiasi INACRAFT bersama Tokopedia dan didukung PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. meluncurkan platform digital, yakni INACRAFT Digital.
Platform ini sebagai bukti nyata perjuangan transformasi INACRAFT bersama para pelaku industri UMKM produsen kerajinan tangan Indonesia.
“Semangat untuk terus membangkitkan dan membangun kembali sektor ekonomi kreatif harus selalu dipupuk, khususnya di masa pandemi. Oleh karena itu, ASEPHI berkomitmen untuk mendukung para perajin Indonesia agar dapat terus berkarya dengan menghadirkan INACRAFT Reborn dengan tagline 'From Small Village to Global Market'," ungkap Ketua Umum DPP ASEPHI Muchsin Ridjan dalam konferensi pers virtual, Rabu (10/11/2021).
Kesuksesan INACRAFT selama dua dekade atau 21 kali penyelenggaraan, membuat INACRAFT tidak hanya menjadi tempat pameran namun juga sebagai wadah promosi, menambah ilmu, dan membangun networking di antara pelaku usaha kerajinan agar dapat bersaing secara sehat menampilkan produk-produk berkualitas.
INACRAFT menjadi melting pot bagi para pelaku industri kerajinan, mulai dari produsen, artisan, pendidik, eksportir, pencinta, kolektor, pembeli, termasuk para pemangku kebijakan dan pembina UMKM di tingkat provinsi dan BUMN melalui konsep INACRAFT IKON.
Sementara, kolaborasi ASEPHI dengan Tokopedia menjadi suatu inisiatif yang mengakomodasi ratusan UMKM produsen kerajinan tangan dan diharapkan dapat mendukung upaya promosi produk-produk kerajinan kerajinan tangan hasil karya UMKM Indonesia, serta menggerakkan ekonomi digital.
Tokopedia memberikan kesempatan bagi UMKM produsen kerajinan tangan lokal untuk menjangkau 100 juta pengguna aktif bulanan yang ada di platform Tokopedia. Kehadiran kampanye INACRAFT Digital yang dilaksanakan melalui kolaborasi bersama Tokopedia merupakan wujud upaya nyata untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi.
Para UMKM lokal yang tergabung dalam INACRAFT Digital merupakan bagian lebih dari 11 juta penjual di Tokopedia, di mana hampir 100 persen adalah pelaku usaha UMKM. Keselaran komitmen serta visi untuk mendorong kemajuan UMKM tersebut tercermin dalam kampanye INACRAFT Digital x Tokopedia.
Selain kampanye digital bersama Tokopedia, ASEPHI juga akan menyelenggarakan virtual exhibition di situs resmi INACRAFT (www.inacraft.co.id) dengan semangat semangat menghadirkan 1 juta pengunjung dengan target nilai transaksi retail mencapai hingga Rp1.000.000.000.
INACRAFT Reborn mengakomodasi 378 UMKM produsen kerajinan tangan dari 45 peserta pada INACRAFT Virtual Exhibition yang merupakan anggota ASEPHI dan binaan dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Kementerian Perindustrian, dan Dekranasda Propinsi Sumatera Barat.
Kemudian, ada juga 370 peserta pada INACRAFT Digital yang terdiri dari 17 BPD ASEPHI dari propinsi Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.
“Melalui kombinasi wajah baru on dan offline INACRAFT Virtual Exhibition diharapkan pada edisi Digital 2021 dan edisi Hybrid mulai 2022 dapat melebihi capaian pameran normal. Di sisi lain, kami berharap INACRAFT x Tokopedia dapat membuka peluang bisnis dan transaksi sebanyak-banyaknya bagi para UMKM lokal menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Karena kami yakin kita semua cinta produk Indonesia, dan Go Digital is a must!,” ungkap Muchsin Ridjan.
Peluncuran Platform INACRAFT & Kampanye INACRAFT Digital x Tokopedia Vol.1 disponsori oleh BNI sebagai pioneer digital banking telah memiliki layanan digital mumpuni yang dapat mempercepat transaksi, proses penyaluran pembiayaan serta layanan perbankan lainnya.
“Dalam kesempatan ini, BNI mengajak beberapa Mitra UMKM produsen kerajinan tangan di bidang batik, songket, bordir, wayang, produk kaca, interior, tas, dompet, dan pakaian untuk memeriahkan acara sambil mencari peluang kerja sama lebih besar lagi. Kami harap ini dapat menjadi momentum transformasi UMKM sekaligus peningkatan akselerasi pemulihan kinerja," tulis pernyataan resmi BNI.
Untuk mendukung pengembangan Industri Kreatif Karya Anak Bangsa, BNI turut menyelenggarakan promo Kartu Kredit, Kartu Debit, Debit Emerald, promo Tokopedia seperti diskon hingga Rp 1 juta, cicilan 0 persen hingga 24 bulan dan belanja hemat hingga 50 persen dengan BNI Rewards Point. BNI juga mengadakan promo sepecial Inacraft.co.id, yakni cashback hingga Rp300.000.
Share To

galih
Nov. 11, 2021, 8 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Slipknot Siap Guncang Hammersonic 2023
66 3 weeks, 2 days ago
Hammersonic 2023 dipastikan terselenggara pada 18 dan 19 Maret 2023 di Carnaval, Ancol, Jakarta, dan sebanyak 53 pengisi line up telah diumumkan.

Menilik Keunggulan Hyundai CRETA Dynamic Black Edition
61 3 weeks, 2 days ago
Hyundai CRETA Dynamic Black Edition hadir menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan mobil dengan karakter kuat.

East Ventures dan Temasek Foundation Luncurkan Climate Impact Innovations Challenge 2023
59 3 weeks, 5 days ago
Platform inovasi teknologi iklim ini memberikan peluang pada inovator teknologi untuk menampilkan inovasi berkelanjutan.
YOU MAY ALSO LIKE
Entertainment 20 March 2023 18:00 p.m.
Melihat Penampilan Perdana Elephant Kind di London
Technology 16 March 2023 9:00 a.m.
Indosat Bersama Ericsson Tingkatkan Layanan Digital Pengguna DMP
Technology 10 March 2023 9:00 a.m.
Layanan Manajemen Digital AOneSchools Bantu Percepat Proses Adminitrasi Pendidikan
Life Style 4 March 2023 11:00 a.m.