image default

Osamu Tezuka, Bangkit dari Perang Jadi ‘Bapak’ Komik Jepang (I)

oleh: emil History Wednesday, 22 May 2019 14:00 p.m.


Tidak bisa dipungkiri, salah satu produk budaya populer dari Jepang yang paling terkenal secara internasional dan lintas usia adalah komiknya, atau yang dikenal dengan istilah manga. Namun di antara semua penulis manga ternama dari Negeri Sakura, ada satu yang digadang-gadang sebagai ‘bapak’ komikus Jepang. Ia adalah pria yang menciptakan tokoh manga dan anime Astro Boy serta Black Jack. Nama komikus itu adalah Osamu Tezuka.

Berkat goresan tangan dan ide ceritanya, ia berhasil menginspirasi banyak warga Jepang yang tertarik untuk terjun ke dunia manga. Karyanya juga disebut membantu mengangkat rasa depresi yang membayangi anak-anak Negeri Sakura pasca-Perang Dunia II. Hingga ia wafat, karya Osamu Tezuka masih banyak dibaca oleh jutaan orang. Berikut ini kisah singkat sang godfather komik Jepang tersebut.

Masa Kecil Osamu Tezuka

Osamu Tezuka lahir pada 3 November 1928 di Prefektur Osaka, Jepang. Ia berasal dari keluarga yang terpandang, mengingat ayahnya merupakan manager di Perusahaan Sumitomo Metals, kakeknya seorang pengacara, dan kakek buyutnya merupakan dokter. Selain itu, ibu Osamu Tezuka juga masuk ke golongan keluarga militer. Karena itulah, ayah dan ibunya memiliki peraturan yang ketat dalam perihal pendidikan Tezuka.

Osamu Tezuka dibesarkan di Kota Takarazuka dan ibunya kerap mengajaknya ke Teater Takarazuka di mana kerap diadakan pentas Takarazuka Kagekidan. Pentas ini menampilkan teater musikal yang diperankan oleh para aktris perempuan dengan penampilannya memiliki unsur Broadway. Kostum yang digunakan oleh para aktris di pentas ini disebut selalu diingat oleh Tezuka dan menginspirasinya.

Gambar: (Sumber: Youtube)

Sebagaimana dilansir dari japantimes.co.jp (19/3/2019), selain Takarazuka Kagekidan, hal yang paling menginspirasi imajinasi Tezuka adalah Disney. Mengingat saat masih kecil, ayahnya sering mengajak Tezuka menonton film-film animasi dari Disney. Dari sinilah, ia mencoba mengasah kemampuan menggambarnya dengan berusaha meniru gambar karakter Disney.

Saat Osamu Tezuka berada di bangku sekolah dasar, ia pun mencoba menggambar manga yang benar-benar berasal dari imajinasinya. Saking seringnya ia membuat gambar komik, ibunya harus banyak menghapus gambar-gambar di buku tulisnya agar Tezuka masih bisa menggambar sekaligus menulis di sekolah.

Selama di sekolah, Osamu Tezuka pun terus menggambar sampai ia akhirnya bisa membuat komik amatirnya sendiri. Sebagaimana dilansir dari tezukaosamu.net (19/3/2019), ketika pecah Perang Dunia II, Tezuka masih bersekolah di SMA, tapi ia terpaksa mengikuti program pemerintah untuk bekerja di pabrik dalam membantu usaha perang.

Kala itu, kondisi Jepang dipenuhi rasa ketakutan dan depresi. Pasalnya, para remaja diharuskan bekerja di pabrik dan para pria dewasa terjun ke medan perang. Demi membantu mengangkat semangat para rekan pekerjanya, Osamu Tezuka acap kali menggambar manga dan meninggalkannya di toilet. Ini dilakukan agar rekan-rekannya dapat membaca karyanya, sehingga mereka bisa tersenyum dan bersemangat di masa Perang Dunia II.

[#R]


Share To


emil

emil

May 22, 2019, 2:53 p.m.


tags : anime Osamu Tezuka


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Entertainment 18 February 2020 12:00 p.m.

Yasmin Napper, Mencuri Perhatian lewat Klip Armada

Entertainment 18 February 2020 11:00 a.m.

Serigala jadi Single Berbahasa Indonesia Protocol Afro

Technology 18 February 2020 10:00 a.m.

Mantap! Sekarang Bayar SPP Bisa Pakai GoPay

Entertainment 18 February 2020 9:00 a.m.

Duka Mendalam untuk Ashraf Sinclair