orientering.jpg

Orienteering, Olahraga Mengasah Kemampuan Navigasi

oleh: galih Life Style Friday, 1 March 2019 12:00 p.m.


Olahraga alam bebas kini semakin beragam. Mulai dari hiking, diving, rafting, dan lainnya. Namun, apakah Mancoders pernah mendengar olahraga alam bernama orienteering? Olahraga alam ini ternyata punya karakteristik dan tantangan yang menarik untuk digeluti. Penasaran seperti apa olahraga alam bebas orienteering ini?

Dilansir wisatagunung.com pada Jumat (1/3/2019), orienteering merupakan olahraga alam yang mamadukan fisik dengan kemampuan navigasi dan orientasi medan. Awalnya, olahraga ini muncul di Swedia untuk kepentingan militer, khususnya melatih kemampuan navigasi darat. Namun seiring perkembangannya, olahraga alam ini justru menjelma menjadi salah satu cabang olahraga alam yang diperlombakan secara umum.

Dasar permainan dalam olahraga orienteering adalah sebuah perjalanan pencarian titik-titik kontrol yang disebar dalam medan permainkan. Titik kontrol tersebut telah digambarkan dalam peta yang menjadi alat bantu para orienteer, sebutan bagi peserta orienteering.

Baca Juga: Bentuk Otot Tubuh Ideal dengan Olahraga Kalistenik

olahraga alam orientering.jpg

Setiap orienteer dituntut untuk bergerak mendatangi sejumlah titik kontrol dalam urutan yang telah ditentukan. Untuk menggapainya, para peserta akan dilengkapi semacam alat penanda bernama dibber yang harus dicolok ke titik kontrol atau station control dibber berisi indentitas peserta.

Untuk mencapai titik kontrol tersebut, orienteer tak melulu mengandalkan kemampuan fisik dan mental. Para peserta juga harus mampu berpikir cepat serta cerdas untuk memilih rute terbaik berdasarkan peta yang diberikan panitia.

Peta yang diberikan peserta pun dibuat khusus untuk olahraga orienteering. Di mana terdapat simbol-simbol yang akan menunjukkan medan yang akan dihadapi. Ada sejumlah simbol yang harus dipahami orienteer dalam membaca peta.

Misalnya simbol hitam dan abu-abu yang menggambarkan wilayah bebatuan seperti batu besar, tebing atau tanah berbatu. Sementara simbol berupa garis, maka bermakna adanya jalanan setapak, jalan besar, atau gang.

Pemenang dari olahraga alam sendiri ditentukan oleh berapa lamanya waktu yang dibutuhkan peserta melewati beberapa titik kontrol dalam perlombaan orienteering.

Sementara di Indonesia olahraga ini memang kurang popular. Tapi, penggiat olahraga alam ini telah memiliki wadah dalam naungan Federasi Orienteering Nasional Indonesia (FONI). Pengurus federasi yang terbentuk sejak 4 Agustus 2001 ini sudah tersebar di 15 provinsi di Tanah Air.

Baca Juga: Ingin Memiliki Bobot Ideal? Ini Olahraga Penguras Lemak

Pada 2016, untuk pertama kalinya FONI mengadakan perlombaan orienteering dengan format perlombaan series. Ini merupakan langkah besar FONI dalam usahanya untuk memopulerkan olah raga yang tidak hanya membutuhkan kekuatan fisik, namun juga harus berpikir cepat, tepat, dan akurat dalam mencari titik kontrol dalam suatu medan pertandingan.


Share To


galih

galih

March 1, 2019, noon


tags : Orienteering Olahraga Ekstrem Orienteering Olahraga Orienteering Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Technology 21 January 2020 8:00 a.m.

Kolaborasi LINE: Gundam Wars dengan Hello Kitty

Travel 20 January 2020 13:00 p.m.

Mengenalkan Budaya Balapan Perahu Ketinting