Webinar Share.Inc.jpg

Orang Tua, New Normal, dan Anak Berkebutuhan Khusus

oleh: galih Life Style Friday, 10 July 2020 10:00 a.m.


Mancode - Peran orang tua sangat penting dalam membimbing anak berkebutuhan khusus kala menghadapi kondisi new normal seperti sekarang. Namun untuk bisa melakukan bimbingan tersebut, orang tua tentunya harus update dan meningkatkan pengetahuan diri. Orang tua juga harus terlebih dahulu menerima kondisi yang sedang dialami sekarang, sebelum bisa memberikan bimbingan kepada anaknya.

Peran orang tua dalam membimbing anak berkebutuhan khusus yang dijabarkan di atas diungkapkan Grace Hartono. Psikolog yang juga Founder, Director, Practitioner Kids Coaching and Courage Indonesia – Australia ini memang terkenal memiliki concern terhadap perkembangan anak berkebutuhan khusus, utamanya autisme. Maka ketika semua orang dihadapkan dengan pandemi Covid-19 seperti sekarang, ia mengajak para orang tua serta seluruh pihak terkait untuk ambil bagian dalam membimbing anak berkebutuhan khusus menghadapi new normal.

Tentu bukan tanpa alasan kalau pemilik gelar Master of Neuroscience dari University of New England ini mengajak para orang tua dan seluruh pihak terkait untuk ambil bagian. Sebab, kata dia, pandemi Covid-19 dan new normal ini merupakan sebuah perubahan yang cukup mendadak dan signifikan bagi anak berkebutuhan khusus, bahkan bagi semua orang pada umumnya. Sehingga jika tidak mendapat bimbingan yang tepat, anak bisa merasa emosional. Perasaan kaget, khawatir, dan takut bisa mereka rasakan karena berubahnya rutinitas.

Webinar Share.Inc.jpg

“Karena kebanyakan minim verbal, gejolak emosi seringkali dimanifestasikan dalam bentuk perilaku maladaptif seperti menyerang orang lain, stimming (perilaku berulang), usil, dan lain-lain. Terlihat sebagai suatu kemunduran pada pola hidup, pola tidur atau pola makan,” beber Grace.

Karenanya, kata Grace, anak perlu mendapat pemahaman akan perubahan-perubahan rutinitas, kebiasaan, prosedur, dan yang lainnya. Bantuan secara lembut dan bertahap dalam beradaptasi pada perubahan harus dilakukan bertahap, dan yang pertama dan paling utama dilakukan oleh orang tua.

“Sebab itulah orang tua pun harus menguasai cara mengelola informasi secara cermat, ketenangan batin, dan menentukan goal bagi masing-masing anak sehingga proses dalam mencapai goal tersebut dapat dinikmati dan dijalankan secara tegas, namun bersahabat".

Webinar-Share.Inc.jpg

Penjelasan terkait cara membimbing anak berkebutuhan khusus dalam menghadapi new normal ini akan dijelaskan secara lengkap dalam webinar SHARE.INC yang bertajuk MyFantAUTISlife. Webinar dengan judul “Update New Normal: Solusi untuk Anak Kebutuhan Khusus” ini akan berlangsung melalui Zoom pada hari Sabtu, 11 Juli 2020. Webinar gratis ini dapat diikuti dengan cara mendaftarkan diri ke nomor WhatsApp (WA) 0851 5649 7649, atau Telegram Channel t.me/shareinc_lifematrix.

Baca Juga: Ketika Anak Berkebutuhan Khusus hadapi New Normal

Baca Juga: SHARE.INC #2: Tingkatkan Nilai Diri untuk Kemajuan Karier Era New Normal

Baca Juga: Membimbing Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi


Share To


galih

galih

July 10, 2020, 10 a.m.


tags : Webinar Share.Inc Anak Kebutuhan Khusus SHARED.INC New Normal Solusi untuk Anak Kebutuhan Khusus Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like