YRMI-gelar-Opera-Gandari.jpg

Opera Gandari Padukan Ragam Unsur Seni

oleh: rachli Entertainment Friday, 6 December 2019 17:00 p.m.


Mancode - Lewat program bertajuk Musikini, Yayasan Rumah Musik Indonesia (YRMI) akan menggelar pertunjukan Opera Gandari. Pertunjukan opera ini rencananya akan dilangsungkan di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta selama dua hari, yakni 14 dan 15 Desember 2019.

Opera Gandari akan menyuguhkan pertunjukan opera kontemporer dengan melibatkan musisi Indonesia dan paduan suara yang dikemas dalam tata gerak yang mengangkat kisah Gandari, Ibu dari Kurawa dalam cerita Mahabarata.

Baca Juga: Opera Gandari Suguhkan Pertunjukan Opera Baru

Pertunjukan opera yang didasari pada puisi karya penulis, sastrawan dan wartawan senior Indonesia Goenawan Mohamad ini terbagi dalam empat babak dan akan menampilkan musik baru karya komponis kenamaan Indonesia, Tony Prabowo.

Menurut Tony, perkembangan seni pertunjukan abad ke-20 banyak mengubah cara pandang terhadap tatanan konsep dan estetika yang sudah berlaku sebelumnya, di mana opera menjadi sebuah tawaran bentuk seni yang menarik karena menggabungkan apa yang didengar dengan apa yang terlihat atau visual.

Musikini-program-di bawah-YRMI.jpg

“Opera baru pada intinya ada musik, ada teks yang dinyanyikan dan menghadirkan potongan-potongan image mengenai suasana yang ingin dibangun oleh musik dan teks,” katanya di kawasan Kuningan, Jakarta (5/12/2019).

Baca Juga: ICEFest Music Concert 2019 Siap Ramaikan Akhir Tahun

Semua unsur seni pertunjukan akan hadir dalam gelaran Opera Gandari. Ada unsur musik, sastra, tari, teater, dan seni visual. Tony menambahkan, namun musik yang tetap menjadi pusat dalam pertunjukan Opera Gandari ini.

Sementara itu, sutradara dan koreografer Opera Gandari, Melati Suryadarmo mengatakan, Opera Gandari menawarkan landasan untuk menengok kembali sosok Gandari sebagai simbol karakter manusia yang dihadapkan pada tantangan kehidupan dan nasibnya.

“Opera Gandari mengajak penonton memasuki suasana-suasana menyentuh melalui kesatuan artistik suara, musik, dan tari,” sambungnya.

Baca Juga: Ini Harga Tiket ICEFest Music Concert 2019

Selain itu, dalam opera ini dirinya ingin mengangkat sosok Gandari tidak hanya seperti yang dikisahkan dalam epik Mahabarata, namun, lebih melihatnya secara kritis sebagai perwujudan dari naluri manusiawi, terutama naluri-naluri keperempuanannya.

Lewat opera ini, dirinya juga menginterpretasikan puisi panjang Goenawan Mohamad dengan cara memahami fluktuasi ruang imaji yang ditawarkan. Komposisi Opera Gandari Tony Prabowo juga memberi kemungkinan untuk memasuki ruang-ruang suasana tersebut dengan sensitivitas yang sangat presisi.


Share To


rachli

rachli

Dec. 6, 2019, 5:09 p.m.


tags : Goenawan Mohamad Seni Visual Yayasan Rumah Musik Indonesia Opera Gandari Taman Ismail Marzuki pertunjukan opera Tony Prabowo


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 24 February 2020 15:00 p.m.

Sosok Kodir, Sang Penyelamat Siswa SMPN 1 Turi

Technology 24 February 2020 12:00 p.m.

Trend Micro Luncurkan Program Mitra

History 24 February 2020 10:00 a.m.

100 Tahun Peringatan Berdirinya Partai NAZI

Life Style 21 February 2020 17:00 p.m.

Mengenal Beragam Jenis Kondom