OpenSignal-uji-jaringan-lima-operator-di Indonesia.jpg

OpenSignal Rilis Jaringan Seluler Desember 2019

oleh: rachli Technology Tuesday, 24 December 2019 13:00 p.m.


Mancode - Standar global independen untuk mengalisis pengalaman seluler pelanggan, OpenSignal merilis hasil penelitian terbaru dengan tajuk laporan Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2019. Laporan ini paduan definitif yang diterima pelanggan di jaringan nirkabel.

Dalam laporan tersebut, yang dinukil dari laman OpenSignal, pihaknya menganalisis pengalaman jaringan seluler untuk pengguna Indonesia selama 90 hari, dimulai pada Agustus. Analisa ini melihat cara lima operator yaitu 3, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL dalam meningkatkan skornya.

Baca Juga: Nintendo Switch Jadi Gadget Terbaik 2019 Versi Time

Selama analisa, pihaknya turut terjun ke lebih dari 24 kota besar di Indonesia untuk melihat cara performa operator tersebut di lingkungan perkotaan. Dalam laporan tersebut, Telkomsel mendominasi dalam beberapa peningkatan.

Telkomsel meraih enam penghargaan termasuk penghargaan Jangkauan 4G baru serta penghargaan Pengalaman Aplikasi Suara (Voice App Experience). Selain itu, Telkomsel juga meraih peningkatan di kategori Kecepatan Unduhan dan Kecepatan Unggahan.

Angka raihan tersebut jauh melampaui para pesaingnya. Skor unggahan operator tersebut melompat sebesar 46 persen (kenaikan terbesar pada metrik ini), sedangkan kecepatan unduhan para penggunanya adalah hingga 23 persen.

Baca Juga: Jadi Merek Trendi, Realme Gelar Realme Fan Fest 2019

Akan tetapi, kenaikan tersebut bukanlah kenaikan terbesar dalam hal Pengalaman Kecepatan Unduhan. Skor Indosat melompat hampir 37 persen, sedangkan kecepatan pengguna 3 melaju hingga lebih 26 persen.

Sedangkan, Smartfren unggul untuk kategori Ketersediaan 4G. Keunggulan itu diraihnya dengan skor 96,4 persen. Meski begitu, para pengguna di kelima operator Indonesia ini melihat skor skor masing-masing naik, dan Indonesia patut berbangga atas ketersediaan 4G setidaknya sebesar 86 persen di seluruh jaringan, dengan Smatrfren dan 3 mempunyai skor lebih dari 90 persen.

OpenSignal_chart.png

Laporan ini juga mengungkapkan hasil uji performa kecepatan operator untuk streaming video. Untuk menghitung skor pengalaman video, OpenSignal mengukur secara langsung pengalaman streaming video dari pengguna. Adapun jumlah yang diuji mencapai 1.854.821 perangkat.

Baca Juga: 5 Petinggi Teknologi Ini Batasi Gadget pada Anak

Ada sejumlah variable yang diuji seperti waktu muat (loading), stalling, dan resolusi video baik di jaringan 3G atau 4G. Dari hasil itu, menunjukkan Telkomsel menduduki posisi atas. Telkomsel memperoleh skor mencapai 58,8 poin, meningkat 4,5 poin dari sebelumnya.

Raihan ini diikuti oleh XL dengan skor 60,8 poin, 3 dengan 47, 6 poin, Indosat 41,7 poin, dan Smartfren yang berada di posisi terbawah dengan 34,3 persen. Meski berada di posisi empat, Indosat mencetak pertumbuhan yang paling signifikan di antara empat operator lainnya, yakni dengan peningkatan skor tujuh poin.


Share To


rachli

rachli

Dec. 24, 2019, 1:48 p.m.


tags : 3 XL Smartfren Indosat operator seluler OpenSignal jaringan seluler Telkomsel


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like