Kagape Kambing.jpg

Olahan Daging Kambing Khas Nusantara saat Idul Adha

oleh: galih Travel Monday, 19 July 2021 9:00 a.m.


Mancode – Besok (Selasa, 20 Juli 2021), umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah. Perayaan kali ini memang berbeda dari tahun sebelumnya, di mana pemerintah melarang salat Idul Adha di masjid. Masyarakat dianjurkan salat di rumah, demi menghindari adanya potensi kerumunan yang bisa berakibat makin menyebarnya virus corona.

Sementara, untuk proses penyembelihan daging kurban tetap bisa dilaksanakan, namun dengan proses protokol kesehatan yang ketat. Saat pembagian jatah kurban juga diharapkan tidak memunculkan kerumunan.

Terlepas dari aturan tersebut, kemeriahan Idul Adha akan tetap terasa dengan kehadiran berbagai olahan daging yang nikmat. Olahan daging ini bisa dibuat dari jatah daging kurban yang dibagikan, baik daging sapi ataupun kambing.


Untuk daging kambing, banyak orang mengolah daging tersebut menjadi sate, gulai, ataupun tongseng. Bagi Mancoders yang bosan dengan olahan tersebut, sepertinya bisa mencoba olahan kambing dari berbagai daerah di Indonesia. Apa saja?

1. Petis Kambing

Petis Kambing atau Petis Runting merupakan olahan daging kambing yang bersal dari Pati, Jawa Tengah. Sekilas hidangan ini mirip seperti gulai yang berwarna lebih pekat.

Untuk mengolahnya pun bisa dibilang mirip dengan gulai. Di mana daging kambing muda diolah dengan bumbu gulai dengan beberapa tambahan, seperti tepung beras dan gula jawa. Biasanya petis kambing disantap dengan sate kambing.

2. Sate Maranggi

Bergeser ke darah Jawa Barat. Ada menu khas Sate Maranggi, yang merupakan sate yang bercitarasa gurih dan manis. Olahan ini biasanya dibuat menggunakan danging kambing maupun daging sapi.

Hidangan sate maranggi diolah dengan merendam atau memarinasi danging mengunakan racikan bumbu rempah seperti gula merah, asam jawa, bawang merah, bawang putih dan lainnya.

Setelah direndam, daging yang telah ditusuk kemudian dibakar. Proses perendaman danging dengan bumbu, membuat bumbu meresap sempurna pada daging.

3. Kagape Kambing

Terbang ke Jepara, Jawa Tengah, ada kuliner khas kambing yang cukup menggoda. Kagape namanya. Ini merupakan olahan kambing yang sering disantap sebagai menu makan malam.

Hidangan ini diolah menggunakan santan, kelapa parut, dan beragam rempah seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, kemiri, lada, jintan, dan kunyit. Kemudian, hidangan ini dimasak menggunakann api kecil dan tetap diaduk rata hingga danging empuk dan kuah mengental.

4. Sate Kambing Balanga

Tak seperti sate kebanyakan, Sate Balaga asal Gorontalo ini tidak menggunakan tusuk sate. Balanga sendiri merupakan nama sebuah alat masak yang terbuat dari tanah liat ataupun dari besi.

Sate Kambing Balanga diolah dengan kecap manis dan beragam bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, serai, jintan, lada, cengkeh, kayu manis, kapulaga dan lainnya.

5. Kaledo

Kaledo adalah hidangan khas Palu, Sulawesi Tengah. Ini merupakan sop kaki sapi, namun bisa juga menggunakan kaki kambing. Bagian kaki sapi atau kambing yang digunakan adalah ruas tulang bagian lutut yang memiliki sum-sum. Hidangan ini dimasak dengan bumbu rempah, seperti bawang merah, bawang putih, cabai dan asam Jawa.

Itulah setidaknya lima rekomendasi menu olahan berbahan dasar daging kambing yang bisa Mancoders coba saat santap merayakan Idul Adha bersama keluarga.

Baca Juga: Rasakan Sensasi Nasi Rendang Spesial Racikan HSPB

Baca Juga: 5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Cilacap

Baca Juga: The Golden Boy, Burger Termahal di Dunia yang Dibanderol Rp86 Juta




Share To


galih

galih

July 19, 2021, 9 a.m.


tags : Olahan Dading Idul Adha Idul Adha Olahan Kambing Daging Kurban Travel Kuliner Nusantara


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE