Nyawa-Pria-Lansia-di-Norwegia-Terselamatkan-Berkat-Smartwatch.jpg

Nyawa Pria Lansia Norwegia Terselamatkan Berkat Smartwatch

oleh: emil Technology Tuesday, 21 May 2019 12:00 p.m.


Smartwatch acap kali dipandang sebelah mata dari segi kepopularitasannya, dan dianggap bukan menjadi gadget yang masuk ke dalam daftar ‘harus dimiliki’. Namun bila digunakan secara maksimal, beragam fitur dalam smartwatch sebenarnya bisa membantu kehidupan serta aktivitas keseharian mancoders. Salah satu buktinya terjadi di Norwegia, di mana nyawa seorang pria lanjut usia (lansia) terselamatkan karena fitur Apple Watch Series 4.

Sebagaimana dilansir dari nrk.no (4/2/2019), insiden menimpa Toralv Østvang saat ia berada di kamar mandi rumahnya yang membuatnya berada dalam keadaan mengenaskan tanpa bisa bergerak. Untungnya, Østvang berhasil diselamatkan oleh petugas dari layanan darurat Norwegia usai Apple Watch yang dikenakan pria berusia 67 tahun itu mengirimkan pesan darurat.

Ternyata-smartwatch-bukan-hanya-sekadar-untuk-gaya,-karena-salah-satu-fitur-di-gadget-ini-terbukti-berhasil-menyelamatkan-nyawa_1.jpg

Sekadar informasi, salah satu fitur dari Apple Watch Series 4 adalah deteksi jatuh. Jadi bila penggunanya mengalami insiden, maka smartwatch itu akan menunggu selama satu menit untuk pemiliknya merespon. Bila tidak dapat bergerak dan tidak merespon maka Apple Watch akan mengirimkan pesan darurat kepada otoritas setempat.

Saat petugas tiba di lokasi, Østvang ditemukan dalam keadaan tidak sadarkan diri dengan darah yang terlihar mengalir di area wajahnya. Putri Østvang menduga, insiden itu terjadi saat ayahnya sedang ingin buang air di tengah malam dan saat itu pria lansia itu pun terpeleset dan terhantam lantai.

Ternyata-smartwatch-bukan-hanya-sekadar-untuk-gaya,-karena-salah-satu-fitur-di-gadget-ini-terbukti-berhasil-menyelamatkan-nyawa_2.jpg

“(Insiden-red) ini bisa menjadi jauh lebih buruk. Sepanjang pagi kami bertanya, ‘apa yang terjadi jika ia tidak memakai smartwatch?’ Ia tidak membawa ponselnya ke kamar mandi. Menakjubkan, ia mendapatkan bantuan cepat dari alarm hingga polisi menemukannya. Ini merupakan kejadian yang serius, mungkin (smartwatch-red) itu menyelamatkan nyawanya,” ucap putri Toralv Østvang, Kirsti Østvang.

Baca Juga: Intel Kembangkan Smartphone Hybrid yang Bisa Dilipat

Walau pihak perusahaan Apple tidak menyarankan Apple Watch sebagai perangkat medis, tapi fiturnya memang bisa membantu mendeteksi gangguan kesehatan di penggunanya. Seperti kasus Østvang, deteksi jatuh di smartwatch-nya membantu pria lansia itu diselamatkan oleh petugas.

Selain itu, masih ada fitur lainnya di smartwatch Apple tersebut yang dapat membantu pengecekan kesehatan seperti uji elektrokardiogram atau EKG. Fitur untuk Apple Watch Series 4 ini dapat membantu penggunanya mengecek kesehatan jantung dengan mengukur denyut listrik yang ada di jantung.


Share To


emil

emil

May 21, 2019, 12:09 p.m.


tags : Apple Smartwatch


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.


ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

Life Style 13 November 2019 15:00 p.m.

Riset: Wanita Mendengkur Lebih Keras dari Lelaki

Entertainment 13 November 2019 13:00 p.m.

Tampilan Baru Sonic Hedgehog dapat Respon Positif

Life Style 13 November 2019 12:00 p.m.

Mitos atau Fakta? Nasi Dingin lebih Sehat untuk Diabetes

Entertainment 13 November 2019 9:00 a.m.

Seniman Djaduk Ferianto Meninggal Dunia