
Nielson Ungkapkan Komponen Pendukung Utama Pada Iklan Sukses
oleh: rachli Technology Wednesday, 19 January 2022 11:00 a.m.
Mancode - Studi terbaru Nielsen telah meluncurkan Trus in Advertising Study 2021 yang membahas tentang kepercayaan dalam periklanan secara global. Studi ini dirancang untuk mengungkap pendapat konsumen tentang berbagai jenis iklan secara global.
Ada tiga sorotan utama dalam penelitian ini. Pertama, iklan yang menggambarkan “situasi kehidupan nyata” menempati posisi teratas, khususnya dengan berbagai bumbu humor di dalamnya. Sebagian besar negara, karakteristik iklan paling penting adalah yang menggambarkan situasi kehidupan nyata.
International Media Analytics Lead, Nielsen, Cathy Heeley menyampaikan, penelitian ini juga menunjukkan bahwa tertawa dapat meningkatkan kesehatan. Tidak mengherankan ketika humor dan situasi kehidupan nyata menjadi konten yang paling dekat dengan audiens.
“Kami memandang bahwa iklan yang menyentuh hati terkait dengan esensi menjadi manusia akan tetap unggul dari jenis maupun topik iklan lainnya dan membantu kita mempertahankan audiens kita,” katanya melansir keterangan resmi yang diterima kemarin.
Rekomendasi dari mulut ke mulut adalah upaya yang paling sukses menjadi poin kedua. 88 persen orang mempercayai rekomendasi dari mereka kenal. Lebih dari 50 persen orang mempercayai saluran ini dibandingkan dengan saluran lain, seperti spanduk online maupun iklan di mesin pencari.
Bahkan, pengaruh dari influencer tidak berjalan sebaik teman dan keluarga, dengan hanya 71 persen orang cukup hingga sangat mempercayai.
Rekomendasi personal dari keluarga atau teman, kata Cathy, adalah yang paling dipercaya. Tampak ada kesenjangan (promise gap) antara manusia dan iklan berbayar. Sementara itu, diketahui iklan regular mampu menjaga merek tetap hidup, pengalaman pribadi yang dirasakan oleh teman dan keluarga terhadap merek tentu yang lebih mampu mendorong penjualan.
“Kami melihat bahwa ketika brand promise dan brand experience bersinergi dengan baik, angka penjualan dapat meningkat secara signifikan,” imbuhnya.
Terakhir, jual nilai bukan hanya produk.studi ini menunjukkan minimmya kepercayaan dalam iklan secara keseluruhan, kecuali jika rekomendasi berasal dari teman dan keluarga. Iklan produk tembakau adalah yang paling tidak dipercaya, sedangkan iklan makanan dipercaya secara keseluruhan.
Temuan dari studi Nielsen ini menunjukkan adanya pergeseran kepercayaan konsumen pada merek yang secara otentik menunjukkan nilai-nilai merek yang kuat.
Sementara itu, Executive Director Nielsen Media Indonesia Hellen Katherina mengatakan bahwa pesatnya perkembangan saluran periklanan telah menciptakan peluang dan tantangan baru bagi dunai periklanan. Satu sisi pengiklan memiliki opsi beragam untuk kampanye merek, di sisi lain juga perlu pertimbangan secara cermat terkait jenis saluran yang digunakan.
“Melalui studi ini, Nielsen mampu memberikan gambaran tentang jenis saluran dan konten apa yang sesuai dengan karakter masyarakat yang berbeda-beda,” sambungnya.
Untuk diketahui, studi ini dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 40.000 orang selama Agustus-September 2021 di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia Pasifik, Amerika Utara, dan Amerika Latin. Studi ini merupakan bagian dari Survei Penelitian Media (Media Research Survey) yang dilakukan Nielsen guna memahami lanskap periklanan dalam membantu para pengiklan dan perusahaan membuat strategi periklanan yang efektif.
Share To

rachli
Jan. 19, 2022, 11 a.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Survei Ramadan: Upgrade Smartphone Jelang Lebaran Jadi Tren 2022
46 2 weeks, 5 days ago
Dari survei Ramadan Xiaomi, sebanyak 43,1 persen responden memilih periode Ramadan untuk upgrade ke smartphone yang lebih baru.

Bijak Bermedia Sosial, DPR RI: Jangan Asal Sebar Data dan Informasi di Internet
44 3 weeks ago
Kebebasan dalam mencari informasi di media sosial ternyata bisa memicu kejahatan siber. Untuk itu, pengguna media sosial waspadai penyebaran data, informasi, dan lainnya.

Huawei Luncurkan Dua Laptop Anyar, MateBook D14 dan MateBook D15
37 2 weeks, 5 days ago
Melalui dukungan teknologi Super Device, laptop baru ini mensinergikan dua kemampuan inti Huawei, yakni kolaborasi lintas perangkat dan ekosistem terintegrasi.
YOU MAY ALSO LIKE
Life Style 12 May 2022 14:00 p.m.
Tips Mengembalikan Performa Mobil Usai Mudik Lebaran
Life Style 28 April 2022 15:00 p.m.
Klinik SehatQ Bagikan Tips Tetap Sehat Saat Mudik Lebaran
Life Style 26 April 2022 12:00 p.m.
7 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Sepeda Motor
Life Style 22 April 2022 13:00 p.m.