Studi Nielson Ungkapkan Komponen Pendukung Utaman Pada Iklan Sukses.jpg

Nielson Ungkapkan Komponen Pendukung Utama Pada Iklan Sukses

oleh: rachli Technology Wednesday, 19 January 2022 11:00 a.m.


Mancode - Studi terbaru Nielsen telah meluncurkan Trus in Advertising Study 2021 yang membahas tentang kepercayaan dalam periklanan secara global. Studi ini dirancang untuk mengungkap pendapat konsumen tentang berbagai jenis iklan secara global.

Ada tiga sorotan utama dalam penelitian ini. Pertama, iklan yang menggambarkan “situasi kehidupan nyata” menempati posisi teratas, khususnya dengan berbagai bumbu humor di dalamnya. Sebagian besar negara, karakteristik iklan paling penting adalah yang menggambarkan situasi kehidupan nyata.

International Media Analytics Lead, Nielsen, Cathy Heeley menyampaikan, penelitian ini juga menunjukkan bahwa tertawa dapat meningkatkan kesehatan. Tidak mengherankan ketika humor dan situasi kehidupan nyata menjadi konten yang paling dekat dengan audiens.


“Kami memandang bahwa iklan yang menyentuh hati terkait dengan esensi menjadi manusia akan tetap unggul dari jenis maupun topik iklan lainnya dan membantu kita mempertahankan audiens kita,” katanya melansir keterangan resmi yang diterima kemarin.

Rekomendasi dari mulut ke mulut adalah upaya yang paling sukses menjadi poin kedua. 88 persen orang mempercayai rekomendasi dari mereka kenal. Lebih dari 50 persen orang mempercayai saluran ini dibandingkan dengan saluran lain, seperti spanduk online maupun iklan di mesin pencari.

Bahkan, pengaruh dari influencer tidak berjalan sebaik teman dan keluarga, dengan hanya 71 persen orang cukup hingga sangat mempercayai.

Rekomendasi personal dari keluarga atau teman, kata Cathy, adalah yang paling dipercaya. Tampak ada kesenjangan (promise gap) antara manusia dan iklan berbayar. Sementara itu, diketahui iklan regular mampu menjaga merek tetap hidup, pengalaman pribadi yang dirasakan oleh teman dan keluarga terhadap merek tentu yang lebih mampu mendorong penjualan.

“Kami melihat bahwa ketika brand promise dan brand experience bersinergi dengan baik, angka penjualan dapat meningkat secara signifikan,” imbuhnya.

Terakhir, jual nilai bukan hanya produk.studi ini menunjukkan minimmya kepercayaan dalam iklan secara keseluruhan, kecuali jika rekomendasi berasal dari teman dan keluarga. Iklan produk tembakau adalah yang paling tidak dipercaya, sedangkan iklan makanan dipercaya secara keseluruhan.

Temuan dari studi Nielsen ini menunjukkan adanya pergeseran kepercayaan konsumen pada merek yang secara otentik menunjukkan nilai-nilai merek yang kuat.

Sementara itu, Executive Director Nielsen Media Indonesia Hellen Katherina mengatakan bahwa pesatnya perkembangan saluran periklanan telah menciptakan peluang dan tantangan baru bagi dunai periklanan. Satu sisi pengiklan memiliki opsi beragam untuk kampanye merek, di sisi lain juga perlu pertimbangan secara cermat terkait jenis saluran yang digunakan.

“Melalui studi ini, Nielsen mampu memberikan gambaran tentang jenis saluran dan konten apa yang sesuai dengan karakter masyarakat yang berbeda-beda,” sambungnya.

Untuk diketahui, studi ini dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 40.000 orang selama Agustus-September 2021 di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia Pasifik, Amerika Utara, dan Amerika Latin. Studi ini merupakan bagian dari Survei Penelitian Media (Media Research Survey) yang dilakukan Nielsen guna memahami lanskap periklanan dalam membantu para pengiklan dan perusahaan membuat strategi periklanan yang efektif.

Baca Juga: Ericsson Mobility Report: Data Traffic Seluler Meningkat Dalam 10 Tahun

Baca Juga: Ericsson IndustryLab Prediksi Transformasi Manufaktur 2030

Baca Juga: Sandiaga Uno: TokoNFT Jadi Pilihan Marketplace NFT di Masa Depan




Share To


rachli

rachli

Jan. 19, 2022, 11 a.m.


tags : Trus in Advertising Study 2021 Nielson Iklan Studi Nielson


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.



Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE