Bekerja New Normal.jpg

New Normal, Ini Panduan Saat Kembali Bekerja di Kantor

oleh: galih Life Style Thursday, 4 June 2020 9:00 a.m.


Mancode – Pemerintah tengah mempersiapkan fase kehidupan normal atau new normal di tengah pandemi Covid-19. New normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Jika tak ada perubahan, new normal akan diterapkan setelah berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah.

Bagi yang tinggal di Jakarta, masa berlaku PSBB berakhir pada Kamis, 4 Juni 2020. Batas waktu tersebut menjadi fase penentu dimulainya new normal.

Masyarakat Indonesia harus bersiap menjalani fase tersebut, termasuk para kaum pekerja. Bagi yang sudah bekerja, kamu tentunya membutukan sedikit banyak penyesuian saat berkerja.

Menjalani pekerjaan di masa new normal punya ketentuan tersendiri, terutama soal protokol kesehatan. Ada pedoman atau panduan pencegahan penularan Covid-19 yang harus dijalankan para pekerja selama bekerja di kantor. Merangkum dari berbagai sumber, berikut panduan ketika kamu mulai kembali bekerja di kantor.

Kampanye GERMAS

Saat bekerja di kantor, kamu diimbau mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui Pola Hidup Sehat dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tempat kerja. Imbauan tersebut bertujuan menjamin kebersihan kantor dan kesehatan para karyawan.

Sementara, pola hidup sehat yang dapat diterapkan di kantor adalah melakukan olahraga bersama sebelum kerja dengan tetap menjaga jarak aman antar karyawan. Selain itu, selalu gunakan masker saat bekerja.

Atur jarak tempat duduk

Saat kembali bekerja di kantor, ada baiknya atur posisi meja dan tempat duduk antar karyawan dengan jarak minimal satu meter.

Pengaturan posisi meja dan kursi juga wajib diterapkan di lingkungan kantin sehingga tercipta budaya physical distancing antar karyawan.

Jangan gunakan alat pribadi secara bersama-sama

Kamu juga diimbau menghindari penggunaan alat pribadi seperti alat salat, alat makan secara bersama dengan karyawan lain. Saat jam makan siang, para karyawan dianjurkan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang guna menjaga imunitas tubuh.

Bagi karyawan yang sedang batuk, mereka diimbau membudayakan etika batuk dengan cara menutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam.

Jaga jarak di lift dan tangga

Apabila tempat kerja kamu gedung bertingkat, maka pengelola gedung harus membatasi jumlah orang dalam lift. Tak hanya itu, pengelola gedung juga wajib membuat penanda pada lantai lift yang mengatur posisi orang dengan posisi saling membelakangi dan saling menjaga jarak.

Sementara, para pengguna tangga juga harus menerapkan physical distancing. Apabila hanya terdapat satu jalur tangga, pengelola gedung harus membagi lajur untuk naik dan untuk turun sehingga tidak ada orang yang saling berpapasan ketika naik dan turun tangga.

Jika terdapat dua jalur tangga, pengelola gedung harus mempersilakan jalur tangga untuk naik dan jalur tangga untuk turun.

Baca Juga: Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi

Baca Juga: Hindari 5 Kebiasaan Ini dalam Mencuci Tangan

Baca Juga: Pekerja Pariwisata Tingkatkan Kompetensi Hadapi New Normal


Share To


galih

galih

June 4, 2020, 9 a.m.


tags : New Normal Panduan Bekerja di Kantor Tips Bekerja Saat Pandemi Covid-19 pandemi Life Style


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

you may also like

History 14 August 2020 12:00 p.m.

Sejarah Lahirnya Hari Pramuka di Indonesia

Entertainment 14 August 2020 16:00 p.m.

Lebih Eksploratif, Alir Rilis Single Daun

Entertainment 14 August 2020 15:00 p.m.

Curhat Asmara Bagas RAN di Single 'Lelah Menanti'