
Sneakers Salah Satu Penyumbang Sampah Plastik Terbesar
oleh: inggil Life Style Thursday, 14 November 2019 15:00 p.m.
Beberapa orang menganggap sepatu adalah benda yang bisa menaikkan status sosial dan layak dikoleksi. Dengan demikian banyak dari mereka yang memiliki lebih dari satu sepasang sepatu. Sekalipun edisinya terbatas pasti banyak orang yang merebutkannya hanya untuk sekadar dikoleksi saja.
Saking banyaknya, para kolektor itu pula yang membuat para produsen sepatu berlomba-lomba menghadirkan seri terbaru. Mirisnya, para produsen tersebut masih belum sadar akan dampaknya pada lingkungan. National Geographic pun memberi penjelasan mengapa sepatu bisa berdampak buruk pada lingkungan.
Video yang diunggah pada akun Youtube National Geographic memberi penjelasan bahwa bahan dasar sepatulah yang menjadi penyebabnya. Dari beberapa sepatu NatGeo menyebut sneaker atau sepatu yang bersol karet tiap harinya makin berkembang membuat bahan plastik Polyurethane (PU).
Bahan tersebut menjadi pilihan pengembangan detail sepatu di bagian atas. Begitu pula bagian sol samping dan bantalan yang kebanyakan terbuat dari plastik EVA dan karet kasar. Seperti yang sudah sering dipublikasikan, plastik merupakan bahan yang paling sulit diurai oleh bumi. Ditambah, adanya bahan karet sintesis yang juga sulit diurai.
Video dari NatGeo juga melampirkan data akan konsesus The World Footwear dengan adanya laporan bahwa di 2030 nanti akan banyak para produsen sepatu yang memproduksi dengan fasilitas daur ulang.

Darurat akan lingkungan ini pun juga disadari oleh beberapa produsen sepatu dengan satu lembar bahan utama dari plastik daur ulang berbagai bentuk. Sebut saja, Adidas Futurecraft Loop. Begitu juga dengan Converse yang membuat seri Chuck Taylor dengan bahan kanvas daur ulang sampah sepatu. Bahkan, mereka juga membuat dengan bahan jins bekas dan sampah plastik.
Share To

inggil
Nov. 14, 2019, 3 p.m.
Berita terpopuler
ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

Castrol Wujudkan Impian Pelanggan Menonton Liga Inggris secara Langsung
43 3 weeks, 1 day ago
Melalui program Castrol Golden Goal, Castrol mewujudkan impian pengguna produk Castrol menyaksikan pertandingan Tottenham Hotspur vs. Chelsea secara langsung.

Rapor Penjualan Mitsubishi Fuso Selama 2022, Raih Market Share 41,1 Persen
43 3 weeks, 3 days ago
Tahun lalu Mitsubishi Fuso berhasil meraih market share sebesar 41,1 persen dan kembali menduduki posisi teratas sebagai pemimpin pasar kendaraan niaga di Indonesia.

Hyundai Gelar Kompetisi CINTA Hyundai, Tingkatkan Pengalaman Konsumen
30 4 days, 14 hours ago
Hyundai mengajak masyarakat untuk berinteraksi dengan ekosistem layanan Hyundai dan merasakan langsung berbagai fasilitas terdepan Hyundai.
YOU MAY ALSO LIKE
Technology 29 March 2023 11:00 a.m.
Social Bread Hadir Bantu Pemanfaatan Media Sosial Bagi UKM
Fashion Style 12 March 2023 10:00 a.m.
Marks & Spencer Luncurkan Kampanye Global ‘Hello New Prices’
Technology 10 March 2023 9:00 a.m.
Layanan Manajemen Digital AOneSchools Bantu Percepat Proses Adminitrasi Pendidikan
Technology 7 March 2023 10:00 a.m.