Nadin Amizah.jpg

Nadin Amizah Jadi Sampul Playlist EQUAL Spotify Indonesia

oleh: galih Entertainment Monday, 3 May 2021 10:00 a.m.


Mancode – Setelah meluncurkan hub EQUAL pada Maret lalu, Spotify kembali memperkenalkan program musik EQUAL yang bertujuan mendorong keseteraan bagi perempuan di industri musik. Penyanyi Indonesia Nadin Amizah menjadi artist of the month pertama dalam program EQUAL sekaligus menjadi sampul playlist EQUAL Indonesia.

Menurut studi USC Annenberg yang didanai oleh Spotify terkait representasi perempuan dalam industri musik, hanya 1 dari 5 artis yang berada di tangga lagu merupakan perempuan. Padahal, musisi perempuan memainkan peranan penting bagi Spotify dan industri musik secara keseluruhan.

Dalam memulai upaya memperbaiki ketimpangan ini, Spotify akan semakin menggaungkan karya para musisi dan kreator perempuan dengan memperluas sumber daya serta menciptakan lebih banyak peluang bagi mereka melalui sebuah pengalaman terpadu di seluruh dunia pada Program Musik Global EQUAL.


Musik EQUAL sendiri terdiri dari empat program. Petama, ada playlist lokal EQUAL, yakni playlist lokal akan tersedia di 35 pasar negara yang menjangkau lebih dari 50 negara, termasuk di Indonesia.

Kemudian, ada playlist global EQUAL berupa playlist andalan berisi lagu-lagu terbaik ini akan memuat musik para artis EQUAL dari seluruh dunia, untuk memberikan pengalaman mendengarkan terbaik yang juga bertujuan mempromosikan artis EQUAL setiap bulannya dari seluruh dunia.

Selanjutnya, EQUAL artist of the Month, yakni satu artis dari tiap negara yang berpartisipasi akan ditampilkan di sampul playlist lokal negaranya masing-masing. Terakhir, promosi bagi Artis, di mana artis EQUAL pilihan setiap bulan akan mendapatkan promosi pada platform ini dan juga secara organik lewat ruang editorial Spotify, yang telah terbukti mampu mendorong pertumbuhan signifikan di negara asal artis tersebut dan negara lainnya.

Sampul Playlist EQUAL Indonesia

Nadin Amizah sebagai artis Indonesia pertama yang muncul pada sampul playlist EQUAL Indonesia. Termasuk beberapa artis lainnya dari seluruh dunia seperti Saweetie (Amerika Serikat), DUDA BEAT (Brasil), Griff (Inggris), Natalia Lafourcade (Meksiko), dan Zoe Wees (Jerman/Inggris).

Nadin mengatakan, sebagai artis perempuan muda, dirinya menyadari bahwa membangun karier bukanlah sesuatu yang mudah. Dia merasa senang bisa bertemu begitu banyak orang yang mengakuinya dari segi musikalitas serta kerja kerasnya dalam mewujudkan karya.

“Memberikan kesempatan yang setara bagi perempuan dalam bermusik merupakan isu yang sangat penting karena terkadang kita hanya dinilai dari penampilan fisik kita, ketimbang dari kemampuan kita menciptakan musik yang dikenang dan bertahan lama,” kata Nadin.

Menurut Nadin, untuk menciptakan situasi yang mendukung kesetaraan gender dalam bermusik, Nadin percaya bahwa Program Musik EQUAL merupakan awal mula yang baik bagi platform musik untuk memberikan peluang yang sama bagi musisi perempuan maupun laki-laki dalam menampilkan musik mereka.

“Bersama dengan EQUAL, saya berharap dapat meningkatkan kesadaran akan keberagaman talenta perempuan sehingga perempuan dapat lebih didengar dan diakui. Saya sangat senang atas kehadiran program EQUAL dan bangga sekali menjadi bagian dari program ini,” ungkap Nadin.

Baca Juga: “Seperti Takdir Kita Yang Tulis” Jadi Pembuka Mini Album Nadin Amizah

Baca Juga: Spotify Hadirkan Konten Khusus Selama Ramadan

Baca Juga: TikTok Hadirkan Program #SamaSamaBerbagi, Apa Saja Keseruannya?




Share To


galih

galih

May 3, 2021, 10 a.m.


tags : Spotify Entertainment Nadin Amizah Musisi Perempuan Program Musik EQUAL Spotify


Average: 0
Rating Count: 0
You Rated: Not rated

Please log in to rate.


Comments


Please Login to leave a comment.

ARTIKEL TERKAIT LAINNYA

YOU MAY ALSO LIKE